Aneka Tips Kesehatan, Dikira Sehat Malah Bawa Petaka, Minum Air Rebusan Jahe Ternyata Berbahaya untuk Orang dengan Kondisi Ini

Selasa, 13 September 2022 | 18:30

Ilustrasi jahe

GridHype.ID -Aneka tips kesehatan berikut ini wajib banget diketahui oleh semua orang.

Karena aneka tips kesehatan kali ini akan membagikan kalau air rebusan jahe ternyata tidak boleh dikonsumsi oleh orang dengan kondisi seperti ini.

Yuk simak aneka tips kesehatan ini sampai selesai.

Melansir dari Kompas.com, jahe adalah tanaman dengan khasiat obat yang kuat dan sering digunakan untuk mengobati berbagai penyakit.

Tanaman ini juga telah lama digunakan sebagai stimulan alami dalam berbagai bentuk pengobatan tradisional untuk meningkatkan gairah seksual dan libido.

Faktanya, diyakini bahwa Madame du Barry, nyonya Raja Louis XV yang terkenal, sering menyajikan jahe kepada kekasihnya untuk membantu mengatur suasana hati berkat efek afrodisiaknya.

Meskipun sedikit saja penelitian tentang efek jahe pada dorongan seks secara langsung, riset menunjukkan bahwa jahe dapat melancarkan aliran darah yang dapat membantu meningkatkan gairah seksual dan libido.

Satu tinjauan dari 6 penelitian juga menyimpulkan bahwa suplementasi jahe dapat mengurangi tingkat tekanan darah sistolik dan diastolik.

Kendati penelitian lebih lanjut diperlukan, jahe tetap bermanfaat untuk libido, karena penelitian menemukan bahwa peningkatan tekanan darah dikaitkan dengan risiko disfungsi seksual yang lebih tinggi pada pria maupun wanita.

Namun di sisi lain, mengutip dari SajianSedap.com, air rebusan jahe malah sangat bahaya jika dikonsumsi dengan orang kondisi seperti ini:

Orang dengan gangguan darah

Baca Juga: Aneka Tips Kesehatan, Iseng Makan Jahe Mentah Ternyata Khasiatnya Luar Biasa Cegah Penyakit Mengerikan ini dalam Tubuh

Minum air rebusan jahe mencegah pembekuan darah, ini berarti meningkatkan sirkulasi dan aliran darah.

Hal ini meningkatkan risiko pendarahan, terutama pada orang dengan kelainan darah atau mereka yang sedang menjalani pengobatan yang memperlambat pembekuan darah.

Orang dengan batu empedu

Minum air rebusan jahe merangsang produksi empedu sehingga tidak dianjurkan untuk orang yang menderita batu empedu.

Orang dengan Ulkus atau IB

Jahe segar telah dikaitkan dengan penyumbatan usus, sehingga orang yang menderita ulkus, penyakit radang usus atau usus yang tersumbat sangat disarankan untuk menghindarinya.

Orang yang akan melakukan operasi

Sebuah studi tahun 2007 menemukan bahwa minum air rebusan jahe sebelum operasi juga meningkatkan risiko pendarahan internal.

Para ahli kesehatan menyarankan untuk menghindari air rebusan jahe dua minggu sebelum operasi.

Ibu hamil

Sejumlah penelitian menghubungkan jahe untuk menurunkan penyerapan zat besi dan vitamin yang larut dalam lemak pada ibu hamil.

Baca Juga: Aneka Tips Kecantikan, Cuma Olah Jahe Jadi Seperti Ini, Uban di Rambut Ternyata Bisa Langsung Sirna hingga ke Akar

Jahe juga dapat menyebabkan kontraksi uterus.

Jika kamu sedang hamil, konsultasikan dengan ahli kesehatan sebelum menggunakan jahe.

Selain itu, hindari minum teh jahe terutama di trimester terakhir karena ada peningkatan risiko pendarahan.

Orang-orang yang mengonsumsi obat tertentu

Jahe berinteraksi dengan obat-obatan tertentu termasuk antikoagulan, barbiturat, beta-blocker, obat insulin atau terapi anti-platelet.

Layanan medis dari National Institutes on Health mengungkapkan bahwa jahe juga mengganggu efek dari beberapa obat lain termasuk antasida karena merangsang produksi asam di lambung.

Orang yang memakai obat untuk jantung, antihistamin, perawatan kanker dan obat penurun berat badan juga harus menghindari rempah ini.

Orang dengan diabetes dan hipertensi

Jahe mungkin menurunkan gula darah dan tekanan darah, sehingga orang yang mengonsumsi obat untuk diabetes atau hipertensi harus berkonsultasi dengan ahli kesehatan sebelum mengonsumsi jahe dalam bentuk apa pun.

Jahe menekan nafsu makan

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam "Metabolism: Clinical and Experimental" tahun 2012, jahe mengurangi nafsu makan dengan memberikan rasa kenyang.

Baca Juga: Aneka Tips Kecantikan, Cobalah Keramas dengan Gunakan Jahe yang Sudah Digerus 10 Menit, Dijamin Masalah Rambut Nggak Bakal Balik

Para peneliti menjelaskan bahwa jahe memengaruhi kadar serotonin dalam darah, maka terjadilah efek pengekangan pada nafsu makan.

Ini berarti minum air rebusan jahe harus dihindari oleh orang yang mencoba menambah berat badan.

Jahe berinteraksi dengan beberapa herbal

Kecuali untuk obat-obatan, jahe juga mengganggu herbal yang merangsang aliran darah dan memperlambat pembekuan darah.

Ini termasuk cengkeh, bawang putih, gingko biloba.

Minum air rebusan jahe dengan rempah-rempah tersebut menempatkan kamupada risiko perdarahan yang lebih tinggi.

Baca Juga: Aneka Tips Kesehatan, Tiga Rempah Ini Ampuh Atasi Masalah Kesehatan yang Membahayakan Tubuh, Begini Cara Mengolahnya

(*)

Editor : Helna Estalansa

Sumber : Kompas.com, Nakita.ID

Baca Lainnya