Kumpulan Doa Harian, Bacalah Doa ini Ketika Selesai Melaksanakan Ibadah Salat Wajib 5 Tahun, Terhindar dari Fitnah Siksa Kubur

Selasa, 20 Desember 2022 | 06:00
Freepik

Kumpulan doa harian, inilah doa saat nyeri menstruasi.

GridHype.ID - Setelah selesai melaksanakan ibadah salat wajib 5 waktu, sebaiknya kita mengadahkan tangan untuk berdoa.

Hal ini yang diajarkan oleh Rasulullah SAW dengan mengawali membaca istighfar.

Sebelum berdoa, dianjurkan untuk membaca istighfar sebanyak tiga kali setelah selesai shalat.

Doa merupakan senjata pemungkas umat Islam. Di masa akhir zaman menurut literasi Islam, dianjurkan mengamalkan doa yang dibaca saat sholat (salat) yakni sebelum mengucapkan salam.

Doa ini dibaca untuk memohon ampun dan perlindungan dari azab, azab kubur, fitnah, dan kejahatan Dajjal.

Bahkan doa ini begitu sangat penting diamalkan di saat masa-masa sulit menuju akhir zaman.

Ustad Adi Hidayat menjelaskan, jika saat tahiyat akhir sebelum salam mintalah empat hal berikut. Memanjatkan doa sebelum salam dianggap waktu paling mustajab.

Menurutnya biasanya manusia meminta hal-hal duniawi seperti rezeki, kesehatan, kaya, dan sebagainya.

Namun menurutnya, Rasulullah menganjurkan umat Islam agar meminta empat hal yang sangat penting, seperti dari video yang diunggah kanal YouTube Afterlife Fighters, 30 Mei 2020:

1. Berlindung dari siksa neraka jahannam

2. Fitnah siksa kubur

3. Fitnah kehidupan dan kematian

Baca Juga: Kumpulan Doa Harian, Bacalah Doa ini Ketika Sedang Mengalami Kegalauan dan Kesedihan Minta pada Allah SWT Agar Diberi Ketenangan

4. Fitnah dajjal

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ ، وَمِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ ، وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ

“Allahumma inni audzubika min ‘adzabi jahannama wa min adzabil qabri wa min fitnatil mahya wal mamati, wa min syarri fitnatil masihid dajjal,".

Artinya : Ya Allah, sesungguhnya kami berlindung kepada-Mu dari siksa jahannam, dari fitnah kubur, dari fitnah kehidupan dan kematian, dan dari fitnah al-masikh ad-Dajjal (HR Muslim dari Anas dan Abu Hurairah).

"Alkisah, doa ini sangat penting, kata Ustadz Adi Hidayat, Imam An Nawai Thous punya anak dan setelah anaknya sholat ia bertanya apakah kamu mengucapkan doa di atas, kata anaknya 'lha (tidak)', lalu kemudian ia menyuruh anaknya salat lagi," kata Ustadz Adi Hidayat.

"Saking pentingnya doa ini disuruh salat lagi, ada perhatian orang tua yang sangat dalam pada anaknya, orang tua ingin anaknya selamat dari fitnah, orang tua ingin anaknya jadi sholeh, orang tua mana yang tidak ingin anaknya hidup bahagia, orang tua mana yang tidak ingin anaknya tidak saleh, karena itu ketika anaknya tidak menjalankan ini, disuruh ulang lagi sama bapaknya," kata Ustadz Adi Hidayat.

"Semua yang Allah tanamkan itu punya batasan yang kita lihat sekarang terus menghilang, telinga punya keterbatasan semakin menjauh semakin tidak terdengar, pikiran juga punya keterbatasan,

kenapa akal tidak ingin punya batas pasti terbatas, karena itu Allah kasih jalan iman dulu, nanti kalau iman sudah jalan hati dilembutkan hikmah datang dan akal mengikuti," paparnya.

Karena kita yakin, maka dari itu kita harus siap-siap. Artinya kita harus mempersiapkan bekal kita di dunia untuk ke surga.

Ongkosnya cukup mudah, bekalnya salah satunya ialah mengamalkan doa empat hal tadi.

Baca Juga: Kumpulan Doa Harian, Simak Bacaan Doa Pengganti Qunut Subuh ini, Minta Kebaikan di Dunia dan Akhirat

"Jika manusia tidak membawa persiapan maka ia tidak masuk ke surga," pungkas dia.

Doa Tahiyat Akhir

Attahiyaatul mubaarakaatush shalawaatuth thayyibaatu lillaah. Assalamu ‘alaika ayyuhan nabiyyu warahmatullaahi wabarakaatuh. Assalamu’alainaa wa’alaa ‘ibaadillaahish shaalihiin. Asy-hadu al laa ilaaha illallaah, wa -asyhadu anna muhammadar rasuulullaah. Allahumma shalli ‘alaa sayyidinaa muhammad. Wa ‘alaa aali sayyidinaa muhammad.

Artinya: "Segala kehormatan, keberkahan, kebahagiaan, dan kebaikan bagi Allah. Salam, rahmat, dan berkah-Nya kupanjatkan kepadamu ahai Nabi (Muhammad). Salam (keselamatan) semoga tetap untuk kami seluruh hamba yang saleh-saleh. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah. Ya Allah, limpahilah rahmat kepada Nabi Muhammad. Ya Allah, limpahilah rahmat atas keluarga Nabi Muhammad".

Doa Setelah Tahiyat Akhir

Adapun bacaan yang bisa dibaca setelah Tahiyat Akhir dalam sholat, Anda bisa membaca doa berikut yang merupakan bacaan Sholawat Ibrahimiyah.Kama shallaita ‘alaa sayyidinaa ibrahiima wa’alaa aali sayyidinaa ibraahiim wabaarik ‘ala sayyidinaa muhammad wa ‘alaa aali sayyidinaa muhammad. Kamaa baarakta ‘alaa sayyidinaa ibraahiima wa ‘alaa aali sayyidinaa ibraahiim fil ‘aala mina innaka hamiidum majiid.

Artinya: “Sebagaimana pernah Engkau beri rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Dan limpahilah berkah atas Nabi Muhammad beserta para keluarganya. Sebagaimana Engkau memberi berkah kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Di seluruh alam semesta, Engkaulah yang terpuji dan Maha Mulia”.

Artikel ini telah tayang diTribun-Medan.comdengan judul Doa Nabi Muhammad Dalam Sholat, Selalu Minta 4 Hal Penting Ini, Baca Sebelum Salam

(*)

Editor : Nabila Nurul Chasanati

Sumber : Tribun Medan

Baca Lainnya