Kumpulan Doa Harian, Inilah Bacaan Doa Hari Jumat sebagai Hari Agung

Jumat, 07 Oktober 2022 | 05:00
Pexels.com

Ilustrasi berdoa

Gridhype.id- Kumpulan doa harian.Berikut adalah bacaan doa hari Jumat yang bisa diamalkan guna mendapat keberkahan dari Allah SWT.

Hari Jumat dianggap sebagai hari yang baik dan agung, maka kita dianjurkan untuk membaca kumpulan doa, salah satunyadoa hari Jumat.

Doa hari Jumat termasuk ke dalam salah satu kumpulan doa, di manasesungguhnya memiliki keistimewaan yang luar biasa bagi siapa saja yang mengamalkannya.

Hal tersebut berkaitan dengan kedudukan hari Jumat sebagai hari yang paling agung di sisi Allah.

Sebagaimana telah disampaikan secara langsung oleh Rasulullah SAW dalam sabdanya:

"Sungguh hari Jumat adalah tuannya hari-hari yang paling agung di sisi Allah," (HR. Ahmad dan Ibnu Majah).

Keistimewaan hari Jumat juga sempat dibahas oleh Ustaz Adi Hidayat.

"Nabi SAW pernah menyampaikan bahwa di hari Jumat itu terdapat satu waktu yang singkat, tidaklah seorang hamba Muslim yang mendapati waktu singkat itu, kemudian ia manfaatkannya dengan berdoa, bermohon kepada Allah SWT,"

"kecuali apa yang ia mohonkan kepada Allah berpeluang besar akan langsung dikabulkan oleh Allah SWT," terang Ustadz Adi Hidayat.

Berdoa dalam hal ini dapat ditafsikan dalam dua hal, yaitu berdoa saja dan berdoa dalam salat.

"Secara tekstual diksi hadits-nya digunakan kalimat 'berdiri menunaikan salat', ada yang memahami tekstual, salat di sini dalam bentuk doa saja, tidak diawali dengan ibadah tertentu, seperti salat misalnya,"

"Namun alangkah baiknya berwudhu, menghadap ke arah kiblat, dan memohon kepada Allah SWT kebaikan-kebaikan yang kiranya dengan itu Allah memberikan kemaslahatan dunia dan akhirat kita semua," jelasnya.

Baca Juga: Kumpulan Doa Harian, Ini Doa untuk Menghilangkan Rasa Malas, Lengkap dengan Latin dan Artinya

Namun ada pula yang memahaminya berbeda.

"Ada yang memahami bahwa untuk menjaga diksi qoimun (berdiri menunaikan salat) yang sering kali juga dipahami dengan salat,"

"karena dalam Al-Quran diksi qoimun itu sering kali diartikan, dipahami dengan ibadah salat. Maka yang memahami bagian kedua ini dianjurkan kita berwudhu terlebih dahulu, kemudian menunaikan salat," kata Ustadz Adi Hidayat menjelaskan.

Dua cara tersebut merupakan langkah yang baik guna memaknai keistimewaan hari Jumat sebagai hari yang agung.

Lantas, kapan waktu yang tepat untuk berdoa?

Para ulama menganjurkan kita untuk membaca doa hari Jumat di wakti singkat ba'da ashar menjelang magrib.

"Kalau kita ambil wilayah Indonesia bagian barat pada umumnya, bila maghrib pukul enam, setidaknya antara pukul lima sampai dengan pukul enam," jelasnya dilansir dariPosbelitung.com.

Adapun kalimay bacaan doa tersebut adalah sebagai berikut:

"Ya Allah, mohon cukupkan kepada kami segala yang halal dari-Mu, dan juahkan kami dari segala yang Engkau haramkan,"

"Ya Allah, mohon luaskan diri kami untuk selalu mendapatkan kesempatan untuk bertaat kepada-Mu, untuk meningkatkan ketaatan kami kepada-Mu, dan terjauh dari perbuatan-perbuatan yang Engkau larang,"

"Dan mohon luaskan diri kami untuk mendapatkan segala keistimewaan yang Engkau tetapkan, yang berpeluang kami dapatkan, dan juahkan kami dari selain itu".

Baca Juga: Kumpulan Doa Harian, Doa Melindungi Keluarga yang Berada Jauh, Upaya Melibatkan Allah SWT Sebaik-baiknya Perlindungan

Artikel ini telah tayang diPosbelitung.comhttps://belitung.tribunnews.com/2022/07/20/waktu-mustajab-berdoa-di-hari-jumat-simak-ulasan-ustadz-adi-hidayat?page=all

Editor : Nailul Iffah

Sumber : PosBelitung

Baca Lainnya