Libatkan Pegiat Seni, Acara Ngunduh Mantu Pernikahan Kaesang dan Erina Gudono Bakal Diiringi Karawitan ISI Solo

Minggu, 04 Desember 2022 | 09:00
Instagram/@kaesangp

Kaesang dan Erina

GridHype.ID - Persiapan acara ngunduh mantupernikahan Kaesang dan Erina Gudono terus dilakukan.

Seperti diketahui, acara ngunduh mantupernikahan Kaesang dan Erina Gudonodigelar dengan tema Mataram Islam.

Adapun acara ngunduh mantupernikahan Kaesang dan Erina Gudono itu nantinya diiringi dengan kesenian karawitan.

Dikutip dari Kompas.com, acara ngunduh mantu Kaesang dan Erina dilaksanakan di Loji Gandrung dan Pura Mangkunegaran Solo, Jawa Tengah, pada Minggu (11/12/2022).

Karawitan yang akan mengiringi acara adat dan resepsi Kaesang dan Erina ini berasal dari Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta.

Koordinator pentas seni dari ISI Surakarta Guntur Sulistiyono mengatakan ada dua grup yang akan mengiringi acara ngunduh mantu Kaesang dan Erina.

Selain karawitan dari ISI Surakarta, Kemantren Langen Projo yang merupakan departemen kesenian resmi Puro Mangkunegaran akan menghibur para tamu ngunduh mantu Kaesang dan Erina.

"Ada dua grub. Dari ISI Surakarta dan Langen Projo," kata Guntur di Solo, Jawa Tengah, Jumat (2/12/2022).

Guntur menerangkan bahwa karawitan ISI Surakarta akan tampil lengkap di Loji Gandrung Solo pada acara berlangsung mulai pukul 06.00 - 08.00 WIB.

Rencananya, terang Guntur, ISI Surakarta akan menampilkan sebanyak 15 gendhing saat tampil dalam acara adat di Loji Gandrung.

"Yang di Loji Gandrung full dari ISI. Mulai jam 6-8 pagi."

Baca Juga: Jelang Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, 12 Kereta Kencana dan 28 Kuda Disiapkan untuk Kirab

"Ada sekitar 15 gendhing di Loji. Itu kan acara adat. Jadi ada gendhing tradisi, seperti dandang gulo, boyong basuki, dan lain-lain," ungkap Guntur.

Guntur menambahkan karawitan ISI Surakarta juga akan tampil di Pura Mangkunegaran bergantian dengan Langen Projo.

"Rencana pagi sama malam, nanti gantian dari Langen Projo. Gendhing-nya improve di panggung, ada yang dibuat notasi untuk ancer-ancer," kata dia.

Guntur menyebut ada sekitar 60 orang yang akan dilibatkan di acara ngunduh mantu Kaesang dan Erina. Mulai dari penabuh, produksi, rias, dan penampil.

"Untuk semua kru yang ikut saya 60 orang. Mereka dari unsur mahasiswa, dosen, tenaga kontrak dan PLP," ungkap Guntur.

Sebagai informasi, usai menggelar ijab kabul di Yogyakarta, rangkaian pesta pernikahan Kaesang-Erina akan diadakan di Loji Gandrung dan Pura Mangkunegaran Kota Solo pada 11 Desember 2022.

Nantinya, seperti dikutip dari Kompas.TV, pengantin akan diarak dari dua tempat tersebut melalui Jalan Slamet Riyadi dan Jalan Diponegoro.

Di sepanjang jalan itulah tiap booth menyediakan makanan dan souvenir gratis.

Hal itu dikonfirmasi oleh Pandji Vasco Da Gama, Art Director Asmoro Decoration yang mendekorasi lokasi pernikahan di Loji Gandrung.

"Melibatkan UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah) sepanjang Jalan Slamet Riyadi yang membagikan ribuan pack," ujarnya, Kamis (1/12/2022) dilansir dari Tribun Solo.

"Kalau tidak salah 16 booth dan tiap booth membagikan seribu pack," imbuhnya.

Baca Juga: Kaesang Bakal Nyantrik di Rumah Erina Setelah Midodareni, Tak Boleh Bertemu hingga Akad

Senada, kakak Kaesang sekaligus Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka juga mengungkapkan bahwa makanan dan souvenir yang disiapkan disiapkan untuk warga Solo.

"Nanti di situ ada makanan gratis untuk warga. Souvenir dibagi di situ juga. Sepanjang jalan itu," jelas Gibran, Kamis (1/12/2022).

"Makanan dari perusahaan kami sendiri. Wis packingan kabeh (sudah dikemas semua). Nonton boleh, ikut makan boleh, ambil souvenir boleh," terang Gibran, Kamis (1/12/2022).

Seperti diketahui, ketiga putra Presiden Jokowi memiliki berbagai usaha kuliner.

Mulai dari Chili Pari, Markobar, Pasta Buntel, Goola, Mangkok Ku, Siap Mas, Sang Pisang, TernaKopi, hingga Yang Ayam.

Sementara itu, Gibran memastikan pernikahan adik bungsunya tidak akan mengganggu kegiatan Car Free Day (CFD) yang diadakan di Jalan Slamet Riyadi setiap minggu.

Kegiatan perdagangan atau ekonomi yang diadakan di CFD akan tetap berjalan seperti biasanya.

Baca Juga: Kirab Pernikahan Kaesang dan ErinaLewat di CFD Solo, Bakal Ada Ribuan Makanan dan Souvenir Gratis untuk Warga

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Kompas.com, Kompas.tv

Baca Lainnya