ASEAN Para Games 2022 di Depan Mata, Gibran Bocorkan Konsep Acara Opening Ceremony-nya, Sebut Bakal Ada Kejutan

Jumat, 29 Juli 2022 | 11:30
Tribunnews

ASEAN Para Games 2022 dihelat di Surakarta, Indonesia.

GridHype.ID - Pesta olahraga atlet difabel terbesar se-Asia Tenggara, ASEAN Para Games 2022 segera dihelat akhir bulan ini.

Seperti diketahui,ASEAN Para Games 2022 yang diselenggarakan di Kota Solo, Jawa Tengah akan berlangsung mulai 30 Juli hingga 6 Agustus 2022 mendatang.

Kegiatan ASEAN Para Games 2022 ini sendiri akan berpusat di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah. Begitu pula dengan acara pembukaannya.

Ya, melansir Kompas.com, pembukaan ASEAN Para Games 2022 akan diselenggarakan di Stadion Manahan Solo pada Sabtu (30/7/2022) pukul 19.00 WIB.

Panitia Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (INASPOC) bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, Jawa Tengah menyiapkan 6.000 tiket gratis bagi masyarakat umum dalam pembukaan ASEAN Para Games 2022 ini.

"Nanti sistemnya ada yang give away dan daftar secara online. Sudah kita ploting semua. Masyarakat umum ada sekitar 5.000-6.000 orang," kata Ketua INASPOC sekaligus Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Selain itu, jelas Gibran ada undangan khusus untuk tokoh masyarakat Solo. Di dalam undangan ini sudah tertulis lokasi parkir maupun tempat duduk tamu undangan.

"Pokoknya di undangan itu sudah tertera gate-nya mana, parkirnya di mana. Nanti datangnya sebelum acara dimulai ya. Bisa Maghriban di sana," terang ayah Jan Ethes Srinarendra.

Sementara Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokompim) Setda Solo Herwin Nugroho mengatakan, tiket pembukaan ASEAN Para Games 2022 bisa diakses melalui akun Instagram resmi ASEAN Para Games 2022 @aseanpg2022 dan akun Instagram Pemkot Solo @pemkot_solo.

Baca Juga: Ya Ampun Selama Ini Salah, Ternyata Ini 3 Jenis Olahraga yang Ampuh untuk Mengecilkan Perut, Dijamin Mudah dan Bisa Langsung Kamu Lakukan di Rumah

"Nanti kita umumkan ada mekanisme give away atau mekanisme online. Nanti (masyarakat) bisa mengisi link yang disiapkan."

"Secepatnya ini sedang dipersiapkan perangkatnya. Mungkin hari atau besok sudah bisa diakses," kata Herwin di Solo, Jawa Tengah, Kamis (28/7/2022).

Sedangkan mekanisme give away, lanjut Herwin, tiket tersebut bisa langsung didapatkan dari panitia INASPOC.

Namun, semua informasi untuk mendapatkan tiket akan diumumkan melalui akun Instagram ASEAN Para Games 2022 dan Pemkot Solo.

"Sementara dalam waktu dekat ini (tiket) untuk opening dulu. Kalau yang di venue pertandingan masyarakat boleh langsung datang. Jadi masyarakat yang dekat venue bisa langsung datang," ungkap Herwin.

Menurutnya masyarakat yang ingin menonton pembukaan ASEAN Para Games 2022 di Stadion Manahan Solo tetap menerapkan protokol kesehatan.

Sebelum masuk Stadion Manahan penonton harus melalui pengecekan suhu tubuh dan men-scan barcode aplikasi PeduliLindungi.

"Hanya cek di PeduliLindungi. Tetap menjaga protokol kesehatan. Tidak ada ketentuan khusus. Datang gratis tidak dikenakan biaya," terangnya.

Sementara terkait tema opening ceremonial ASEAN Para Games 2022 di Kota Solo, Jawa Tengah juga sempat dibocorkan ketua INASPOC.

Baca Juga: Wajib Coba! Ini Dia Tips Agar Badan Tetap Fit dan Terhindari dari Covid-19 yang Mulai Meresahkan

"(Konsep) pas opening Jawa Solo, ada wayang dan tari-tarian. Tapi kalau closing (temanya) Nusantara," kata Gibran Rakabuming Raka saat di Stadion Manahan, Kamis (28/7/2022).

Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga menjelaskan, atlet panjat tebing Najiha Zahra asal Blora, Jawa Tengah terpilih menyalakan obor ASEAN Para Games 2022.

"Nanti saya cek lagi (kesiapan opening ceremonial) bersama pak Menpora (Zainudin Amali)," kata Gibran.

"Memastikan (kesiapan) pokoknya harus kita lihat lampu-lampunya pencahayaan, video mappingnya, harus kita lihat nanti malam ya. Nanti malam kita ke sini lagi," jelasnya.

Sebelumnya, Gibran juga mengaku telah memastikan kesiapan venue saat uji coba atau adaptasi lapangan oleh para atlet dari 11 negara yang ikut bertanding.

"Kalau saya lihat tadi di beberapa venue sudah siap, alat sudah siap dari negara sudah siap," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, suami Selvi Ananda itu memastikan saat opening ceremony bakal ada kejutan yang dia tampilkan.

"Yang jelas nanti ada beberapa surprise dan gimik. Ada kejutan dari saya sendiri tunggu saja tanggal 30, sudah saya sampaikan ke Pak Menteri konsepnya (Menpora)," kata Gibran.

Baca Juga: Jangan Salah Pilih, Olahraga Ini Bantu Kadar Gula Darah di Dalam Tubuh Tetap Terjaga, Dijamin Bebas dari Risiko Komplikasi Diabetes

(*)

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya