Kumpulan Doa Harian, 4 Doa Saat Memasuki Rumah Baru Agar Terbebas dari Gangguan Jin

Kamis, 10 November 2022 | 05:30
unsplash.com

Ilustrasi doa

Gridhype.id-Inilahkumpulan doa harianyang harus diamalkansaat menempatirumah baru.

Memilikirumah barutentu menjadi kebahagiaan tersendiri bagi kita, maka penting untuk mengamalkankumpulan doa hariansebagai wujud rasa syukur.

Namun demikian,kumpulan doa harianyang diamalkan saat menempatirumah barujuga bisa mendatangkan kebaikan agar terhindar dari gangguan jin.

Setiap tempat tentu menyimpan sesuatu yang tidak pernah kita ketahui sebelumnya.

Maka, ada baiknya sebagai orang beriman kita melibatkan Allah SWT saat akan menempatinya.

Dengan mengamalkankumpulan doa harian,inshallah rumah baru yang kita tempati menjadi tempat yang nyaman dan aman bagi keluarga.

Dilansir dariSonora,berikut adalah beberapa doa yang bisa diamalkan saat menempatirumah baru:

Bacaan Al Fatihah hingga Doa

Dikutip dari Kitab Al-Wasa’ilis Syafi’ah karya Syekh Al-Habib Muhammad bin Ali Khirid Al-Alawi Al-Husaini At-Tarimi, salah satudoayang bisa dibaca saat menempati rumah baru adalah doa berikut ini.

Pertama-tama, bacalah surat Al-Fatihan sebanyak tiga kali di rumah baru yang dihuni.

Bacalah dengan lantang dan khusyu agar rumah mendapatkan keberkahan dan terbebas dari gangguan jin.

Selanjutnya, baca surat Al-Mu'minum ayat 28-29:

Baca Juga: Kumpulan Doa Harian, Inilah Bacaan Doa Hari Rabu yang Jadi Pembuka Pintu Rezeki dan Keberkahan

فَإِذَا اسْتَوَيْتَ أَنتَ وَمَن مَّعَكَ عَلَى الْفُلْكِ فَقُلِ الْحَمْدُ لِلهِ الَّذِي نَجَّانَا مِنَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ * وَقُل رَّبِّ أَنزِلْنِي مُنزَلاً مُّبَارَكًا وَأَنتَ خَيْرُ الْمُنزِلِينَ

Artinya, “Bila kau dan pengikutmu sudah di atas kapal, maka katakanlah, ‘Segala puji bagi Allah yang menyelamatkan kami dari kaum aniaya.’ Katakanlah, ‘Tuhanku, tempatkan aku di tempat yang berkah karena Engkau sebaik-baik pemberi tempat.’”

Kemudian bacalah doa berikut ini sebanyak tiga kali

اَللّٰهُمَّ يَا مَنْ فَلَقَ الْبَحْرَ لِمُوْسَى بْنِ عِمْرَانَ وَنَجَّى يُوْنُسَ مِنْ بَطْنِ الْحُوْتِ وَسَيَّرَ الْفُلْكَ لِمَنْ شَاءَ أَنْتَ الْعَالِمُ بِعَدَدِ قَطْرِ الْبِحَارِ وَذَرَّاتِ الرِّمَالِ يَا خَالِقَ أَصْنَافِ عَجَائِبِ الْمَخْلُوْقَاتِ أَسْأَلُكَ الْكِفَايَةَ يَا كَافِيَ مَنْ اِسْتَكْفَاهُ يَا مُجِيْبَ مَنْ دَعَاهُ يَا مُقِيْلَ مَنْ رَجَاهُ أَنْتَ الْكَافِيْ لَا كَافِيَ إِلَّا أَنْتَ، اِكْفِنِيْ شَرَّمَا أَخَافُ وَأَحْذَرُ وَامْلَأْ مَنْزِلِيْ هٰذَا خَيْرًا وَبَرَكَةً وَصَلِّ عَلَى نَبِيِّكَ وَرَسُوْلِكَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَاٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Allâhumma yâ man falaqal bahra li Mûsâ bin ‘Imrân, wa najjâ Yûnusa min bathnil ḫût, wa sayyaral fulka li man syâ-a, antal ‘âlimu bi ‘adadi qathril biḫâri, wa dzarrâtir rimâl. Yâ Khâliqa ashnâfi ‘ajâ’ibil makhlûqât. As’alukal kifâyah, yâ kâfiya man istakfâh, yâ Mujîba man da‘âh, yâ muqîla man rajâh. Antal kâfi, lâ kâfiya illa anta. Ikfinî syarra ma akhâfu wa ahdzar. Wamla’ manzilî hâdzâ khairan wa barakah. Washalli ‘ala nabiyyika wa rasûlika sayyidina Muḫammadin wa âlihi wa shaḫbih wa sallim

Artinya:“Ya Allah yang membelah lautan untuk Musa bin ‘Imran, dan menyelamatkan Yunus dari perut ikan besar, yang menjalankan perahu kepada siapapun yang dikehendaki. Engkau mengetahui jumlah tetesan air laut dan satuan-satuan kerikil. Wahai zat yang menciptakan beberapa macam keajaiban makhluk-makhluk. Aku memohon kepada-Mu kecukupan, wahai zat yang mencukupi hamba yang memintakan kecukupan kepada-Nya. Wahai zat yang mengabulkan hamba yang berdoa kepada-Nya, yang mengampuni hamba yang mengharap rahmat-Nya, Engkau maha mencukupi. Tiada yang mencukupi selain-Mu. Cukupilah aku dari keburukan sesuatu yang kukhawatirkan, penuhilah tempatku ini dengan kebaikan dan keberkahan. Shalawat salam semoga tercurah kepada nabi dan utusan-Mu, junjungan kami, Nabi Muhammad SAW, dan kepada para keluarga serta sahabatnya.”

Doa Sesuai Hadis Imam Muslim

Doa menempati rumah baru selanjutnya yaitu yang tertuang dalam salah satu hadir riwayat Imam Muslim, yaitu:

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

A’uudzu Bi Kalimaatillahit Taamaati Min Syarri Maa Khalaq.

Artinya :“Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari kejelekan apa saja yang Dia ciptakan.” (HR. Imam Muslim).

Anjuran membaca doa ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW: Barang siapa yang singgah pada suatu tempat kemudian dia berdo’a, “A’uudzu Bi Kalimaatillahit Taamaati Min Syarri Maa Khalaq”, niscaya tidak akan ada yang membahayakannya hingga di pergi dari tempat itu.”

Baca Juga: Kumpulan Doa Harian, Inilah Keutamaan Dzikir yang Membawa Kebaikan Dunia dan Akhirat

Doa Sesuai Hadis Abu Daud

Doa agar rumah baru mendapatkan keberkahan dari Allah SWT selanjutnya dikutip dari hadist riwayat Abu Daud, yaitu:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَ الْمَوْلَجِ وَخَيْرَ الْمَخْرَجِ بِسْمِ اللَّهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللَّهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللَّهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

Allahumma innii as-aluka khairal mawlaji wa khairal makhraji bismillahi wa lajnaa wa bismillahi kharajnaa wa ‘alaallahi rabbanaa tawakkalnaa.

Artinya:“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu atas kebaikan rumah yang aku masuki dan kebaikan rumah yang aku tinggalkan. Dengan menyebut nama Allah aku masuk dan dengan menyebut nama Allah aku keluar dan kepada Allah, Tuhan kami, kami bertawakal.” (HR. Abu Daud)

Doa Sesuai Hadis Anas bin Malik

Doa ini meminta penjagaan dan perlindungan kepada Allah SWT atas keluarga dan harta yang terdapat di dalamnya.

مَا شَاء اللَّهُ لَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ

Masya Allah Laa Quwwata Illa Billah.

Artinya :“Semua kehendak Allah tidak ada daya dan upaya kecuali dengan izin Allah.” (HR. Anas bin Malik).

Artikel ini telah tayang di Sonora dengan judul4 Doa Menempati Rumah Baru, Amalkan Agar Datangkan Berkah dan Bebas dari Gangguan Jin

Baca Juga: Kumpulan Doa Harian, Bacalah Doa ini ketika Momen Gerhana Bulan Total, sebagai Pengingat pada Sang Maha Kuasa

(*)

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : Sonora.ID

Baca Lainnya