Miliki Banyak Keutamaan, Biasakan Rutin untuk Membaca Bacaan Munjiyat, Salah Satunya Diangkat Derajatnya

Selasa, 22 Februari 2022 | 06:45
Pexels.com/Ahmed Aqtai

Keutamaan sholawat

GridHype.ID - Nabi Muhammad adalah suri tauladan bagi seluruh umat Islam.

Perjalanan hidupnya penuh akan berbagai teladan yang bisa kita ikuti.

Berikut lima keutamaan sholawat beserta bacaan sholawat munjiyat arab, latin dan artinya.

Salah satu cara selalu mengingat dan meneladani Rasulullah SAW adalah dengan ber-sholawat.

Tujuan melantunkan sholawat adalah mendoakan kesejahteraan dan keselamatan serta berkah bagi Nabi Muhammad SAW,

keluarga, anak, cucu, hingga seluruh keturunannya agar dilimpahi rezeki yang tak terhingga.

Bersholawat kepada nabi memiliki keutamaan, berikut lima keutamaan bersholawat:

1. Diangkat derajatnya

“Barang siapa di antara umatmu yang bershalawat kepadamu sekali, maka Allah menuliskan baginya sepuluh kebaikan, menghapuskan dari dirinya sepuluh keburukan, meninggikannya sebanyak sepuluh derajat, dan mengembalikan kepadanya sepuluh derajat pula’.” (HR Ahmad).

Baca Juga: Bermodal Baca Rutin Sholawat Ini, Pintu Rezekimu akan Terbuka Lebar dan Hati Lebih Tenang

2. Dikabulkan doanya

Rasulullah SAW bersabda, “Apabila salah seorang di antara kamu membaca shalawat, hendaklah dimulai dengan mengagungkan Allah Azza wa Jalla dan memuji-Nya.

Setelah itu, bacalah shalawat kepada Nabi. Dan setelah itu, barulah berdoa dengan doa yang dikehendaki.” (HR Ahmad, Abu Dawud, dan Tirmidzi).

3. Dijanjikan pahala berlipat

Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali.” (HR Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, dan Nasa’i).

4. Mendapatkan syafaat Nabi

Dari Abdullah bin Umar, dia mendegar Rasulllah SAW bersabda, “Jika kalian mendengar azan, maka ucapkanlah seperti yang diucapkan muadzin, kemudian bershalawatlah kepadaku.

Sesungguhnya orang yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali.

Lalu, mintalah kepada Allah wasilah untukku karena wasilah adalah sebuah tempat di surga yang tidak akan dikaruniakan, melainkan kepada salah satu hamba Allah.

Dan, aku berharap bahwa akulah hamba tersebut. Barang siapa memohon untukku wasilah, maka ia akan meraih syafaat.” (HR Muslim),

Baca Juga: Mampu Angkat Derajat dan Dijauhkan Segala Penyakit, Berikut Bacaan Sholawat Nariyah Lengkap dengan Tulisan Arab dan Terjemahan

5. Dikumpulkan di Surga Bersama Nabi

Kelima, dikumpulkan di surga bersama Nabi. Rasulullah SAW bersabda,

“Manusia yang paling berhak bersamaku pada hari kiamat ialah yang paling banyak membaca shalawat kepadaku.” (HR Tirmidzi).

Berikut bacaan Sholawat Munjiyat

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلاَةٌ تُنْجِيْنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ الْاَهْوَالِ وَالْاٰفَاتِ وَتَقْضِيْ لَنَابِهَاجَمِيعَ الْحَاجَاتِ وَتُطَهِّرُنَابِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَيِّئَاتِ وَتَرْفَعُنَابِهَا عِنْدَكَ اَعْلَى الدَّرَجَاتِ وَتُبَلِّغُنَابِهَا اَقْصَى الْغَايَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِى الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَمَاتِ

Allahumma sholli 'alaa sayyidinaa Muhammadin sholaatan tunjiinaa bihaa min jamii'il-ahwaali wal-aafaati wa taqdhii lanaa bihaa jamii'al-haajaati wa tuthahirunaa bihaa min jamii'is-sayyi'aati wa tarfa'unaa bihaa 'indaka a'lad-darajaati wa tuballigunaa bihaa aqshal-gaayaati min jamii'il-khairaati fil-hayaati wa ba'dal-mamaati

“Ya Alloh, limpahkanlah rahmat dan keselamatan kepada junjungan kita Nabi Muhammad saw, melalui rahmat itu Engkau menyelamatkan kami dari segala ketakutan dan malapetaka.

Yang dengan rahmat itu Engkau memenuhi segala hajat kami, yang dengan Engkau mensucikan kami dari segala keburukan, yang dengan Engkau mengangkat derajat kami setinggi-tingginya, yang dengan Engkau mengantar kami ketempat yang paling ujung dari semua kebaikan hidup di dunia dan kehiduan setelah mati.”

Baca Juga: Amalkan Tiap Hari Jumat Niscaya Dapat Ampunan 80 Tahun, Berikut Jenis dan Bacaan Sholawat di Hari Jumat

(*)

Artikel ini telah tayang di TribunJateng.com dengan judul Bacaan Sholawat Munjiyat Lengkap Arab, Latin dan Artinya Serta 5 Keutamaannya

Editor : Ruhil Yumna

Sumber : Tribun Jateng

Baca Lainnya