Kumpulan Doa Harian, Bacalah Doa ini Ketika Hadapi Ujian Hidup Berat dan Banyak Masalah Agar Hati Lebih Tenang

Jumat, 19 Agustus 2022 | 12:45
Freepik

Illustrasi seorang laki-laki yang sedang berdoa

GridHype.ID - Kumpulan Doa Harian. Berdoalah demi mendapatkan ketenangan berpikir.

Masalah yang bertubi-tubi datang terkadang membuat pikiran menjadi kacau.

Menyebabkan hati menjadi gundah dan tidak tenang.

Apalagi jika mendapati permasalahan dan ujian hidup yang berat.

Simak doa yang dibaca Nabi Muhammad agar masalah hidup bisa lebih mudah terselesaikan.

Hati dan pikiran bisa menjadi tidak tenang kalau sedang banyak masalah.

Sebagai umat muslim kita dianjurkan membaca bacaan doa untuk segala situasi dan kondisi.

Salah satunya adalah membaca bacaan doa ketika sedang banyak pikiran dan masalah agar mendapatkan ketenangan dari Allah SWT.

Ustaz Adi Hidayat melalui kanal Afterlife Fighters menjelaskan, saat memiliki permasalahan maka diminta untuk memohon pertolongan kepada Allah SWT.

Beliau mengatakan dilarang mengeluh saat terdapat suatu permasalahan.

"Ingat kalau ada masalah jangan mengeluh, karena tidak ada perkataan Al Quran yang memerintahkan untuk mengeluh saat diturunkan masalah," kata Ustaz Adi Hidayat.

Menurut Al Quran, saat sedang dilanda permasalahan lebih baik bersabar, karena Allah SWT tidak akan menguji hambanNya di luar kemampuannya.

Baca Juga: Kumpulan Doa Harian, Berdoalah yang Dianjurkan Dibaca Ketika Melakukan Ziarah Kubur, Lengkap Bacaan Arab dan Artinya!

"Kata Quran kalau Anda sedang punya masalah, sabar. Terima dulu, karena Allah SWT tidak akan mungkin menitipkan ujian kecuali kita dapat menjalaninya," sambungnya.

Melansir dari Tribun Palu, apabila hati Anda sedang gelisah karena mempunyai banyak beban, masalah dan pikiran, Anda bisa membaca doa berikut.

Doa Saat Banyak Pikiran dan Masalah

Bacaan Arab:

اللَّهُمَّ إِنِّي عَبْدُكَ وَابْنُ عَبْدِكَ وَابْنُ أَمَتِكَ نَاصِيَتِي بِيَدِكَ مَاضٍ فِيَّ حُكْمُكَ عَدْلٌ فِيَّ قَضَائُكَ، أَسْأَلُكَ بِكُلِّ اسْمٍ هُوَ لَكَ سَمَّيْتَ بِهِ نَفْسَكَ أَوْ أَنْزَلْتَهُ فِي كِتَابِكَ أَوْ عَلَّمْتَهُ أَحَدًا مِنْ خَلْقِكَ أَوْ اسْتَأْثَرْتَ بِهِ فِي عِلْمِ الغَيْبِ عِنْدَكَ أَنْ تَجْعَلَ القُرْآنَ رَبِيْعَ قَلْبِي وَنُوْرَ صَدْرِي وَجِلَاءَ غَمِّي وَذَهَابَ حُزْنِي وَهَمِّي

Bacaan latin:

Allāhumma innī ‘abduka, wabnu ‘abdika, wabnu amatika. Nāshiyatī bi yadika mādhin fiyya hukmuka, ‘adlun fiyya qadhā’uka. As’aluka bi kulli ismin huwa laka sammayta bihī nafsaka, wa anzaltahū fī kitābika, aw ‘allamtahū ahadan min khalqika, awista’tsarta bihī fī ilmil ghaybi ‘indaka, an taj’alal qur’āna rabī‘a qalbī, wa nūra shadrī, wa jilā’a ghammī, wa dzahāba huznī wa hammī.

Terjemahan:

“Ya Allah, sungguh aku hamba-Mu, putra hamba-Mu (laki-laki), putra hamba-Mu (perempuan). Nasibku di tangan-Mu, berlaku padaku ketentuan-Mu, adil padaku putusan-Mu. Aku memohon kepada-Mu dengan segala nama-Mu yang Kau sebut untuk diri-Mu, (nama) yang Kau turunkan dalam kitab-Mu, (nama) yang Kau ajarkan pada segelintir hamba-Mu, atau (nama) yang hanya Kau sendiri yang mengetahuinya dalam pengetahuan ghaib agar Kau menjadikan Al-Qur’an sebagai musim semi (di) hatiku, cahaya batinku, pelenyap kebingunganku, dan penghilang kesedihan serta kebimbanganku.”

Sebagai tambahan informasi seperti yang dikutip dari Tribun Jateng, Rasulullah telah mengajari kita doa agar hati dan pikiran selalu diberi ketenangan.

Baca Juga: Kumpulan Doa, Berdoalan Agar Terbebas dari Utang, Bahaya Bagi Orang yang Enggan Lunasi Utang Sulit Masuk Surga

DOA AGAR HATI DAN PIKIRAN TENANG

Berikut ini bacaan penenang hati dan pikiran:

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ، وَتَقْنَعُ بِعَطَائِكَ

Allahumma inni as-aluka nafsan bika muthma-innah, tu’minu biliqo-ika wa tardho bi qodho-ika wataqna’u bi ’atho-ika.

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepada-Mu, yang yakin akan bertemu dengan-Mu, yang ridho dengan ketetapan-Mu, dan yang merasa cukup dengan pemberian-Mu.”

Doa ini diriwayatkan Imam Thabrani dari Abu Umamah, dia berkata;

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ قَالَ لِرَجُلٍ قُلِ اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً ، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ , وَتَقْنَعُ بِعَطَائِكَ

Artinya: “Sesungguhnya Nabi SAW. berkata (mengajari) seseorang. Katakanlah, ‘Allahumma inni as-aluka nafsan bika muthma-innah, tu’minu biliqo-ika wa tardho bi qodho-ika wataqna’u bi ’atho-ika.’”

Apabila hati dan pikiran Anda dalam kegelisahan sehingga merasa tidak tenteram dan tenang, bacalah doa ini supaya kegelisahan tersebut hilang.

Artikel ini telah tayang di Gridpop dengan judulSedang Banyak Pikiran dan Masalah? Ini Bacaan Doa untuk Meminta Ketenangan Jiwa kepada Allah SWT, InsyaAllah Manjur

(*)

Editor : Nabila Nurul Chasanati

Sumber : GridPop.ID

Baca Lainnya