Ancam Brigadir J sampai Nekat Bawa Pisau, Ternyata Ini Alasan Kuat Ma'ruf Marah

Rabu, 31 Agustus 2022 | 14:30
tribunnews.com

Kuat Maruf, ART Ferdy Sambo yang terseret kasus tewasnya Brigadir J

GridHype.ID -Baru saja rekonstruksikasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J telah digelar.

Tim khusus (Timsus) Polri menggelar rekonstruksi kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J di dua rumah Irjen Ferdy Sambo di Kawasan Duren Tiga, Jakarta, Selasa (30/8/2022).

Dalam rekonstruksi tersebut, adegan yang diperlihatkan Kuat Ma'ruf juga menjadi sorotan.

Hal ini lantaran Kuat Ma'ruf tampak marah pada Brigadir J.

Seperti dikutip dari Kompas.com, ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Ahmad Taufan Damanik mengungkapkan bahwa asisten rumah tangga Irjen Ferdy Sambo, Kuat Ma'ruf, marah pada Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat.

Kemarahan itu terjadi lantaran Brigadir J dianggap melakukan pelecehan seksual terhadap istri Ferdy Sambo, Putri Chandrawathi, di Magelang.

"Kalau dilihat konstruksi itu tadi secara langsung, Kuat sampai mengancam membawa pisau itu kan, marah dia kan. Itu dibenarkan, ketika dia (Kuat) merekonstruksikan itu, dibenarkan oleh saksi yang lain," ujar Taufan dalam program GASPOL Kompas.com, Selasa (30/8/2022).

Dalam rekonstruksi juga diperlihatkan bahwa Kuat Ma'ruf berada di sebuah kamar bersama Putri Chandrawathi.

Menurut Taufan, Kuat menemui istri Ferdy Sambo untuk diperintahkan menginformasikan peristiwa tersebut kepada suaminya.

"Dalam pengakuan yang mereka berikan setelah almarhum (Brigadir J) ini turun, Kuat itu menemui ibu PC (Putri Chandrawathi) tadi, nanya apa yang terjadi," ungkap Taufan.

"Kemudian, dia diperintahkan melakukan sesuatu termasuk menemui suaminya. Kemudian, memanggil lagi almarhum Yosua itu untuk naik ke atas," ucapnya.

Baca Juga: 'Tidak Sesuai Fakta yang Logis', Banyak Kejanggalan dalam Rekonstruksi Kasus Pembunuhan Brigadir J, Sosok Ini Singgung Nasib Ferdy Sambo di Persidangan

Tim khusus (Timsus) Polri telah selesai menggelar rekonstruksi kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J di dua rumah Irjen Ferdy Sambo di Kawasan Duren Tiga, Jakarta, Selasa (30/8/2022).

Proses rekonstruksi di rumah pribadi Sambo di Jalan Saguling maupun rumah dinas mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri di Kompleks Polri itu berlangsung sekitar 7,5 jam sejak sekitar 10.00 WIB pagi.

Total ada 78 adegan yang diperagakan saat rekonstruksi meliputi kejadian yang terjadi di rumah Sambo yang ada di Magelang.

Pelaksanaan rekonstruksi kejadian di Magelang digelar di aula rumah pribadi Sambo, Jalan Saguling, Duren Tiga, dengan memperagakan 16 adegan.

Saat memeragakan adegan di Magelang, ada 4 tersangka yakni Putri Candrawathi, Bharada E atau Richard Eliezer, Bripka RR atau Ricky Rizal, dan Kuat Ma'ruf.

Sedangkan tersangka Ferdy Sambo tidak ada di kejadian lokasi saat di Magelang.

TKP kedua digelar di rumah pribadi dilakukan dengan 35 adegan.

Kemudian dilanjutkan ke TKP terakhir di rumah dinas yang juga berada di Duren Tiga dengan 27 adegan yang diperankan semua para tersangka dan juga saksi terkait peristiwa tersebut.

Dalam rekonstruksi tersebut juga dihadirkan pihak eksternal seperti pengacara para tersangka, Komnas HAM, Kompolnas dan LPSK.

Sementara mengutip dari TribunPalu.com, beberapa fakta baru ini terkuak setelah dilakukan rekonstruksi dan beberapa pengakuan.

Salah satunya dari Bharada E yang menyebut bahwa ada isu perselingkuhan Kuat Ma'ruf, sopir Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi.

Baca Juga: Adegan Putri Candrawathi Saat Rekonstruksi Pembunuhan Brigadir J Disorot, Terekam Koleksi Tas Mewah Istri Ferdy Sambo, Harganya Tak Main-main

Pengakuan yang baru diungkap Deolipa Yumara yang mengaku mendapatkan informasi dari Bharada Richard Eliezer atau Bharada E.

Tersangka kasus pembunuhan Brigadir J itu mencurigai hubungan terlarang yang terjadi antara istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi dengan Kuwat Ma'ruf, sopirnya sekaligus asisten rumah tangga.

Kecurigaan Bharada E itu diungkapkannya kepada Deolipa Yumara, saat Deolipa masih menjadi kuasa hukum Bharada E.

Kecurigaan Bharada E adanya hubungan Putri Candrawathi dan Kuwat buka tanpa dasar.

"Jadi Bharada E atau Eliezer ini kan bilang, dan dia sudah merasakan. Eliezer ngomong 'Saya curiga bang, itu si Kuwat ada main sama Putri'. Oh pantes, jawab saya," kata Deolipa di tayangan TV One, Senin (29/8/2022) malam.

Jadi kata Deolipa, dugaan kuat motif pembunuhan terhadap Brigadir J adalah karena Kuwat dan Putri ingin menyembunyikan hubungan terlarang mereka selama ini, yang diketahui Brigadir J saat di Magelang.

"Jangan sampai nantinya, motif pembunuhan ini karena Yosua melecehkan Putri di Magelang, gak ada itu bohong kalau itu.

Yang ada adalah saat di Magelang itu. Kuwat dan Putri lagi making love, lalu ketahuan Yosua.

Makanya Yosua yang dikejar dan dincar," kata Deolipa.

Baca Juga: Sosok Polwan Ini Tampak Menangis di Sidang Kode Etik Ferdy Sambo, Netizen Dibuat Penasaran dengan Identitas Aslinya

(*)

Editor : Helna Estalansa

Sumber : Kompas.com, TribunPalu.com

Baca Lainnya