Kirab Pernikahan Kaesang dan Erina Lewat di CFD Solo, Bakal Ada Ribuan Makanan dan Souvenir Gratis untuk Warga

Jumat, 02 Desember 2022 | 20:30
instagram.com/kaesangp

Erina Gudono dan Kaesang

GridHype.ID- Kirab pernikahan Kaesang dan Erina akan digelar saat kegiatan Car Free Day (CFD) di Solo, Jawa Tengah berlangsung.

Meski demikian, arak-arakan pernikahan Kaesang dan Erina ini disebut tak akan mengganggu jalannya kegiatan CFD di wilayah tersebut.

Seperti diwartakan Kompas.TV, kirab pernikahan Kaesang dan Erina ini akan melintasi ruas Jalan Slamet Riyadi dan Jalan Diponegoro menuju Pura Mangkunegaran.

NamunWali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjelaskan, kirab yang dilakukan Kaesang-Erina hanya akan menumpang lewat saat CFD dilakukan.

"Kaesang itu numpang lewat CFD, bukan kebalikannya," jelasnya, Kamis (1/12/2022) dikutip dari TribunSolo.com.

Nantinya, kirab tersebut akan lewat pada pukul 07.30 WIB. Gibran menyatakan, hajatan yang sifatnya pribadi itu tak ingin mengganggu kepentingan publik.

Gibran juga memberikan pesan kepada para pedagang atau pegiat di CFD untuk tetap melakukan aktivitas seperti biasa.

"Sudah lama instruksikan pedagang, yang biasanya jualan, jualan aja. Mungkin ada yang beberapa yang disterilkan untuk keamanan," jelasnya.

Kegiatan perdagangan atau ekonomi yang diadakan di CFD, imbuh Gibran, akan tetap berjalan seperti biasanya.

"Pedagang tetap berjualan seperti biasa. Yang senam, senam aja, tidak apa-apa. Tai-chi, ping pong, komunitas guk-guk, reptil, transformers," lanjut Gibran mengurai para pegiat CFD Solo.

Ia mengatakan, pihaknya hanya meminta sedikit waktu dari acara tersebut agar masyarakat bisa memberikan akses lewat saat kirab Kaesang-Erina.

Baca Juga: Serba-Serbi Jelang Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Konsep Prewedding Tak Terduga hingga Undangan Palsu yang Tersebar Luas

"Nek Kaesang lewat, rodo minggir sik (saat Kaesang melintas, agak minggir sebentar)."

"Saya enggak melarang warga berdagang. Nek perlu sampe jam 10 (kalau perlu sampai jam 10)," tuturnya.

Dalam arak-arakan tersebut, masyarakat bebas mengambil paket makanan atau suvenir yangdibagikan secara gratis untuk merayakan acara pernikahan Kaesang dan Erina.

Hal itu dikonfirmasi oleh salah satu panitia penyelenggara pernikahan Kaesang-Erina, Pandji Vasco Da Gama, Art Director Asmoro Decoration yang mendekorasi lokasi pernikahan di Loji Gandrung.

"Melibatkan UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah) sepanjang Jalan Slamet Riyadi yang membagikan ribuan pack," ujarnya, Kamis (1/12/2022) dilansir dari Tribun Solo.

"Kalau tidak salah 16 booth dan tiap booth membagikan seribu pack," imbuhnya.

Senada, Kakak Kaesang sekaligus Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka juga mengungkapkan bahwa makanan dan souvenir yang disiapkan disiapkan untuk warga Solo.

"Nanti di situ ada makanan gratis untuk warga. Souvenir dibagi di situ juga. Sepanjang jalan itu," jelas Gibran, Kamis (1/12/2022).

"Makanan dari perusahaan kami sendiri. Wis packingan kabeh (sudah dikemas semua). Nonton boleh, ikut makan boleh, ambil souvenir boleh," terang Gibran.

Seperti diketahui, ketiga putra Presiden Jokowi memiliki berbagai usaha kuliner.

Mulai dari Chili Pari, Markobar, Pasta Buntel, Goola, Mangkok Ku, Siap Mas, Sang Pisang, TernaKopi, dan Yang Ayam.

Baca Juga: MEWAH! Bakal Ada 40 Puteri Indonesia di Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Kado Spesial Sudah Disiapkan

Diwartakan Kompas.com, saat kirab pernikahan Kaesang dan Erina, kedua mempelai nantinya akan menaiki kereta kencana dengan ditarik enam kuda.

Para pengiring kedua mempelai juga akan menaiki kereta kencana menuju acara resepsi tersebut.

Adapun kereta kencana dan kuda yang akan dinaiki Kaesang dan Erina serta keluarga dalam acara ngunduh mantu adalah milik Mas Ngabei Mudjiono Prasetyo, warga Jajar, Kota Solo, Jawa Tengah.

Mudjiono mengatakan, rencananya ia dan rekan-rekan menyiapkan 12 kereta kencana dan 28 ekor kuda untuk kirab pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi.

Bahkan, dua ekor kuda milik Mudjiono bernama Dinda dan Agustin akan diturunkan untuk acara ngunduh mantu Direktur Utama Persis Solo tersebut.

"Start-nya dari Loji Gandrung ke Mangkunegaran. Terus lain-lainnya menyusul," ungkap Mudjiono di Solo, Jawa Tengah, Jumat (2/12/2022).

Baca Juga: Jelang Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, 86 Busana Disiapkan oleh Penjahit Langganan Keluarga Jokowi

(*)

Editor : Ruhil Yumna

Sumber : Kompas.com, Kompas.tv

Baca Lainnya