Aneka Tips Hari Ini, Bersih Mewangi Sepanjang Hari, Simak Cara Mencuci Baju Olahragamu yang Bau Apek Akibat Keringat

Senin, 19 September 2022 | 13:45
Freepik.com

Ilustrasi Olahraga

GridHype.ID - Bukan hal yang aneh jika pakaian olahraga kerap berbau tak sedap, aneka tips untuk menghilangkannya tentu bisa sangat menolong.

Bahannya yang dibuat dengan material mudah menyerap keringat menjadi salah satu alasannya, aneka tips ini akan mencoba untuk menanggulangi permasalahan tersebut.

Nah bagi yang tengah menghadapi permasalahan ini, aneka tips yang dilansir dari The Maids, berikut ini adalah cara mencuci baju olahraga agar tampilannya segar dan bersih seperti berikut ini.

Segera mencuci atau menggantung

Cara tepat menghilangkan bau pakaian olahraga adalah segera mencucinya setelah digunakan.

Ini dapat menghilangkan bakteri penyebab bau.

Jika belum sempat mencucinya, gantung atau letakkan pakaian olahraga di jemuran untuk mencegah sebagian besar bakteri penyebab bau bertumbuh.

Balikkan pakaian olahraga Ketika mencuci baju olahraga, jangan lupa membalikkan pakaian karena sebagian besar bakteri penyebab kotoran dan bau menumpuk pada bagian dalam pakaian, bukan luar.

Membalik pakaian olahraga dapat membantu menghilangkan kotoran, keringat, dan minyak tubuh sehingga baju menjadi lebih bersih, segar, dan wangi.

Sortir pakaian Setelah membalikkan pakaian olahraga, sortir terlebih dulu.

Baca Juga: Diolok-olok Tak Miliki Teman Imbas 'Hobinya' Senggol Artis, Nikita Mirzani Ngaku Gak Betah dengan Kehidupan di Jakarta: Udah Enggak Nyaman...

Hindari mencuci material sintetis dengan handuk dan barang berserat lainnya seperti celana jeans dan kaus.

Pakaian bermaterial performance fabric dapat menarik serat saat dicuci dan pakaian berat dapat mengembangkan pilling (gumpalan serat atau benang pada pakaian).

Mencuci barang-barang yang sejenis secara bersamaan adalah cara paling efisien dan efektif menjaga pakaian olahraga, pakaian sehari-hari, bahkan seprai dan sarung bantal tetap terlihat baik.

Dalam industri tekstil, performance fabric adalah istilah untuk jenis kain yang dirancang khusus untuk menahan keausan dan mudah dibersihkan.

Jenis kain ini biasa digunakan untuk membuat pakaian tidur serta baju olahraga.

Rendam dengan cuka putih suling

Setelah mengelompokkan semua pakaian olahraga secara bersamaan, rendam menggunakan cuka putih suling untuk menghilangkan kotoran, keringat, dan minyak yang menempel.

Cuka putih adalah pembersih dan pewangi dengan tingkat asam rendah yang bisa memecah minyak tubuh serta membantu melepas kotoran dan bakteri penyebab bau dari baju olahraga.

Campurkan satu bagian cuka putih dengan empat bagian air dalam sebuah wadah. Rendam pakaian olahraga selama 30 menit sebelum mencucinya.

Baca Juga: Aneka Tips Kesehatan, Mulai Sekarang Jangan Dulu Buang Kantong Teh ke Tempat Sampah, Jika Dipakai Seperti Ini Ternyata Bisa Sembuhkan Sakit Gigi

Hindari menggunakan banyak detergen

Menggunakan terlalu banyak detergen saat mencuci pakaian olahraga tidak baik untuk kain sintetis.

Setiap mesin cuci memiliki siklus berbeda-beda yang memerlukan detergen dalam jumlah tertentu.

Jika berlebihan, mereka bisa menumpuk pada pakaian yang tidak luntur.

Tumpukan detergen dapat menjebak kulit mati, kotoran, dan minyak tubuh pada pakaian sehingga membuatnya menjadi lingkungan yang ideal bagi bakteri dan jamur berkembang.

Gunakan sekitar setengah detergen dari takaran yang biasa digunakan untuk kain biasa.

Hindari pelembut pakaian

Pelembut pakaian dapat merusak kain yang fleksibel dan meninggalkan lapisan tipis, yang dapat menjebak lebih banyak bau.

Pelembut pakaian dapat menurunkan performa kain dan membuatnya semakin sulit dibersihkan.

Cukup tambahkan sekitar 118 mililiter cuka putih ke dalam siklus pencucian.

Jemur baju olahraga

Menjemur baju olahraga di bawah sinar matahari lebih baik daripada mengeringkannya dengan mesin pengering karena dapat mengubah bentuk serta fleksibilitas material baju.

Selain itu, paparan panas dan gesekan dalam mesin pengering dapat merusak kain dan melemahkan serat elastis, yang akhirnya menyebabkan robekan serta lubang pada kain.

Baca Juga: Aneka Tips Kesehatan, Orang dengan Kondisi Ini Ternyata Dilarang Keras Makan Bubur Ayam, Efeknya Fatal Banget Meski Cuma Satu Suap

(*)

Editor : Ruhil Yumna

Sumber : Kompas, The Maids

Baca Lainnya