Kumpulan Doa Harian Saat Menghadapi Masalah, Ini Bacaan Doa Pendek yang Bisa Diamalkan Setelah Salat, Lengkap dengan Latin dan Artinya

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 08:00
Unsplash.com

ilustrasi berdoa

GridHype.ID - Kumpulan doa harian agar ditunjukkan jalan keluar ketika hadapi masalah hidup bisa diamalkan setelah selesai salat.

Kumpulan doa harian untuk meminta hikmah ini dilakukan agar umat Muslim tetap berpikir positif meski sedang menghadapi masalah hidup.

Ya, agar tidak berprasangka buruk terhadap takdir Allah SWT, umat Muslim dianjurkan untuk mengamalkan kumpulan doa harian ini.

Maka dari itu,ketika menghadapi masalah umat Muslim dianjurkan membaca doa meminta hikmah agar ditunjukkan jalan keluar.

Membaca doa meminta hikmah ini juga dimaksudkan agar meyakini setiap masalah yang dihadapi ada jalan kebaikan yang Allah SWT berikan.

Berdoa bukan saja memohon pertolongan, tapi juga berdoa agar diberi hikmah untuk dapat menyikapi masalah.

Adapun kumpulan doa harian termasuk bacaan doa-doa meminta hikmah terdapat dalam Al Quran.

Berikut ini TribunJabar.id rangkumkumpulan doa harian agar diberi hikmah lengkap dalam Bahasa Arab, latin beserta artinya.

#1

رَبِّ هَبْ لِى حُكْمًا وَأَلْحِقْنِى بِٱلصَّٰلِحِينَ وَٱجْعَل لِّى لِسَانَ صِدْقٍ فِى ٱلْءَاخِرِينَ وَٱجْعَلْنِى مِن وَرَثَةِ جَنَّةِ ٱلنَّعِيمِ

Rab bi hab li hukmaw wa alhiqni bis saalihin Wajal li lisaana sidqin fil aakhirin Wajalni miw warasati jan natin naim

Baca Juga: Kumpulan Doa, Bacalah Doa ini Agar Masuk Golongan Orang-orang Saleh, Sudah Dijanjikan Allah SWT Nikmat Surga

Artinya: "Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku hikmah dan pertemukanlah aku dengan orang-orang yang shalih, serta jadikanlah aku buah tutur yang baik bagi orang yang datang kemudian. Dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang mewarisi surga yang penuh nikmat." (QS. Asy Syu'araa: 83-85)

#2

اَللَّهُمَّ افْتَحْ عَلَيْنَا حِكْمَتَكَ وَانْشُرْ عَلَيْنَا مِنْ خَزَائِنِ رَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allahummaftah ‘alaina hikmataka wansyur ‘alainaa min khozaa,ini rohmatika yaa arhamarraahimiin.

Artinya: “Ya Allah, bukakanlah untuk kami hikmah-Mu dan taburkanlah kepda kami rahmat-Mu dari gudang-gudang rahmat-Mu wahai Dzat yang Maha Kasih.”

#3

رَبَّنَا آَتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدً

“Wahai Tuhan kami berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini)’.” (QS. Al-Kahfi: 10)

Bacaan doa ini merupakan doa Ashabul Kahfi, pemuda mencari tempat berlindung ke dalam gua.

Mereka memohon doa diberi petunjuk agar keluar dari masalah yang mereka hadapi sehingga ditunjukkan Allah SWT untuk berlindung di dalam gua.

#4

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Baca Juga: Kumpulan Doa Harian, Lengkap dengan Amalan di Hari Jumat, Inilah Sederet Doa Spesial yang Bisa Dibaca di Hari Jumat

“Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii.”

Artinya: “Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.” (QS. Thaha ayat 25-28).

#5

Satu lagi doa agar diberi hikmah juga dapat dibaca surat Al Fatihah, karena di dalamnya merupakan doa universal mencakum segalanya, termasuk meminta hikmah.

اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَ

Artinya: “Tunjukkanlah kami jalan lurus (yaitu, Kitab dan Sunnah).” (QS. Al-Fatihah : 6)

Nah, itulah beberapa doa meminta hikmah yang dapat dibaca setelah salat. Bacaan doa ini juga merupakan doa ketika menghadapi masalah hidup.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Bacaan Doa Meminta Hikmah agar Ditunjukkan Jalan Keluar Ketika Hadapi Masalah, Dibaca setelah Salat

Baca Juga: Kumpulan Doa Harian, Ada Doa Nabi Ibrahim AS, Inilah Bacaan Doa Agar Cepat Memiliki Keturunan

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : TribunJabar.ID

Baca Lainnya