Kumpulan Doa Harian, Inilah Bacaan Doa Hari Jumat yang Bisa Diamalkan sebagai Wujud Syukur dan Permohonan Atas Hari Baik

Jumat, 09 September 2022 | 05:00
pinterest

Berdoa

Gridhype.id-Kumpulan Doa Harian.Inilah bacaan doa hari Jumat yang bisa diamalkan untuk mendapat keberkahan berlimpah dari Allah SWT.

Berdoa menjadi salah satu upaya terbaik memohon kepada Allah, salah satunya dapat diamalkan melaluidoa hari Jumat.

Doa hari Jumatini telah dianjarkan oleh Rasulullah SAW untuk dibaca oleh umat muslim.

Hari Jumat dianggap sebaga hari baik yang penuh berkah, tidak ada salahnya jika kita membiasakan diri membaca doa di hari tersebut.

Bahkan, hari Jumat adalah hari raya bagi umat Islam dan dikenal sebagai waktu yang mustajab untuk berdoa.

“Sesungguhnya pada hari Jumat itu ada satu saat, tidak ada seseorang yang memohon sesuatu kepada Allah pada saat itu melainkan Allah pasti akan memberi kepadanya.” (HR. Ibnu Majah dan At-Tirmidzi).

Lantas, bagaimana bacaan doa yang bisa diamalkan di hari Jumat?

Dilansir dariBanjarmasinpost.com,berikut adalah bacaan doa tersebut:

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الحَيُّ القَيُّومُ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ

Latin:

Astaghfirullāhalladzī lā ilāha illā huwal hayyul qayyūmu, wa atūbu ilaihi.

Artinya:

Baca Juga: Kumpulan Doa Harian, Rajinlah Baca Doa Ini Jika Sedang Dirundung Duka, Semoga Segera Diberi Ketenangan Hati dan Diangkat Segala Kesulitan

“Aku memohon ampun kepada Allah, Zat yang tiada tuhan selain Dia yang maha hidup, lagi maha tegak. Aku bertobat kepada-Nya.”

Doa tersebut dikutip dari Kitab Al-Azkar karya Imam An-Nawani.

Adapun doa tersebut dianjurkan untuk dibaca sebanyak tiga kali.

Selain doa tersebut, berikut beberapa amalan yang bisa dilakukan di hari Jumat:

Surat Al Kahfi

عَنْ أَبِى سَعِيدٍ الْخُدْرِىِّ أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ : مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

Dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallahu anhu, bahwa Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda:

“Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka Allah akan menyinarinya dengan cahaya di antara dua Jum’at.”(HR Hakim dalam Al-Mustadrok).

Selawat Nabi

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jum’at, maka perbanyaklah shalawat kepadaku di dalamnya, karena shalawat kalian akan disampaikan kepadaku”.

Para sahabat berkata, “Bagaimana ditunjukkan kepadamu sedangkan engkau telah menjadi tanah?”

Nabi bersabda,“Sesungguhnya Allah mengharamkan bumi untuk memakan jasad para Nabi” (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, An Nasa-i).

Baca Juga: Kumpulan Doa Harian, Inilah Bacaan Doa Hari Kamis yang Bisa Diamalkan untuk Menjalani Hari Baik dengan Penuh Rasa Syukur

Perbanyak Sedekah

"Sesungguhnya tiap-tiap tasbih adalah sedekah, tiap-tiap tahmid adalah sedekah, tiap-tiap tahlil adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, melarang daripada kemungkaran adalah sedekah, dan berhubungan badan dengan istri adalah sedekah." (HR Muslim).

Artikel ini telah tayang diBanjarmasinpost.comdengan judulDoa Rasulullah SAW Setiap Hari Jumat Bhasa Arab dan Latin, Simak Amalan Sunnah yang Dianjurkan(6/5/2022).

Baca Juga: Kumpulan Doa Harian, Bacalah Doa Penyesalan Nabi Adam ini Agar Dijauhkan dari Siksa Api Neraka

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Banjarmasinpost

Baca Lainnya