Pernikahan Kaesang dan Erina Tinggal Sudah di Depan Mata, Begini Pesan Presiden Jokowi untuk Sang Putra dan Calon Mantunya

Jumat, 09 Desember 2022 | 16:00
Nakita/Cynthia

Kaesang Pangarep dan keluarga besar Presiden Jokowi akan bertolak ke Yogyakarta

GridHype.ID -Tinggal menghitung jam, pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudonobakal segera terlaksana.

Satu per satu serangkaian acara pernikahanKaesang Pangarep dan Erina Gudono telah sukses terlaksana.

Seperti dikutip dari Grid.ID, setelah melakukan acara pengajian pada Kamis (8/12/2022), telah terselenggara pula prosesi siraman pada Jumat (9/12/2022) pagi tadi.

Prosesi siraman tersebut dilaksanakan di kediaman Kaesang Pangarep di Solo dan kediaman Erina di Sleman, Yogyakarta, di waktu bersamaan.

Presiden Joko Widodo pun mengungkapkan bahwa prosesi siraman berlangsung dengan lancar dan khidmat.

Bahkan, Iriana sempat menangis terharu hingga membuat Kaesang tak kuasa menahan air matanya saat prosesi sungkeman.

Semakin mendekati hari pernikahan putra bungsunya, Jokowi dan Iriana pun menitipkan pesan kepada Kaesang dan Erina.

Sebagai orangtua, Jokowi berharap pernikahan Kaesang dan Erina akan melahirkan keluarga yang tentram, penuh cinta kasih, dan dirahmati oleh Tuhan.

“Intinya kita sebagai orangtua mengharapkan dan mendoakan agar keluarga Mas Kaesang dan Mbak Erina ke depan bisa menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, dan warrahmah,” kata Jokowi ketika ditemui awak media setelah prosesi siraman pada Jumat (9/12/2022) di kediamannya di Solo, Jawa Tengah.

Senada dengan Presiden Joko Widodo, Iriana juga berharap Kaesang selalu bahagia dengan kehidupan pernikahannya.

“Yang pasti, selalu bahagia ya, le, ya,” imbuh Iriana.

Baca Juga: Ketum Nasdem Surya Paloh Tegaskan Tak Hadir di Hajatan Joko Widodo, Ternyata Ini Alasannya

Setelah prosesi siraman, rencananya rombongan Presiden Joko Widodo akan langsung bertolak ke Yogyakarta, tempat akad nikah diselenggarakan besok, Sabtu (10/12/2022).

Sebelum melangsungkan akad nikah besok, Kaesang dan Erina juga akan melaksanakan prosesi midodareni pada malam hari nanti.

Sedangkan pada hari Minggu (11/12/2022), akan ada tasyakuran pernikahan Kaesang dan Erina yang digelar di Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah.

Detik-detik Prosesi Siraman Erina Gudono

Melansir dari TribunJateng.com,tak hanya Kaesang Pangarep, Erina Gudono juga telah merampungkan prosesi siraman.

Acara siraman tersebut digelar di rumah Erina Gudono, tepatnya di Jalan Kaliurang Km 6,3, Purwosari, Sinduadi, Mlati, Sleman, Jumat (9/12/2022).

Air yang digunakan untuk prosesi ini diambil dari tujuh sumber, termasuk air zam zam.

Calon istri dari putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep itu keluar rumah menuju tempat siraman didampingi oleh ibunda dan kakaknya, Sofiatun Gudono dan Allen Gudono sekitar pukul 10.30 WIB.

Setelahnya, dia duduk di singgasana, menunggu untuk disiram.

Prosesi siraman ini dipimpin langsung oleh MC Wigung Wratsangka yang terkenal sebagai tokoh penatacara berbahasa Jawa di Yogyakarta.

Orang pertama yang menyiram Erina adalah ibunda Erina sendiri, Sofiatun Gudono.

Baca Juga: Mengenal Pura Mangkunegaran, Lokasi Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono yang Sarat Makna

Kemudian, siraman dilanjutkan oleh Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas.

Permaisuri Raja Yogyakarta itu menyirami Erina sebanyak tiga kali dengan membacakan doa yang bertujuan untuk kelanggengan rumah tangga Erina dan Kaesang Pangarep.

Selanjutnya, Gusti Kanjeng Bendara Raden Ayu Adipati (GKBRAA) Paku Alam X turut menyirami Erina Gudono sebanyak tiga kali.

Sebelum usai, ia memberikan air yang ditaburi bunga ke tangan Erina yang bisa diraupkan ke muka.

Setelah Gusti Ratu dan Gusti Putri, berturut-turut ada Siti Faridah Pratikno, istri dari Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno menyirami Erina Gudono.

Siraman ditutup oleh Sutanti Muhaimin, Zulaikha Surenggani dan Fatimatuzzahra. Ketiganya merupakan sesepuh dari pihak Erina.

Selama siraman, senyum manis terus terpancar dari wajah Erina.

Wigung Wratsangka mengungkapkan air yang digunakan untuk siraman Erina merupakan air dari tempat-tempat bersejarah.

Tujuh sumber air tersebut diambil dari Masjid Panepen Kraton, Ndalem Puro Pakualaman, Mangkunegaran, air dari kediaman Joko Widodo, Kediaman Ibu Sofiatun, Masjid Raya Surakarta, dan air zam-zam dari tanah suci.

"Air adalah lambang hidup dan kehidupan air juga menetapkan ilmu dan pengetahuan. Tujuh artinya pituduh, pitutur, pitulunhan, pitukon, pitulus dan piturut dicampur bunga setaman harapannya kedua mempelai tetap dengan sifat-sifat kautaman," ungkapnya, Jumat (09/12/2022).

Setelah prosesi siraman, keluarga Erina melanjutkan dengan mengucurkan air dari dalam kendi yang digunakan pengantin untuk berkumur sebanyak 3 kali.

Baca Juga: Lakukan Prosesi Siraman, Ini Suasana Kediaman Jokowi Jelang Acara Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono

Kemudian, kepala pengantin juga dikucurkan air kendi sebanyak 3 kali, serta pembersihan wajah, leher, telinga, tangan, dan kaki sebanyak 3 kali hingga air kendi habis.

Ibunda Erina, Sofiatun Gudono dan kakak, Allen Gudono kemudian memecahkan kendi tersebut dan mengucapkan ‘wis pecah pamore’.

“Wis pecah pamore, Erina,” bimbing Wigung kepada para penonton.

Tubuh Erina pun ditutup dengan kain batik motif Nogosari khas Yogyakarta.

Ia menceritakan, motif itu menjadi pengingat kisah Ramayana, ketika Dewi Sinta selalu berdoa di bawah Pohon Nogosari untuk dapat dipertemukan oleh Sri Rama Wijaya di Taman Argo Soka.

Ternyata, doa itu dikabulkan Tuhan, Dewi Sinta pun dipertemukan dengan kekasih hatinya dan menjadi cinta yang abadi.

Baca Juga: Padahal Masih Kecil, Jan Ethes dan Sedah Mirah Sudah Dipasrahi Tugas Penting Ini di Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono

(*)

Editor : Helna Estalansa

Sumber : Grid.ID, TribunJateng.com

Baca Lainnya