Kumpulan Doa Harian, Inilah Sederet Bacaan yang Bisa Dipanjatkan agar Tubuh Segera Diberi Kesembuhan dan Kesehatan, Lengkap dengan Latin dan Artinya

Jumat, 05 Agustus 2022 | 15:00
pinterest

berdzikir

GridHype.ID - Kumpulan doa harian ini bisa jadi senjata pamungkas agar tubuh terhindar dari berbagai penyakit.

Ya, dengan rutin mengamalkan kumpulan doa harian ini, kita bisa memohon kesehatan, kesembuhan, serta perlindungan dari Allah.

Nah, kumpulan doa harian agar selalu diberi kesehatan juga pernah disampaikan Ustadz Adi Hidayat.

Berikut doa yang harus sering kita baca agar Allah menjauhkan kita dari marabahaya musibah dan wabah penyakit yang disampaikan Ustadz Adi Hidayat

بِسْمِ اللهِ الَّذِىْ لاَيَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْئٌ فِى اْلاَرِضِ وَلاَ فِى السَّمَآءِ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

Bismillahilladzi laa yadhurru ma’asmihi syai’un fil ardhi wa la fis samaa’i wahuwas sami’ul alim.

Artinya “Dengan menyebut nama Allah yang bersama nama-Nya sesuatu itu tidak berbahaya di bumi dan di langit. Dan Dia Maha Mendengar lagi Mengetahui.”

Selain bacaan tersebut, berikut kumpulan doa memohon kesehatan dan kesembuhan yang bisa dibaca.

1. Doa agar diberikan kesehatan dan selalu dalam perlindungan Allah

Baca Juga: Kumpulan Doa Harian, Bacalah Dzikir Pendek 'Laa Illaha Ilalah' 100 Kali dan Dilantunkan Setiap Hari Demi Kelancaran Aktivitas Sehari-hari

Allahumma inna nas alukal afwa wal adiyata wal mu'aafaatad daa'imata fiid dunyaa wal 'aakhirati wal fauzu bil jannati wannajaati minan naari.

Artinya : Ya Allah, kami mohon ampunan, kesehatan dan perlindungan yang terus menerus di dunia dan di akhirat, kemenangan masuk surga serta keselamatan dari api neraka.

2. Doa meminta agar seluruh anggota keluarga diberikan kesehatan

اَللّٰهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ الْعَافِيَةَ فِى الدُّنْيَاوَالْآٰ خِرَةِ. اَللّٰهُمَّ اَسْأَلُكَ الْعَفْوَوَالْعَافِيَةَ فِىْ دِيْنِى وَدُنْيَاىَ وَاَهْلِى وَمَالِىْ

Allaahumma innii as-alukal ‘aafiyata fiddunyaa wal aakhirati. Allaahumma as-alukal ‘afwa wal ‘aafiyata fii diinii wa dunyaa wa ahlii wamaa lii.

Artinya : Ya Allah, sesungguhnya saya meminta kepada-Mu sehal wal ‘afiyat di dunia dan akhirat. Ya Allah, sesungguhnya saya meminta kepada-Mu maaf dan sehat wal ‘afiyat pada agamaku, dan duniaku, dan keluargaku, dan harta bendaku.

3. Doa agar senantiasa sehat dan terbebas dari berbagai penyakit

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ، وَارْحَمْنِي ، وَاهْدِني ، وَعَافِني ، وَارْزُقْنِي

Allaahumma-ghfirlii, warhamnii, wahdinii, wa'aafinii, warzuqnii.

Baca Juga: Ilmu yang Dipelajari Bisa Mudah Diserap dan Dipahami, Berikut Bacaan Doa Sebelum dan Sesudah Belajar

Artinya : Ya Allah, ampunilah saya, kasihanilah saya, berilah petunjuk kepadaku, selamatkanlah saya (dari berbagai penyakit), dan berikanlah rezeki kepadaku." (HR. Muslim)

4. Doa memohon kesembuhan agar terhindar dari penyakit

Allahuma rabba-nnasi mudzhibal baasisydi 'antaasya fii laa sy fiya illa anta syifaa 'an laa yufa'a.

Artinya : Ya Allah, Pemelihara Manusia! Hapus penyakitnya, sembuhkan penyakitnya. Kaulah yang menyembuhkan. Tidak ada obat kecuali obat-Mu. Beri kami obat yang tidak meninggalkan penyakit.

5. Doa untuk kesembuhan orang lain

امْسَحِ الْبَأْسَ رَبَّ النَّاسِ بِيَدِك الشِّفَاءُ لَا كَاشِفَ لَهُ إلَّا أَنْتَ

Imsahil ba’sa rabban nāsi. Bi yadikas syifā’u. Lā kāsyifa lahū illā anta.

Artinya : Tuhan manusia, sapulah penyakit ini. Di tangan-Mu lah kesembuhan itu. Tidak ada yang dapat mengangkatnya kecuali Kau,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 113).

Dalam Hadist Rasulullah pun Mengajarkan Umatnya Tata Cara Berdoa dan Menyembuhkan Sakit.

Baca Juga: Kumpulan Doa Harian, Inilah Doa untuk Orang Tua, Lengkap Mulai dari Memohon Ampunan Dosa Ibu sampai Doa untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal Dunia

Berkata Aisha R.A “Ketika Nabi Muhammad SAW sedang sakit, beliau biasa membaca Surat An-Nas dan Surat Al-Falaq, lalu meniupkan nafasnya ke tubuhnya. Ketika penyakitnya bertambah parah, saya biasa melafalkan kedua surah itu dan meniupkan ke kedua tangannya. Lalu menggosokan ke tubuh dengan tangannya sendiri.” Diriwayatkan oleh Al-Bukhari.

Dari Aisyah R.A, beliau mengatakan, "Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah meminta perlindungan kepada Allah untuk anggota keluarganya. Beliau mengusap dengan tangan kanannya dan berdoa”.

Doa yang dipanjatkan Rasulullah saw saat itu adalah

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ وَاشْفِهُ وأَنْتَ الشَّافِي لاَ شِفَآءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Allahuma Rabbannaasi Adzhibil Ba’sa wasy fihu. Wa Antas Syaafi, Laa Syifaa Illa Syifaauka, Syifaa-Aa Laa Yughaadiru Saqoma.

Artinya: “Wahai Allah Tuhan manusia, hilangkanlah rasa sakit ini, sembuhkanlah, Engkaulah Yang Maha Penyembuh, tidak ada kesembuhan yang sejati kecuali kesembuhan yang datang dari-Mu. Yaitu kesembuhan yang tidak meninggalkan komplikasi rasa sakit dan penyakit lain”. (HR Bukhari dan Muslim)

Artikel ini telah tayang di Tribun-Medan.com dengan judul Doa Agar Selalu Diberi Kesehatan, Amalan Nabi Muhammad Sembuhkan Segala Penyakit

Baca Juga: Kumpulan Doa Harian, Ini Bacaan agar Terhindar dari Perasaan Iri Dengki dengan Kebahagiaan Orang Lain, Hidup Jadi Lebih Tenang

(*)

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : Tribun-Medan.com

Baca Lainnya