Kumpulan Doa Harian, Bacalah Doa Penyesalan Nabi Adam ini Agar Dijauhkan dari Siksa Api Neraka

Rabu, 07 September 2022 | 18:00
Freepik

Ilustrasi berdoa

GridHype.ID - Bacalah Kumpulan Doa Harian ini agar dijauhkan dari hal-hal buruk.

Kumpulan doa harian yang dilafalkan untuk melindungi diri dari api neraka.

Berikut bacaan kumpulan doa harian yang merupakan doa penyesalan Nabi Adam.

Doa ini merupakan cara kita terhindar atau sebagai benteng agar dijauhkan dari siksa neraka.

Lafalkankan bacaan doa penyesalan atau bacaan istighfar Nabi Adam.

Doa ini tercantum dalam Al Quran surat Al A'raf ayat 23.

Berdasarkan buku Kumpulan Do'a Sehari-hari terbitan Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama Republik Indonesia tahun 2013, inilah bacaan doa mohon perlindungan dari api neraka.

Bacaan Doa Penyesalan atau Istigfar Nabi Adam:

رَبَّنَا ظَلَمْنَآ اَنْفُسَنَا وَاِنْ لَّمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ الْخٰسِرِيْنَ

rabbanā ẓalamnā anfusanā wa illam tagfir lanā wa tarḥamnā lanakūnanna minal-khāsirīn(a).

"Ya Tuhan, kami telah menganiaya dm kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami serta memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orangorang yang merugi." (QS. Al-A'râf 23).

Baca Juga: Kumpulan Doa Harian, Bacalah Doa Meluluhkan Hati Seseorang yang Diam-diam Kita Cintai ini, Lafalkan Tiap Hari

Keutamaan berdzikir

1. “Barang siapa yang shalat shubuh berjamaah kemudian duduk berdzikir hingga matahari terbit kemudian shalat dua rakaat maka baginya pahala seperti pahala haji dan umrah sempurna, sempurna.” (HR Imam Tirmizi)

2. “Barang siapa yang salat fajar kemudian berdzikir hingga terbit matahari maka api neraka tidak akan menyentuh kulit orang tersebut selamanya.” (HR. Baihaqi)

Susunan bacaan dzikir

Dilansir dari Kompas.tv, berikut susunan bacaan dzikir dikutip dari e-book berjudul Doa dan Dzikir yang ditulis Syeikh Abdulaziz bin Baz.

1. Membaca istighfar sebanyak 3 kali

Astaghfirullaahal ‘adziim alladzii laaailaaha illaa huwal hayyul qoyyuum wa atuubu ilaih.

Artinya: "Aku memohon ampun kepada Allah yang maha agung , tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah , dzat yang maha hidup kekal abadi dan terus menerus mengurus makhluknya tiada henti. Dan aku bertaubat kepada-Nya."

2. Membaca dzikir kalimat tauhid

Laaailaaha illallaah wahdahu laa syariikalah lahul mulku walahul hamdu yuhyii wayumiitu wahuwa ‘alaa kulli syain qodiir.

Artinya: "Tiada Tuhan yang haq disembah kecuali Allah semata, tiada sekutu baginya. Hanya milikinya segala kerajaan dan hanya milikinya segala puji, baik yang hidup atau mati, Dialah Dzat yang kuasa atas segala sesuatu".

Baca Juga: Kumpulan Doa Harian, Bacalah Doa ini jika Dihadapkan dengan Kebingungan Agar Allah SWT Beri Putunjuk

3. Membaca doa selamat

Allaahumma antas salaam waminkas salaam wa ilaika ya’uudus salaam fahayyinaa robbanaa bis salaam wa adkhilnal jannata daaros salaam tabaarokta robbanaa wa ta’aalaita yaa dzal jalaali wal ikroom.

Artinya: "Ya Allah, engkaulah Dzat yang memberi keselamatan (kesejahteraan), hanya darimu lah keselamatan (kesejahteraan) dan kepadamua lah segala keselamatan (kesejahteraan) itu kembali. Maka hidupkanlah kami Ya Allah dengan selamat (sejahtera), masukkan kami ke dalam surga rumah keselamatan (kesejahteraan), Engkaulah Dzat yang berkah wahai Tuhan kami dan maha luhur Engkau, Ya Tuhan kami yang Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan".

4. Membaca ayat kursi

Bacaan Ayat Kursi (Al Baqarah ayat 255)

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

"Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar“

5. Membaca surah Al-Fatihah

6. Membaca Tasbih, Tahmid, dan Takbir 33 kali

Baca Juga: Kumpulan Doa Harian, Bacalah Doa ini Agar Terhindar dari Godaan Setan untuk Berbuat Hal-hal Maksiat

(*)

Editor : Nabila Nurul Chasanati

Sumber : Suar.grid.id, Tribunstyle.com

Baca Lainnya