Amalkan Tiap Hari Jumat Niscaya Dapat Ampunan 80 Tahun, Berikut Jenis dan Bacaan Sholawat di Hari Jumat

Sabtu, 11 Desember 2021 | 12:45
Jcomp/Freepik

Ilustrasi berdoa

GridHype.ID - Membaca sholawat jadi salah satu amalan yang kerap dianjurkan oleh pemuka agama.

Ada hari-hari tertentu, dimana amalan membaca sholawat ini sangat dianjurkan, salah satunya hari Jumat.

Bacaan sholawat terdiri dari beberapa macam yang memiliki kegunaan masing-masing.

Terutama dalam pengampunan dosa.

Bagi yang membaca satu kali saja sholawat maka akan diampuni dosananya selama 80 tahun, sakingnya besarnya faedah dari sholawat yang dibaca pada hari Jumat.

Bersholawat kepada Rasulullan SAW merupakan amalan yang mudah dilakukan kapanpun dan dimana saja tetap akan mendapatkan pahala.

Perintah Sholawat Hadits dan Al-Quran

Perintah membaca sholawat kepada Nabi merupakan perintah langsung Allah SWT melalui firmanNya dalam dalam Kitab Suci Alquran dalam surah Al Ahzab ayat 56.

Allah SWT berfirman mengenai perintah umat Islam bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW.

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

innallāha wa malā`ikatahụ yuṣallụna 'alan-nabiyy, yā ayyuhallażīna āmanụ ṣallụ 'alaihi wa sallimụ taslīmā

Artinya: Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.

Baca Juga: Coba Amalkan Setiap Malam agar Lancar Urusan, Berikut Bacaan Doa Setelah Salat Tahajud Beserta Kunci agar Doa Diijabah oleh Allah SWT

Hadist yang memerintahkan umat Islam membaca sholat di hari Jumat juga banyak sekali diantaranya sebagai berikut :

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ صَلَّى عَلَيَّ أَوْ سَأَلَ لِي الوَسِيْلَةَ حَقَّتْ عَلَيْهِ شَفَاعَتِي يَوْمَ القِيَامَةِ

“Barangsiapa bershalawat kepadaku atau meminta agar aku mendapatkan wasilah, maka dia berhak mendapatkan syafa’atku pada hari kiamat nanti.” (Hadits ini terdapat dalam Fadhlu Ash Sholah ‘alan Nabiy no. 50, Isma’il bin Ishaq Al Jahdiy. Dikatakan shohih oleh Syaikh Al Albani)

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ صَلَّى عَلَىَّ وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرًا

“Barangsiapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat kepadanya sepuluh kali.” (HR. Muslim no. 408)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أَكْثِرُوا عَلَىَّ مِنَ الصَّلاَةِ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ فَإِنَّ صَلاَةَ أُمَّتِى تُعْرَضُ عَلَىَّ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ ، فَمَنْ كَانَ أَكْثَرَهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً كَانَ أَقْرَبَهُمْ مِنِّى مَنْزِلَةً

“Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Baihaqi dalam Sunan Al Kubro. Hadits ini hasan ligoirihi.

Baca Juga: Punya Banyak Keutamaan, Simak Niat dan Tata Cara Salat Dhuha yang Benar Sesuai Sunnah

Berikut sholawat yang bisa diamalkan di malam Jumat hingga hari Jumat

1. Sholawat Hajat Dunai Akhirat

اَللّـٰــهُمَّ صَلِّ عَـلـٰى سَيَّـدِنَـا مُحَمَّدٍ وَعَـلـٰى أَلِ سَيِّـدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلـٰى أَهْلِ بَــيْـتِهِ

Allahumma sholli 'ala sayyidina muhammadin wa'ala ali sayyidina muhammadin wa'ala ahli baytighi

Artinya :“Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad saw, dan kepada keluarga junjungan kami Nabi Muhammad saw, dan kepada ahli keluarganya ”

Kegunaannya :

Sholawat ini apabila dibaca sebnyak 1000 (seribu) kali maka Allah swt, akan mendatangkan hajatnya sebanyak 100 hajat. Hajat yang 30 (tiga puluh) akan diberikan di dunia dan hajat yang 70 (tujuh puluh) akan di datangan kelak di akhirat.

2. Sholawat Ummy

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَنَبِيِّكَ وَرَسُوْلِكَ نَبِى الْأُمِّـى وَعَلى أَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسِلِّمْ

Allahumma sholli 'ala sayyidina muhammadin 'abdika wanabiyika warasulika nabiyil ummi wa'ala alihi washohbihi wasallam

Artinya :

“Ya Alloh, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad saw, sebagai hamba, Nabi, dan utusan-Mu yang Ummy (tidak bisa membaca dan menulis) beserta keluarga dan sahabatnya dengan salam yang sesungguhnya.

Kegunaannya :

- Barang siapa yang membaca sholawat Ummy ini sebanyak 80 (delapan puluh) kali pada malam Jum’at, Allah swt akan mengampuni dosa-dosanya selama 80 (depalan puluh) tahun.

- Jika sholawat Ummy ini dibaca sebanyak 500 (lima ratus) kali pada malam Jum’at, maka niscaya ia tidak akan mati sebelum berjumpa dengan Nabi Muhammad saw, dalam keadaan sadar.

Baca Juga: Bisa Kurangi Rasa Sakit, Berikut Bacaan Doa Ketika Kepala Sakit, Lengkap dengan Terjemahannya

3. Sholawat Mukafa'ah

اَللّٰـهُمَّ صَلِّ عِلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى أٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً دَائِمَةً مَقْبُوْلَةً تُـؤَدِّى بِهَا حَقَّهُ الْعَظِيْمِ

Allahumma sholli 'ala sayyidina muhammadin wa'ala ali sayyidina muhammadin sholatan dhanimatan maqbulatan tudhi bigha gaqqahul 'adzhim

Artinya :

“Ya Alloh, limpahkanlah rahmat, salam dan berkah kepada junjungan kita Muhammad saw yang ummi (tidak bisa baca tulis) yang menjadi kekasih Alloh swt, yang luhur pangkatnya dan yang agung kemuliaannya, dan limpahkanlah pula atas keluarganya dan para sahabatnya.”

Kegunaannya :

Barang siapa yang memebaca sholawat mukafaah berikut ini sebanyak-banyaknya maka ia telah menunjukkan kecintaannya kepada kanjeng Nabi Muhammad saw, dan barang siapa yang mencintai kanjeng Nabi Muhammad saw maka jelas ia akan mendapat syafaat beliau kelak dihari kiamat dan dianggap sebagai orang yang mulai di sisi beliau.

4. Sholawat Syifa

اَللّٰـهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا وَصِحَّةَ اْلأَبْدَانِ وَعَافِيَتِهَا وَنُوْرِ اْلأَبْصَارِ وَضِيَائِهَا وَعَلٰى أٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمْ

Allhumma sholli 'ala sayyidina muhammadin thibbil quluub wadawanigha washihhatanlabdhani wa'afiyatighaa wanurilabshori wadiyanigha wa'ala alihi washohbihi wasallam

Baca Juga: Urusan Lancar Jaya tanpa Halangan, Ini Amalan Doa agar Dimudahkan Urusannya oleh Allah SWT

Artinya :

“Ya Alloh, limpahkanlah rahmat, kepada junjungan kita nabi Muhammad saw yang menjadi dokter semua hati dan obatnya, yang menjadi sehat semua badan dan kesejahteraannya, yang menjadi cahaya semua hati dan kemuliaannya. Dan semoga rahmat terlimpah kepada segenap keluarga beliau dan kepada para sahabat-sahabatnya, serta limpahkanlah salam dan kesejahteraan kepada mereka semua.

Kegunaannya :

- Untuk menjadikan tubuh lebih kuat dan sehat

- Untuk menjadikan tubuh kita selamat, awet muda dan panjang usia

- Untuk menjadikan hati lebih terang dan bercahaya, sehingga dapat melihat kebaikan dan kebatilan

5. Sholawat Kamila

اَللهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلى سَيدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلى أٰلِهِ كَمَا لَا نِهَايَةَ لِكَمَالِكَ عَدَدَ كَمَالِهِ

Allahumma sholli wasallim wabarik 'ala sayyidina muhammadin wa'ala alihi kama lanighayata 'agdhadha kamalihi

Artinya :

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat keselamatan dan berkah kepada junjungan kami Muhammad dan keluarganya, sebagaimana tiada batas akhir bagi kesempurnaan-Mu, sebagai hitungan kesempurnaan”.

Kegunaannya :

- Segala doa yang ditujukan kepada Nabi Muhammad SAW dan keluaganya juga akan kembali kepada kita

(*)

Baca Juga: Puasa yang Paling Disukai Allah, Berikut Bacaan Niat Puasa Daud dan Manfaat yang Didapat Saat Mengamalkannya

Artikel ini telah tayang di TribunPontianak.co.id dengan judul Sholawat Ummi Hari Jumat Agar Dapat Ampunan 80 Tahun, Berikut Jenis dan Bacaan Sholawat Hari Jumat

Editor : Ruhil Yumna

Sumber : Tribun Pontianak

Baca Lainnya