Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia, Kehidupan Sebagian Masyarakat Inggris Terhenti untuk Belasungkawa Beberapa Hari ke Depan

Jumat, 09 September 2022 | 13:00
Instagram

Ratu Elizabeth II meninggal dunia,

GridHype.ID - Rakyat Inggris kini tengah merasakan duka yang mendalam.

Ratu Elizabeth II meninggal dunia di usia 96 tahun pada Kamis (8/9/2022) waktu setempat.

Pengumuman Ratu Elizabeth meninggal disampaikan Istana Buckingham, sebagaimana diwartakan live update BBC.

Melansir dari Intisari Online, sesaat sebelum sang kepala Kerajaan Inggris meninggal, semua anak Ratu Elizabeth II berkumpul di Kastil Balmoral, Skotlandia, tempat sang ratu diawasi oleh para dokter pada Kamis (8/9/2022).

Tim dokter saat itu menyatakan kekhawatirannya mengenai kesehatan Ratu Inggris tersebut.

Para dokter kerajaan mengumumkan, Ratu Elizabeth II harus tetap berada di bawah pengawasan medis.

Para anggota keluarga Kerajaan Inggris lalu bergegas untuk berada di sisi Ratu Elizabeth II di Kastil Balmoral yang berlokasi di Aberdeenshire.

"Saya tahu kehilangannya akan sangat dirasakan di seluruh negeri, kerajaan, dan Persemakmuran, dan oleh banyak orang di seluruh dunia."

"Selama masa berkabung dan perubahan ini, saya dan keluarga saya akan dihibur dan ditopang oleh pengetahuan kami tentang rasa hormat dan kasih sayang yang mendalam di mana ratu dipegang secara luas."

Dilansir dari KompasTV, setelah berita suram dari Istana Balmoral tentang wafatnya Ratu Inggris, Ratu Elizabeth II meninggal dunia, sebagian besar kehidupan nasional di Inggris akan terhenti sementara di hari-hari mendatang.

Baca Juga: Jadi Cinta Pertama Sampai Temani Ratu Elizabeth Hingga Akhir Hidupnya, Sosok Pangeran Philip 'Disembah Bak Tuhan' oleh Suku Pedalaman Ini

Seperti dilansir BBC, Jumat (9/9/2022), jadwal televisi akan dikosongkan untuk mencerminkan skala momen bersejarah tersebut.

Anggota parlemen Inggris akan memberikan penghormatan kepada Ratu Elizabeth II yang wafat dan akan menyatakan sumpah setia kepada Raja Inggris yang baru, Raja Charles III.

Bendera Inggris Raya akan diturunkan setengah tiang di gedung-gedung resmi, akan ada lonceng gereja yang berdentang dan salut senjata.

Organisasi dan badan amal lokal dan nasional akan mengatur cara mereka sendiri untuk memberi penghormatan, dengan acara peringatan dan buku belasungkawa.

Ini semua akan mengarah ke pemakaman kenegaraan Ratu, yang diperkirakan akan berlangsung dalam dua minggu ke depan.

Nada kehidupan publik mungkin terasa seperti jeda nasional untuk berpikir, dengan orang-orang mempertimbangkan ingatan mereka sendiri tentang pemerintahan panjang Ratu.

Namun tidak berarti semua akan tutup total. Angkutan umum dan pelayanan publik akan terus berjalan.

Sekolah, toko, dan bisnis akan tetap buka, setidaknya sampai hari pemakaman kenegaraan.

Tetapi jika aktivitas bisnis masih berjalan, maka itu bukankah aktivitas bisnis seperti biasa.

Ratu Inggris Elizabeth II hari Kamis (8/9/2022) meninggal dunia di Istana Balmoral, Skotlandia, pada usia 96 tahun, dikelilingi keluarga inti kerajaan Inggris seperti laporan BBC, Jumat (9/9/2022).

Baca Juga: 15 Tahun Mengabdi di Istana Buckingham, Mantan Koki Ini Ungkap Makanan yang Tak Pernah Disentuh Ratu Elizabeth II

Pangeran Charles, 73, pewaris takhta sejak usia tiga tahun, sekarang menjadi raja, dan akan diumumkan secara resmi di Istana St James di London sesegera mungkin.

Dalam sebuah pernyataan, Istana Buckingham mengatakan, “Sang Ratu meninggal dengan tenang di Balmoral sore ini. Raja dan Permaisuri akan tetap berada di Balmoral malam ini dan akan kembali ke London besok.”

Bendera di gedung-gedung terkenal di Inggris diturunkan saat periode berkabung resmi diumumkan.

Sebagai Ratu Inggris dan 14 kerajaan lainnya, dan kepala Persemakmuran 54 negara, Elizabeth II dengan mudah menjadi kepala negara yang paling dikenal di dunia selama masa pemerintahan yang luar biasa panjang.

Dengan mangkatnya Ratu Elizabeth II, putra sulungnya Charles, mantan Pangeran Wales, akan memimpin negara berkabung sebagai Raja baru dan kepala negara untuk 14 wilayah Persemakmuran.

Baca Juga: Ratu Elizabeth II Ogah Injakkan Kakinya di 5 Negara Ini, Salah Satunya Argentina

(*)

Editor : Nabila Nurul Chasanati

Sumber : Intisari Online, KompasTV

Baca Lainnya