Hadir Bak Pahlawan Disanjung Emak-emak, Mulan Jameela Kritik Pedas Wacana Kebijakan Pemerintah Soal Kompor Induksi Hingga Singgung Masakan Indonesia

Minggu, 25 September 2022 | 14:30
kolase instagram/mulanjameela1 & freepik.com

Mulan Jameela tak setuju konversi kompor LPG ke kompor listrik

GridHype.ID - Mulan Jameela wakili hati emak-emak seluruh Indonesia.

Sebagai wakil rakyat, Mulan Jameela baru-baru ini ramai jadi sorotan.

Istri Ahmad Dhani salah satu wakl rakyat yang mengkritik pedas soal kompor listrik.

Karier Mulan Jameela bermula dari penyanyi kini menjadi anggota dewan.

Lebih dari 20 tahun, Mulan Jameela sukses menjadi penyanyi papan atas.

Kariernya melejit ketika bergabung dalam Duo Ratu bersama Maia Estianty.

Sayangnya, citra Mulan Jameela tercoreng lantaran diduga jadi pelakor dalam rumah tangga Ahmad Dhani dan Maia Estianty.

Melansir dari Grid.Id, sempat tersandung isu jadi pelakor dalam rumah tangga Maia Estianty dan Ahmad Dhani, terbukti Mulan Jameela masih eksis di dunia entertain.

Kariernya sebagai penyanyi juga tetap di atas angin meski banyak musisi pendatang baru.

Beberapa lagunya yang ngehits di Tanah Air seperti 'Wonder Woman' dan 'Mahluk Tuhan Paling Sexy'.

Tak berhenti di situ, Mulan Jameela kian jadi sorotan ketika banting setir sebagai anggota DPR RI.

Baca Juga: Biasa Panen Hujatan, Mulan Jameela Kini Malah Banjir Pujian Usai Kritik soal Kompor Listrik, Kok Bisa?

Sebagai wakil rakyat, Mulan Jameela mengkritik wacana pemerintah yang akan konversi kompor LPG ke kompor induksi.

Menutip dari Kompas.com, kritikan Mulan Jameela ini sempat viral di media sosial.

Protes itu disampaikan Mulan saat rapat kerja Komisi VII -- yang membidangi energi dan perindustrian -- dengan Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (Ditjen ILMATE) Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Rabu (21/9/2022).

Mulan Jameela menyebut bahwa kebijakan tersebut harus dikaji ulang.

"Kami Komisi VII sepakat bahwa program ini harus dikaji ulang, dan menurut saya, bahkan program konversi kompor gas ke kompor induksi ini menyelesaikan masalah dengan masalah baru," kata Mulan Jameela.

Pasalnya, kata Mulan, peralatan masak seperti wajan dan panci yang bisa digunakan untuk kompor listrik berbeda dengan kompor biasa.

"Tadi menyampaikan katanya harga kompor induksi ini Rp1,5 juta, boleh tanya enggak? Apa sudah termasuk wajan sama panci? Apakah tersedia berbagai ukuran? Kalau ibu-ibu itu pasti (mikirnya) ke situ, belum lagi wajan sama pancinya mahal-mahal, Pak," lanjutnya.

Selain itu, menurut Mulan, kompor listrik juga tidak cocok dengan masakan Indonesia. Terlebih jika masakan diproduksi secara massal seperti saat sedang hajatan.

"Ini saya jujur ya, kapasitas saya sebagai anggota dewan dan sebagai emak-emak. Kami di rumah aja (meski) punya kompor listrik, tetap tak bisa lepas dari (kompor) yang gas.

Karena, masakan Indonesia ya beda, bukan masakan orang bule yang pancinya ya seukuran gitu aja. Apalagi kalau ada hajatan, mana cukup?" kata Mulan Jameela.

Baca Juga: Dulu Karier Bernyanyi Melejit dengan Penampilan Nyentriknya, Artis yang Kini Jadi Anggota Dewan ini Tampil Kalem Sampai Umi Pipik Beri Pujian ini

Istri musisi Ahmad Dhani itu juga mengatakan, kompor induksi membutuhkan pasokan listrik yang stabil agar tidak mudah rusak.

"Saya punya kompor listrik di rumah Cisarua, (tetapi) karena (aliran) listrik nggak stabil kayak di kota, itu kompornya rusak. Padahal, nggak diapa-apain, cuma karena listrik nggak stabil," cerita Mulan.

Pernyataan Mulan tersebut mendapat dukungan dari netizen hingga menjadi trending topic di Twitter.

Netizen ramai-ramai setuju jika kebijakan konversi ke kompor induksi bisa menimbulkan masalah baru jika tidak dikaji dengan baik.

"Mulan Jameela benar. Kompor induksi butuh alat masak khusus dan alasnya datar (bukan wajan cekung khas Asia), lebih lama panas dan biaya listriknya gak becanda.

Yg sok mencela di reply ini malah ketauan gak pernah punya kompor induksi," tulis akun @lyndaibrah**.

"Kali ini saya setuju sama Mulan Jameela. Alm. emak pernah saya beliin kompor induksi. Beberapa peralatan masak pun saya paksa ganti. Hasilnya?

Ga sampe 1 bln balik lagi pake gas. Jawaban emak cuma 1: Masakan gue jadi kagak enak pake kompor dari lu," tulis akun @mpok_han**.

"Aku setuju sama Mulan Jameela... Gimana nanti pas lebaran, masak menunya gak cuman 1 macem, proses masaknya lama. Banyar listriknya pasti mahal," tulis akun @pochi****.

Baca Juga: 6 Tahun Lalu Mulan Jameela Nangis-nangis Minta Maaf ke Maia Estianty, Hujatan ke Istri Ahmad Dhani Sampai Bikin 2 Artis ini Langsung Hapus Foto Bersama

(*)

Editor : Nabila Nurul Chasanati

Sumber : Kompas.com, Grid.ID

Baca Lainnya