Kumpulan Doa, Bacaan Shalawat Nabi ini Bisa Jadi Kunci Kesehatan dan Buka Pintu Rezeki

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 07:30
pixabay

Ilustrasi shalawat

GridHype.ID - Umat Islam kerap membaca shalawat atas Nabi Muhammad SAW.

Banyak keutamaan yang didapat dengan membaca shalawat.

Salah satu yang selalu diingatkan adalah soal pemuka pintu rezeki.

Nabi Muhammad adalah Rasulullah yang mendapat gelar Kekasih Allah.

Beliau adalah pangkal dan akhir para nabi seluruhnya. Suri tauladan semesta alam, khususnya Umat Islam.

Lantas bagaimana cara kita mencintai Rasulullah Muhammad. Terutama kita yang tidak pernah bertemu langsung sosok Kekasih Allah ini.

Salah satunya adalah rutin membaca shalawat kepada Nabi Muhammad. Karena termasuk satu di antara amalan sunnah.

Allah dan para malaikat bahkan senantiasa bershalawat kepada Nabi Muhammad. Sehingga pun, kita dianjurkan untuk memperbanyak membaca shalawat agar mendapat syafaat penolong kita kelak di alam akhirat.

Allah SWT berfirman dalam Al Quran :

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰٓئِكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ ۗ يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

Innalloha wa malaaa-ikatahuu yusholluuna 'alan-nabiyy, yaaa ayyuhallaziina aamanuu sholluu 'alaihi wa sallimuu tasliimaa

Allah SWT berfirman dalam Al Quran :

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰٓئِكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ ۗ يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

Innalloha wa malaaa-ikatahuu yusholluuna 'alan-nabiyy, yaaa ayyuhallaziina aamanuu sholluu 'alaihi wa sallimuu tasliimaa

Artinya : Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.(QS. Al-Ahzab 33: Ayat 56)

Baca Juga: Hati Resah dan Gelisah, Berikut Doa Taubat Mohon Ampunan pada Allah SWT yang Dianjurkan oleh Nabi Adam AS

Dalam Surah An Nisa ayat 86 disebutkan bahwa shalawat Nabi adalah sebentuk penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW.

وَاِذَا حُيِّيْتُمْ بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوْا بِاَحْسَنَ مِنْهَآ اَوْ رُدُّوْهَا ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ حَسِيْبًا

Artinya : Dan apabila kamu dihormati dengan suatu (salam) penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik, atau balaslah (penghormatan itu, yang sepadan) dengannya. Sungguh, Allah memperhitungkan segala sesuatu. (QS. An Nisa: 86).

Dari tinjauan hadist Nabi Muhammad menganjurkan tentang shalawat.

Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah bersabda:

Janganlah kalian menjadikan rumah-rumah kalian kuburan dan janganlah kalian menjadikan kuburanku sebagai tempat perayaan, bersholawatlah kepadaku karena sesungguhnya ucapan sholawat kalian akan sampai kepadaku di mana pun kalian berada. (HR. Abu Daud)

Dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu, bahwa Rasulullah bersabda : Barangsiapa yang bershalawat kepadaku satu kali, maka Allah akan bershalawat kepadanya sebanyak sepuluh kali, serta menghapus sepuluh kejelekannya.

Dari Hadis Riwayat Nasa'i, Rasulullah bersabda : Barang siapa yang bershalawat kepadaku satu Shalawat, maka Allah akan menurunkan rahmat kepadanya dan menghapus kesalahannya.

Macam-macam Bacaan Shalawat Nabi.

1. Sholawat ringkas kepada Nabi Muhammad keluarganya, dan sahabatnya

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Allahumma sholli ala Sayyidina Muhammad wa ala Ali Sayyidina Muhammad.

Artinya : Ya Allah semoga rahmat senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad dan juga kepada Keluarga Nabi Muhammad.

Baca Juga: Miliki Banyak Keutamaan, Biasakan Rutin untuk Membaca Bacaan Munjiyat, Salah Satunya Diangkat Derajatnya

2. Shalawat Fatih

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ وَالنَّاصِرِ الحَقِّ بِالحَقِّ وَالهَادِي اِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيْمٍصَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ

Allahumma sholli ala sayyidina muhammaddinil fatihi lima ughliqo wal khotimi lima sabaqo, nashiril haqqi bil haqqi wal hadi ila shirotikal mustaqim wa ala alihi haqqo qodrihi wa miq darihil adzim.

Artinya: Ya Allah limpahkanlah rahmat dan keselamatan serta berkah kepada nabi Muhammad SAW, sebagai pemuka sesuatu yang terkunci, dan penutup sesuatu (para nabi) yang terdahulu, dialah penolong yang benar dengan membawa kebenaran serta petunjuk menuju jalan-Mu yang lurus. Semoga Allah melimpahkan rahmat-Nya kepada keluarga dan para sahabatnya dengan sebenar-benarnya dengan pangkat dan kedudukan yang agung.

3. Shalawat Nariyah

أللّهُمَّ صَلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَامًّا عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ الّذِي تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

Allaahumma sholli sholaatan kaamilatan wasallim salaamaan taamman alaa sayyidinaa muhammadinil ladzii tanhallu bihiluqodu watanfariju bihilkurobu watuqdhoo bihilhawaaiju watunaalu bihir roghooibu wahusnul khowaatimi wayustasqaal ghomaamu biwajhihilkariimi waalaa aalihii washohbihii fii kulli lamhatin wanafasin biadadi kulli maluumin laka.

Artinya : Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau.

4. Shalawat Matsurah

أللّٰـهُمَّ صَلِّ عَلٰى مُحّمَّدٍ نِالنَّـبِىِ اْلأُمِّىِّ وَعَلٰى اٰلِهِ وَسَلِّمْ

Allaahumma sholli alaa muhammadin nabiyyil ummiyyi wa alaa aalihi wasallim.

Artinya : Ya Allah, limpahkanlah sholawat kepada Nabi Muhammad yang tiada dapat membaca dan menulis (Ummiyyi) dan semoga keselamatan tercurah kepada segenap keluarganya.

5. Shalawat Mukafaah

اَللّٰــهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَــيِّــدِنَا مُحَـــمَّدٍ وَعَلٰى أٰلِهِ سَــيِّـدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً دَائِمَةً مَقْــبُوْلَةً تُــؤَدِّىْ بِــهَا عَــنَّا حَقَّهُ الْعَظِـيْمِ

Allohumma sholli ala sayidina muhammadin wa ala alihi sayidina muhammad, sholatan maqbulatan tu addii bihaa anna haqqohul adzim.

Artinya : Ya Allah, limpahkanlah rahmat, salam dan berkah kepada junjungan kita Muhammad SAW yang ummi (tidak bisa baca tulis) yang menjadi kekasih Allah SWT, yang luhur pangkatnya dan yang agung kemuliaannya, dan limpahkanlah pula atas keluarganya dan para sahabatnya.

Baca Juga: Malas untuk Bangun Beribadah? Coba Amalkan Doa Berikut agar Allah Mempermudah Jalan dan Membuat Kita Bersemangat

6. Shalawat Ibrahimiyah (Bacaan Sholat)

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كما صَلَّيْتَ عَلَى إبْرَاهِيمَ وعلى آلِ إبْراهِيمَ، وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كما بَاركْتَ عَلَى إبْرَاهِيمَ وَعَلَى آل إبراهيم في العالَمِينَ إنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Allahumma shalli alaa sayyidinaa muhammad waalaa aali sayyidinaa muhammadin kamaa shallaita alaa sayyidinaa ibraahiima waalaa aali sayyidinaa ibrahiia wabaarik alaa aali sayyidinaa muhammadin kamaa baarakta alaa sayyidinaa alaa sayyidinaa ibraahima wa alaa aali sayyidina ibraahima, fil aalamiina innaka hamiidun majiidun.

Artinya : Ya Allah, berilah kasih saying kepada junjungan kita nabi Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau memberi kasih sayangmMu kepada junjungan kita Nabi Ibrahim dan keluarganya. Dan berkatilah kepada junjungan kita nabi Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau memberkati junjungan kita nabi Ibrahim dan kelurganya diantara makhluk makhlukmu, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Mulia.

7. Shalawat Nur Al-Anwar

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى نُوْرِ اْلأَنْوَارِ وَسِرِّ الأَسْرَارِ وَتِرْيَاقِ اْلاَغْيَارِ وَمِفتَاحِ بَابِ الْيَسَارِ سَيِّدِنَا وَمَوْلاَنَا مُحَمَّدٍ نِالْمُخْتَارِ وَآلِهِ اْلأَطْهَارِ وَاَصْحَابِهِ اْلاَخْيَارِ عَدَدَ نِعَمِ اللهِ وَاِفضَالِهِ

Allahumma Shalli Alaa Nuuril Anwaari Wasirril Asraari, Watiryaaqil Aghyaari Wamiftaahi Baabil Yasaari, Sayyidinaa Wamaulaana Muhammadinil Muhtaari Wa Aalihil Ath Haari Wa Ash Haabihil Ahyaari Adada Niamillaahi Wa Ifdhaalih.

Artinya : Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada cahaya dari segala cahaya, belakang layar dari segenap rahasia, penawar sedih dan kebingungan, pembuka pintu kemudahan, yakni junjungan kami, Nabi Muhammad saw. yang terpilih, keluarganya yang suci, dan para sahabatnya yang mulia sebanyak hitungan nikmat Yang Mahakuasa dan karunia-Nya

Rasulullah bersabda : Yang paling dekat denganku di hari kiamat adalah yang paling banyak bershalawat kepadaku. (HR Tirmidzi).

Manfaat membaca shalawat Nabi sangatlah banyak, beberapa di antaranya ialah:

1. Sholawat menjadi bukti cinta dan hormat kepada Nabi Muhammad SAW serta kepada Allah SWT.

2. Menghilangkan kesusahan dan kesedihan

3. Memberikan kemudahan dalam melunasi utang

4. Menyembuhkan penyakit

5. Menjamin ampunan dosa

6. Hati terasa lebih tentram dan tenang

7. Dibaca 10 kali bershalawat menghadirkan 10 rahmat, kebaikan, kemudahan, derajat.

8. Mendapatkan syafaat Rasulullah pada hari kiamat.

9. Doa dan harapan semakin mudah terkabul.

10. Cara berkomunikasi ketika rindu pada Rasulullah.

11. Membawa sholawat 1.000 kali, maka tidak akan meninggal dunia sampai diberikan kabar gembira masuk surga.

12. Membaca sholawat 1.000 seribu tidak akan tersentuh oleh api neraka.

13. Membaca Sholawat juga terhitung sebagai amalan soleh, terhitung sebagai zakat di hadapan Allah SWT.

14. Sholawat menjadi sedekah bagi mereka yang tidak mampu.

15. Sholawat bisa memberikan kebaikan lingkungan, dan keseimbangan alam semesta secara spiritual.

16. Orang yang gemar membaca sholawat mendapatkan salam dan cinta dari Rasullullah.

17. Menjauhkan seseorang dari sifat kasar dan keras kepala.

18. Membuka pintu rezeki.

Baca Juga: Lengkap dengan Tulisan Arab, Latin dan Artinya, Inilah Doa Masuk dan Keluar Masjid yang Wajib Kamu Ketahui

Artikel ini telah tayang di Tribun-Medan.com dengan judul Amalan Pembuka Pintu Rezeki Melimpah, Baca Sholawat Nabi Ini, Termasuk Kunci Kesehatan

(*)

Editor : Nabila Nurul Chasanati

Sumber : Tribun Medan

Baca Lainnya