Sejarah Hari Guru Sedunia, Diperingati pada 5 Oktober Setiap Tahunnya

Selasa, 04 Oktober 2022 | 18:15
http://mikamoney.com

Ilustrasi guru

Gridhype.id-Hari Guru Seduniayang diperingati setiap tanggal 5 Oktober selalu memiliki kisah tersendiri bagi dunia pendidikan.

Bagaimana tidakhari guru seduniamenjadi salah satu momen penting dalam sejarah pendidikan.

Peringatanhari guru seduniadilaksanakan guna menghormati keberadaan guru yang selama ini menjadi pahlawan pengantar ilmu bagi siswa.

Lantas, bagaimanahari guru seduniabermula?

Hari guru seduniadimulai sejak tanggal 5 Oktober 1994 dan dikukuhkan olehOrganisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikayan Bangsa-bangsa (UNESCO).

Dilansir dariTribunnews.com,UNESCObekerja sama dengan Organisasi Perburuhan Internasioanl (ILO), UNICEF, dan Education Internasional (EI).

Hari bersejarah ini merupakan rekomendasidari penandatanganan tentang status guru oleh ILO/UNESCO pada tahun 1966.

Bukan hanya itu,hari guru seduniajuga bertepatan denganrekomendasi status tenaga pengajar pendidikan tinggi pada tahun 1997.

Adapun dua hal tersebut menjadi tolok ukur hak dan tanggung jawab sebagaistandar persiapan guru untuk mengajar.

Pada tahun ini,hari guru seduniadiperingati dengan mengusung tema'The transformation of education begins with teachers' yang memiliki arti transformasi pendidikan dimulai dari guru.

Membahas mengenai komitmen transformasi pendidikan, UNESCO telah menganalisis implikasi terhadap guru dan sistem belajar mengajar.

Tak hanya dipenuhi dengan refleksi,hari guru seduniabisa kita ramaikan dengan berbagai ucapan.

Baca Juga: Mengenal Amelia Tantono, Wanita Berprestasi Asal Bandar Lampung yang Sempat Main Drakor Bareng Jisoo hingga Jadi Guru NCT

Dilansir dariwartakota.tribunnews.com,berikut beberapa ucapan yang bisa disampaikan sebagai bentuk apresiasi terhadap guru:

  • Terima kasih telah menjadi pendidik yang sangat baik dan teman secara bersamaan. Selamat Hari Guru!
  • Kamu bukan hanya guru bagiku, kamu juga inspirasi.Beruntung memiliki Anda sebagai panduan. Selamat Hari Guru!
  • Anda bukan hanya gurukami. Anda adalah teman, filsuf, dan pemandu kamiSemua dibentuk menjadi satu orang. Kami akan selalu berterima kasih atas dukungan Anda. Selamat Hari Guru!
  • Caramu mengajar.. Ilmu yang kamu bagikan.. Perawatan yang kamu lakukan.. Cinta yang kau pancurkan.. Membuatmu.. Guru terbaik dunia.. Selamat Hari Guru!
  • Anda telah mengajari saya lebih dari buku-buku. Anda telah mengajari saya ABC kehidupan. Diberkati memiliki Anda dalam hidup! Selamat Hari Guru!
  • Untuk Guruku tersayang, atas kesabaran dan perhatiannyauntuk kata-kata baik Anda dan berbagi, saya hanya ingin mengucapkan terima kasih. Selamat Hari Guru!
  • Engkau adalah pahlawan dalam buku saya. Selamat Hari Guru, semoga tidak bosan membagi ilmu untuk kami!
  • Selamat hari guruuntuk semua pembuat negara di dunia. Tanpa kalian semua, dunia ini akan menjadi tempat yang cukup suram untuk ditinggali.
  • Jika orang tua memberi kita kehidupan, gurumengajari kita bagaimana memanfaatkan kehidupan sepenuhnya. Selamat hari guruuntuk semua gurupekerja keras di dunia.
  • Gurukuadalah puncak pengetahuan dan ketekunan. Saya akan sangat berterima kasih kepada Tuhan jika saya bisa menjadi setengah dari Anda. Selamat hari guruuntuk guruyang paling dihormati!
Baca Juga: Duh Jangan sampai Nyesel Baru Tahu Sekarang, 7 Kondisi Ini Bisa Jadi Penyebab Tunjangan Sertifikasi Guru Dihapus untuk PNS, Apa Saja?

(*)

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : Tribunnews.com, Wartakota

Baca Lainnya