Kumpulan Doa Harian untuk Kamu yang Tengah Mengalami Kesulitan, Lengkap dengan Tulisan Arab, Latin dan Artinya

Sabtu, 06 Agustus 2022 | 13:15
pixabay.com

ilustrasi berdoa

GridHype.ID -Kumpulan doa harian ini dijamin cocok buat kamu yang saat ini dalam keadaan berat dan tengah menghadapi kesulitan.

Sebab, dalam Islam, ada bacaan doa yang bisa kamu panjatkan.

Salah satunya kumpulan doa harian yang akan kami sajikan berikut ini.

Seperti yang kita tahu, setiap manusia tentunya pernah menghadapi atau mengalami kesulitan dalam hidup.

Tanpa kesulitan, manusia tidak akan dewasa dalam menyikapi hidupnya.

Kesulitan hidup yang dialami manusia bisa jadi merupakan bentuk ujian dari Allah untuk mengukur kadar keimanan dan ketakwaan seorang hamba-Nya.

Mereka yang bertawakkal di tengah kesulitan yang dihadapi itulah yang berhak menyandang orang beriman.

Sebagai makhluk ciptaan Allah SWT, sudah menjadi kewajiban bila manusia juga harus bangkit kembali.

Karenanya, selain berusaha dalam perbaiki segala hal sekuat tenaga dan semaksimal mungkin, tentunya juga harus diiringi dengan doa.

Baca Juga: Kumpulan Doa Harian, Biasakan Baca Doa Ini Agar Berkah Keadilan Meliputi Setiap Langkah Kehidupan

Berikut ini doa yang Rasulullah ajarkan ketika menghadapi kesulitan, yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Rasulullah membaca doa ini di saat keadaan yang sangat berat:

لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ الْعَظِيمُ الْحَلِيمُ ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ رَبُّ السَّمَوَاتِ وَرَبُّ الْأَرْضِ وَرَبُّ الْعَرْشِ الْكَرِيمِ

Laa ilaaha illaallahul 'adhimul haliimu, laa ilaaha illaallahu rabbul 'asryil 'adhiimi, laa ilaaha illaallahu rabbuus samawaati wa rabbul ardhi wa rabbul 'aarsyil 'adhiimi.

Artinya: "Tiada Tuhan selain Allah yang maha agung dan sangat penyantun. “Tiada Tuhan selain Allah, Tuha yang memiliki ‘arsy yang besar. Tiada tuhan selain Allah, Tuhan yang menciptakan langit, bumi dan ‘arsy yang mulia.” (HR Bukhari 7/154, dan Muslim 4/2092)

2. Doa Mohon Pertolongan

Ya hayyu ya qoyyum bi rahmatika astaghiits, wa ash-lihlii sya’nii kullahu wa laa takilnii ilaa nafsii thorfata ‘ainin abadan.

Artinya: "Wahai Rabb Yang Maha Hidup, wahai Rabb Yang Maha Berdiri Sendiri tidak butuh segala sesuatu, dengan rahmat-Mu aku minta pertolongan, perbaikilah segala urusanku dan jangan diserahkan kepadaku sekali pun sekejap mata mendapat pertolongan dari-Mu selamanya."

3. Doa bagi orang yang mendapatkan kesulitan

Baca Juga: Kumpulan Doa Harian, Inilah Bacaan Doa Setelah Salat Tahajud yang Mustajab Beserta Adabnya Agar Segera Terkabul

اللَّهُمَّ رَحْمَتَكَ أَرْجُو ، فَلَا تَكِلْنِي إِلَى نَفْسِي طَرْفَةَ عَيْنٍ ، أَصْلِحْ لِي شَأْنِي كُلَّهُ ، لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ

Allahumma rahmataka arjuu fala takilnii ilaa nafsii tharfata 'aynin, ashlih lii sya'nii kullahu, laa ilaaha illaa anta.

Artinya: “Ya Allah, saya hanya mengharap rahmat-Mu, maka jangan Engkau lepas saya dalam sekejap pun. Perbaikilah segala tingkah laku saya, tiada Tuhan selain Engkau.” (HR Abu Dawud 4/324, dan Ahmad 5/42)

4. Doa Saat Dilanda Masa Cemas

Subhānal malikil quddūs, rabbil malā’ikati war rūh, jallaltas samāwāti wal ardha bil ‘izzati wal jabarūt.

Artinya: “Mahasuci Tuhan yang Kudus, Tuhan para malaikat dan Jibril. Kau besarkan langit dan bumi dengan kemuliaan dan kekuasaan-Mu.”

5. Doa Menghadapi Masalah Sesuai Hadits Riwayat Ibnu Hibban dari Anas bin Malik RA:

Allahumma la sahla illa ma ja’altahu sahla, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahla.

Artinya: "Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan Engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah."

Baca Juga: Kumpulan Doa Harian, Inilah Sederet Bacaan yang Bisa Dipanjatkan agar Tubuh Segera Diberi Kesembuhan dan Kesehatan, Lengkap dengan Latin dan Artinya

6. Doa Agar Pekerjaan Diberi Kesuksesan

Allahumma innii as aluka khairal mas alati wa khairad du'aai wa khairan najaahi wa khairal 'amali wa khairats tzawaabi wa khairal hayaati wa khairal mamaati tsabbitnii wa tsaqqil mawaaziinii wa haffif iimaanii warfa' darajaati wa taqabbal shalawaatii waghfir khathii atii wa as alukad darajaatil 'ulyaa fil jannati"

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dengan sebaik-baik permohonan, sebaik-baiknya doa, sebaik-baiknya keberhasilan, sebaik-baiknya amal perbuatan, sebaik-baiknya pahala, sebaik-baiknya kehidupan dan sebaik-baiknya kematian. Tetaplah padaku serta perberatlah timbangan amal kebaikanku, kokohkanlah keimananku, tinggikanlah derajatku, terimalah sholat-sholatku, ampunilah dosa kesalahanku, dan aku mohon kepada-Mu untuk mendapatkan tingkat tertinggi dalam surga."

7. Doa Ashabul Kahfi

Robbanaa aatinaa minladunka rohmataw wahayya lanaa min amrinaa rosyada.

Artinya: "(Ingatlah) ketika pemuda-pemuda itu berlindung ke dalam gua lalu mereka berdoa, “Ya Tuhan kami. Berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah petunjuk yang lurus bagi kami dalam urusan kami." (Q.S Al Kahfi:10).

Demikian doa ketika menghadapi kesulitan, semoga dapat memberi berkah, bagi yang mengamalkannya.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul "Bacaan Doa Ketika Mengalami Kesempitan dan Kesusahan Beserta Artinya, Bantu Lapangkan Hati & Pikiran"

Baca Juga: Kumpulan Doa Harian, Bacalah Dzikir Pendek 'Laa Illaha Ilalah' 100 Kali dan Dilantunkan Setiap Hari Demi Kelancaran Aktivitas Sehari-hari

(*)

Editor : Helna Estalansa

Sumber : Bangkapos.com

Baca Lainnya