Kumpulan Doa Harian, Bacalah Doa ini Ketika Musibah Bencana Alam Datang Menimpa

Sabtu, 24 Desember 2022 | 16:00
Freepik

Tsunami merupakan salah satu bencana alam yang sangat destruktif dan bisa menyebabkan kerusakan parah di daratan.

GridHype.ID - Bacalah doa ini ketika tengah menghadapi musibah.

Kita tidak bisa menghindari musibah yang datang.

Musibah beranekaragam bentuk dan macamnya.

Mulai dari angin kencang, badai, banjir, tanah longsor, gempa bumi.

Setiap manusia pasti ingin hidup tenang dan terbebas dari segala musibah.

Ilmu pengetahuan dan teknologi juga semakin berkembang untuk menemukan berbagai temuan baru agar manusia bisa hidup lebih lama.

Namun perlu diketahui bahwa musibah tak pernah bisa diperkirakan kapan terjadinya.

Selain itu, sebagai seorang Muslim kita wajib untuk berdoa dan memohon pertolongan dari Sang Pencipta.

Karena hanya Yang Maha Kuasa lah, yang mampu menjauhkan kita dari bahaya dari suatu musibah, entah penyakit, bencana alam atau yang lainnya.

Bahkan Islam memerintahkan kepada umatnya agar senantiasa memohon perlindungan kepada Allah dari berbagai musibah serta dari takdir yang buruk.

Baca Juga: Kumpulan Doa Harian, Bacalah Doa ini Ketika Selesai Melaksanakan Ibadah Salat Wajib 5 Tahun, Terhindar dari Fitnah Siksa Kubur

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

تَعَوَّذُوا بِاللَّهِ مِنْ جَهْدِ الْبَلاَءِ وَدَرَكِ الشَّقَاءِ وَسُوءِ الْقَضَاءِ وَشَمَاتَةِ الأَعْدَاءِ

“Berlindunglah kalian kepada Allah dari kerasnya musibah, turunnya kesengsaraan yang terus menerus, buruknya qadha serta kesenangan musuh atas musibah yang menimpa kalian.”(HR. Bukhari: 6616)

Dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

“Barang siapa yang menyaksikan orang yang terkena musibah, kemudian mengatakan:

اَلْـحَمْدُ للهِ الَّذِي عَافَانِي مِـمَّا ابْتَلَاكَ بِهِ وَفَضَّلَنِي عَلَى كَثِيرٍ مِـمَّنْ خَلَقَ تَفْضِيلاً

"(segala puji bagi Allah yang telah menghindarkanku dari musibah yang menimpamu, serta memberikan kelebihan kepadaku atas sekian banyak ciptaan-Nya), niscaya Allah akan menghindarkannya dari musibah tersebut sepanjang hayatnya, walau bagaimanapun keadaannya”(HR. Tirmidzi: 3431 dan Ibnu Majah: 3898)

1. Doa Ketika Hujan Lebat

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam suatu saat pernah meminta diturunkan hujan.

Kemudian ketika hujan turun begitu lebatnya, beliau memohon pada Allah agar cuaca kembali menjadi cerah.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berdo’a,

Baca Juga: Kumpulan Doa Harian, Bacalah Doa ini Ketika Sedang Mengalami Kegalauan dan Kesedihan Minta pada Allah SWT Agar Diberi Ketenangan

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

“Allahumma haawalaina wa laa ’alaina. Allahumma ’alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari [Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan].” (HR. Bukhari no. 1014)

Syaikh Sholih As Sadlan mengatakan bahwa do’a di atas dibaca ketika hujan semakin lebat atau khawatir hujan akan membawa dampak bahaya. (Lihat Dzikru wa Tadzkir, Sholih As Sadlan, hal. 28, Asy Syamilah)

Doa Tolak Bala

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ عَافَانِيْ مِمَّا ابْتَلاَكَ بِهِ وَفَضَّلَنِيْ عَلَى كَثِيْرٍ مِمَّنْ خَلَقَ تَفْضِيْلاً

Alhamdulillah alladzi 'afani mimmabtalaka bihi wafadh dholani 'ala katsirin mimman kholaqo tafdhila

Artinya:"Segala puji bagi allah yang telah mengafiyahkan aku dari musibah yang menimpamu, yang juga telah memuliakan aku di antara kebanyakan makhluk-nya yang lain".

Siapa yang membaca doa ini niscaya dia tidak akan ditimpa oleh musibah tersebut (HR.At-Tirmidzi)

Doa Keselamatan

اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى بَدَنِى اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى سَمْعِى اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى بَصَرِى لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ ، اَللّٰھُمَّ اِنِّیْ اَعُوْذُبِکَ مِنَ الْکُفْرِ وَالْفَقْرِ ، اَللّٰھُمَّ اِنِّی اَعُوْذُ بِکَ مِنَ عَذَابِ الْقَبْرِ، لَا اِلَہَ اِلَّا اَنْتَ

Allahumma ‘afini fi badani, allahumma ‘afini fi sam’i, allahumma ‘afini fi bashori la ilaha illa anta. Allahumma inni a' udzubika minal kufri wal faqri wa a'udzubika min ' adzabilqabri, laa ilaha illa anta

“Ya Allah, selamatkan tubuhku (dari penyakit dan yang tidak aku inginkan), Ya Allah selamatkan pendengaranku (dari penyakit dan maksiat atau sesuatu yang tidak aku inginkan), Ya Allah selamatkan penglihatanku. Tiada Ilah (yang berhak diibadahi) kecuali engkau ya Allah. Sesungguhnya aku berlindung kepadaMU dari kekufuran dan kekafiran, Aku berlindung kepadaMu dari siksa kubur (tiada Ilah yang berhak diibadahi) kecuali Engkau. (HR. Abu Dawud)

Baca Juga: Kumpulan Doa Harian, Bacalah Doa ini Ketika Selesai Melaksanakan Salat 5 Waktu

Doa Perlindungan

أَللَّهُمَّ عَالِمَ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَاطِرَ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ، رَبَّ كُلِّ شَيْءٍ وَمَلِيْكَهُ، أَشْهَدُ أَنْ لآ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ نَفْسِيْ، وَمِنْ شَرِّ الشَّيْطَانِ وَشِرْكِهِ، وَأَنْ أَقْـتَرِفَ عَلَى نَفْسِيْ سُوْءًا أَوْ أَجُرُّهُ إِلَى مُسْلِمٍ

“Allahumma ‘aalima l-ghoibi wa sy-syahaadati faathiro s-samaawaati wa l-ardh, robba kulli syai-‘in wa maliikah, asy-hadu an laa ilaaha illa Anta, a-‘uudzu bika min syarri nafsii, wa min syarri sy-syaithooni wa syirkih, wa an-aqtarifa ‘alaa nafsii suu-‘an au ajurruhu ilaa muslim.”

(Dibaca pagi dan sore 1x)

“Ya Allah Yang Mahamengetahui yang ghaib dan yang nyata, wahai Robb Pencipta langit dan bumi, Robb atas segala sesuatu dan Yang Merajainya. Aku bersaksi bahwa tidak ada iIah (yang berhak diibadahi dengan benar) kecuali Engkau. Aku berlindung ke­pada-Mu dari kejahatan diriku, syaitan dan sekutu­nya, (aku berlindung kepada-Mu) dari berbuat kejelekan atas diriku atau mendorong seorang muslim kepadanya.”(H.R. at-Tirmizi dan Abu Daud).

Artikel ini telah tayang diTribunStyle.comdengan judul Doa Ketika Terjadi Bencana Alam, Gempa Bumi, Tanah Longsor, hingga Banjir Seperti di Makkah Semalam

(*)

Editor : Nabila Nurul Chasanati

Sumber : Tribunstyle.com

Baca Lainnya