Kumpulan Doa Harian, Simak Apa Saja Keutamaan yang Kita Dapat Rajin Melaksanakan Salat Duha

Senin, 12 September 2022 | 07:00
pexels/@michael-burrows

Bacaan doa tahiyat akhir lengkap syang benar sesuai ajaran Islam

GridHype.ID - Simak Kumpulan Doa Harian berikut ini terkait mengenai salat duha.

Salat duha merupakan ibadah sunnah yang bisa dilakukan oleh umat muslim di waktu pagi hari sampai sebelum adzan duhur.

Salat duha juga merupakan cara ibadah kita agar dipermudah urusan dunia oleh Allah SWT.

Bahkan rezeki sudah diatur sebelum manusia lahir ke dunia.

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk melancarkan rezeki.

Selain tetap berusaha dan bekerja, amalan-amalan baik ini juga harus dilakukan untuk memperlancar rezeki.

Apa sajakah itu?

Nah, salah satunya dengan melaksanakan salat sunah yakni duha.

Dalam hadist yang sahih dijelaskan bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam melaksanakan shalat Dhuha 4 rakaat.

Rasulullah SAW mengerjakan dengan 2 rakaat salam, 2 rakaat salam, dan terkadang ditambahkan beberapa rakaat sesuai yang dikehendaki.

Dalilnya hadits dari Aisyah radhiallahu’anha,

كان النبيُّ صلَّى اللهُ عليه وسلَّم يُصلِّي الضُّحى أربعًا، ويَزيد ما شاءَ اللهُ

"Dahulu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam shalat dhuha empat rakaat dan beliau biasa menambahkan sesuka beliau”(HR. Muslim no. 719).
Simak apa saja keutamaan dari melaksanakan Shalat Duha ini!

Baca Juga: Kumpulan Doa Harian, Amalkan Bacaan Doa Sujud Sahwi, Lengkap dengan Penjelasan Ustaz Abdul Somad

1. Sholat orang-orang yang bertaubat

Shalat dhuha juga disebut sebagai shalat awwabin, yaitu shalatnya orang-orang yang banyak kembali kepada Allah. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

صلاةُ الأوَّابينَ حين تَرمَضُ الفِصَالُ

“Shalat awwabin adalah ketika anak unta merasakan terik matahari” (HR. Muslim no. 748).

2.Sholat Dhuha sebagai wasiat Rasulullah

Dari Abu Hurairah Ra berkata:

"Kekasihku Rasulullah saw telah berpesan kepadaku supaya berpuasa tiga hari setiap bulan, dan dua rakaat shalat Dhuha, dan shalat witir sebelum tidur."( HR Buhkari dan Muslim)

3. Dua rakaatsholatDhuhasenilai360sedekah
Keutamaan ini banyak dikaitkan dengan lancarnyarezeki, karena setara dengan 360 sedekah.

يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلاَمَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْىٌ عَنِ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنَ الضُّحَى

"Setiap pagi, setiap ruas anggota badan kalian wajib dikeluarkan sedekahnya. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, dan melarang berbuat munkar adalah sedekah. Semua itu dapat diganti dengan shalat Dhuha dua rakaat."(HR Muslim)

(سُلاَمَى)bermakna persendian. Ada juga yang mengatakan bahwa maknanya adalah tulang. Ibnu Daqiq Al ‘Ied mengatakan bahwa (سُلاَمَى) adalah persendian dan anggota badan.

Baca Juga: Musim Penghujan Tiba, Berikut Bacaan Doa Saat Hujan Deras dan Petir Melanda agar Selalu Berada di Lindungan Allah SWT

Dinukil oleh Ibnu Daqiq Al ‘Ied bahwa Al Qadhi ‘Iyadh (seorang ulama besar Syafi’iyyah) berkata, “Pada asalnya kata (سُلاَمَى) bermakna tulang telapak tangan, tulang jari-jari dan tulang kaki. Kemudian kata tersebut digunakan untuk tulang lainnya dan juga persendian”.

Terdapat hadits dalam shohih Muslim bahwa tubuh kita ini memiliki 360 persendian. Di mana Rasulullahshallallahu ‘alaihi wa sallambersabda,

إِنَّهُ خُلِقَ كُلُّ إِنْسَانٍ مِنْ بَنِى آدَمَ عَلَى سِتِّينَ وَثَلاَثِمَائَةِ مَفْصِلٍ

“Sesungguhnya setiap manusia keturunan Adam diciptakan memiliki 360 persendian.” (HR. Muslim no. 2377)

Inilah yang terdapat dalam hadits Rasulullahshallallahu ‘alaihi wa sallam. Para dokter saat ini juga mengatakan seperti yang beliaushallallahu ‘alaihi wa sallamsabdakan. Maka hal ini menunjukkan bahwa risalah Nabishallallahu ‘alaihi wa sallamadalahbenar.

4. Empat RakaatsholatDhuhamembawa kecukupan rezeki

Allah ‘Azza wa Jalla berfirman, "Wahai anak Adam, janganlah engkau luput dari empat rakaat di awal harimu, niscaya Aku cukupkan untukmu di sepanjang hari itu."(HR Ahmad)

5.Shalat Duha2 rakaat sebagai pengganti tasbih, tahmid, dan tahlil

Rasulullah bersabda:

"Setiap pagi ada kewajiban untuk tiap-tiap persendian bersedekah. Tiap-tiap tasbih itu sedekah, tiap-tiap tahlil sedekah, tiap-tiap tahmid sedekah, tiap-tiap takbir sedekah, tiap-tiap menganjurkan kebaikan sedekah, tiap-tiap mencegah yang mungkar sedekah dan cukup menggantikan semua itu dengan dua rakaat shalat Dhuha."(HR Muslim)

Baca Juga: Emosi Tengah Memuncak, Segera Lakukan 4 Amalan Ini untuk Kendalikan Amarah sesuai dengan Ajaran Rasulullah SAW

6.Shalat Duhasebagai penghapus dosa

Hal ini sesuai dengan sabda Raulullah:
"Barang siapa yang mengerjakan sholat Dhuha dan mampu menjaganya setiap waktu, niscaya Allah mengampuni dosa-dosanya. Sekalipun dosa-dosanya itu banyak seperti buih di lautan."(HR Tirmidzi dari Abu Daud Ra)

7. Berpahala senilai pahala Umrah

Mengerjakan shalat Dhuha tentunya akan mendapatkan pahala.

Pahala darisholatDhuhasetara dengan pahala mengerjakan umrah.

Sesuai dengan isi hadist dari Abu Hurairah RA bahwaRasulullahSAWbersabda :"Barangsiapa yang keluar dari rumahnya dalam keadaan bersuci untuk melaksanakan shalat wajib maka pahalanya seperti seorang yang melaksanakan haji. Barangsiapa yang keluar untuk melaksanakan shalat Dhuha maka pahalanya seperti orang yang melaksanakan umrah."(Shahih al-Targhib : 673)Menurut ustaz Abdul Somad dalam Youtube Chanel Teropong 'Waktu terbaik sholat dhuha' adalah sebagai berikut.

"Shuruq jam 6 menunggu waktu hingga setinggi tombak, setinggi tombak menurut ilmu astronomi 12 menit"jelas ustaz Abdul Shomad.

Ia menambahkan waktunya adalah terbentang dari 6:12 (waktu matahari setinggi tombak) hingga 10 menit menjelang adzan dzuhur.

Baca Juga: Kumpulan Doa Harian, Bacalah Doa Sebelum dan Setelah Bangun Tidur Berikut ini Sesuai Anjuran Rasulullah

(*)

Editor : Nabila Nurul Chasanati

Sumber : Tribunstyle.com

Baca Lainnya