Aneka Tips Harian, Tak Perlu Gunakan Pestisida Kimia yang Beracun, Ternyata Beginilah Cara Membasmi Kelabang dari Rumah secara Alami

Sabtu, 10 September 2022 | 13:45
Pixabay.com/Alexas_Fotos

Cara mengusir kelabang dengan bahan alami

GridHype.ID - Bagi beberapa orang kelabang bak hewan menjijikkan yang harus segera dibasmi.

Sama halnya seperti kecoak, kelabang juga cukup sering muncul di dalam rumah.

Kendati dianggap sebagai hewan yang menjijikkan, kelabang sebenarnya miliki manfaat untuk mengusir serangga lain, seperti kecoak, laba-laba bahkan ngengat.

Dilansir Hunker, daripada menggunakan zat kimia, kelabang sebaiknya disingkirkan dengan beberapa cara alami berikut ini.

Berikut beberapa cara membasmi kelabang yang dapat dilakukan dengan mudah di rumah.

1. Hilangkan habitat kelabang

Jika kamu menemukan kelabang bergegas di sekitar rumah, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menghilangkan habitat yang disukainya, yang paling sering lembap, bintik-bintik gelap, seperti ruang bawah tanah dan kamar mandi, serta ruang bawah tanah dan di sekitar pompa.

Memperbaiki masalah drainase yang buruk, memperbaiki pipa yang bocor, dan mengurangi kelembapan di area lembap dapat membantu menyingkirkan kelabang di rumah.

Meskipun ini mungkin termasuk membuat perbaikan struktural sebagai perlindungan, kadang-kadang bisa sesederhana menjalankan dehumidifier untuk mengeringkan area bermasalah.

Membasmi sumber makanan kelabang adalah langkah penting lainnya untuk menyingkirkan kelabang di dalam rumah.

Baca Juga: Aneka Tips Kesehatan, Nikmatnya Ternyata Bisa Mengancam Nyawa, Siapa Sangka Makanan yang Dianggap Sehat Ini Bisa Picu Lonjakan Gula Darah

Kamu dapat dengan cepat mengurangi populasi di dalam rumah dengan membasmi serangga lain, seperti lalat, kecoa, dan gegat, yang menjadi favorit di menu kelabang.

Solusi lain adalah menutup celah dan titik masuk lainnya untuk memastikan kelabang dan makhluk lain tetap berada di luar.

2. Mengusir kelabang dengan bahan alami

Minyak esensial atau essential oil sering disebut-sebut untuk mengusir serangga di dalam rumah, tetapi minyak pohon teh secara khusus adalah pengusir kelabang alami dan sebenarnya beracun bagi mereka.

Encerkan beberapa tetes minyak esensial dengan air dalam botol semprot untuk menyemprotkan ke jendela, pintu, dan alas tiang untuk menghalangi kelabang yang tidak diinginkan.

Kamu juga dapat membuat penghalang alami di sekitar rumah untuk mengusir kelabang dan serangga lainnya.

Tanah diatom dan asam borat keduanya merupakan pestisida alami yang dapat tersebar di sekeliling tempat tinggal, menghambat kelabang untuk menyeberang dan karenanya memasuki ruanganmu.

3. Keberadaan kelabang di taman

Di luar rumah, kelabang harus diterima sebagai teman taman yang bermanfaat.

Dengan kaki yang lebih pendek dan tubuh yang lebih panjang, kelabang yang ditemukan di kebun dapat meningkatkan pertumbuhan dan kesehatan tanaman dengan memakan hama dan serangga taman, seperti belalang, yang diketahui memakan bunga dan tanaman kebun.

Baca Juga: Aneka Tips Harian, Coba Letakkan Bumbu Dapur Ini di Sudut Ruangan, Gak Nyangka Cicak yang Berkeliaran di Rumah Bakal Minggat

(*)

Editor : Ruhil Yumna

Sumber : kompas, Hunker

Baca Lainnya