Panen Hujatan Publik Sampai Terang-terangan Disentil Ridwan Kamil, Baim Wong Akhirnya Lepas Pendaftaran Citayam Fashion Week Alasan ini

Rabu, 27 Juli 2022 | 10:00
Tribunnews/ Bayu Indra Permana

Baim Wong dan Paula Verhoeven berkaca-kaca saat memberikan klarifikasi di kawasan Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Selasa (26/7/2022).

GridHype.ID - Baim Wong dan Paula Verhoeven akhirnya melepas Citayem Fashion Week.

Sebelumnya, pasangan ini sempat menuai hujatan usai mendaftarkan Fashion Week Citayem ke HAKI.

Keputusan Baim Wong yang mendaftarkan merek Citayem Fashion Week tersebut.

Mengutip dari Kompas.com, Baim Wong mengatakan Paula melihat Citayam Fashion Week adalah sebuah gerakan di mana semua orang memedulikan fesyen yang dikenakannya.

“Dan ternyata di Indonesia, fashion enggak harus mahal dan mereka bangga memakainya.

Kebanggaan itu adalah achivement dan itu harus dibudidayakan,” lanjut Baim Wong.

Menurut Baim, harus ada yang membantu gerakan tersebut.

Baim Wong menegaskan bahwa niatnya hanya membantu, bukan meraup keuntungan dari Citayam Fashion Week ini.

"Orang-orang dengan mimpi besar yang harus membantu mereka. Bukan karena kepentingan bisa dapat berapa, tetapi visinya itu dibawa sejauh apa," lanjut Baim Wong.

Selain itu, Baim Wong juga mendapat sentilan tajam dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Melansir dari GridHits, malu disentil Ridwan Kamil, akhirnya Baim Wong melepas HAKI Citayam Fashion Week yang sebelumnya didaftarkan ke Pangkalan Data Kekayaan Intelektual atau PDKI.

Baca Juga: 'Serakah Banget Jadi Manusia' Ernest Prakasa Tanpa Tedeng Aling-aling Murka Usai Baim Wong Daftarkan Citayem Fashion Week ke HAKI

Mengutip tayangan YouTube Baim Paula, Senin (25/07), suami Paula Verhoeven ini kembali memberikan klarifikasi dan keputusan.

Baim lebih dulu menjelaskan awal mula dirinya berpikir untuk mendaftarkan Citayam Fashion Week sebagai HAKI.

"Ketika adanya ide ini pas Paula di sana, idenya sebenarnya bukan HAKI, idenya itu kita adain suatu pagelaran, kompetisi," kata Baim Wong.

"Supaya Citayam Fashion Week ini ada dan nggak cuma gini aja," sambungnya.

Pria 41 tahun ini kemudian mencari apakah ada pemegang HAKI dari Citayam Fashion Week.

Hal itu dilakukan Baim guna meminta izin dirinya memakai nama tersebut untuk pagelaran yang ia rencanakan.

"Kalau saya tipikal orangnya mau ambil gitu aja hak orang, enggak. Saya tanya dulu sama Bonge, habis itu baru saya tanya ke HAKI," jelas Baim.

"Sebelum saya membuat kompetisi dan pagelaran besar karena kalau HAKI itu ada saya mau minta izin. Sesimple itu, boleh nggak. HAKI itu belum ada yang punya, akhirnya kita bikin aja HAKI-nya sesimple itu. Bukan kita ambisius mengambil haknya Citayam Fashion Week, awalnya dari situ," paparnya.

Baim Wong juga mengaku telah berbicara dengan empat anak muda Citayam Fashion Week itu.

Lebih lanjut, Baim Wong menjelaskan dirinya membuat acara ini untuk mereka.

"Sehari sebelum ini berita viral alhamdulillah saya udah ketemu sama empat orang itu, tapi Jeje nggak bisa karena sakit," ujar Baim Wong.

Baca Juga: Netizen Kasihan Keluarga Ruben Onsu Dikabarkan Dikelilingi 7 Jin, Anak Baim Wong Sampai Ketakutan Histerius Ketika Lihat Ruangan ini di Rumah Sarwendah

"Saya ngobrol sama mereka, ternyata mereka sudah punya manajer masing-masing, saya ngobrol sesuai dengan karena kita mau bawa serius.

Saya bilang sama mereka saya akan buat ini untuk kalian boleh ditanyakan ya jadi saya tidak mengambil yang sebenarnya," lanjutnya.

Menurut Baim Wong, dirinya tidak seambisius itu mendapatkan hak cipta Citayam Fashion Week.

Maka dari itu, dengan legowo Baim Wong pun memutuskan untuk melepas Citayam Fashion Week.

"Saya tidak seambisius itu. Jadi memang kita mau melepaskan karena saya nggak mau jadi seperti ini ya," terang Baim.

"Nggak ada niatan kita tadinya berpikiran akan dibikin HAKI bareng-bareng sama mereka cuma saya bilang daripada berkelanjutan lah. Saya bilang enggak lah, karena kita juga niatannya tidak ke sana sama sekali," bebernya.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meminta Baim Wong mencabut pendaftaran HAKI untuk merek Citayam Fashion Week.

Turut menanggapi fenomena Citayam Fashion Week, Ridwan Kamil justru menasihati Baim Wong bahwa tidak semua harus dilihat secara komersial.

Hal ini disampaikan Ridwan Kamil melalui unggahan di akun Instagram pribadinya @ridwankamil, Senin (25/07).

"Nasehat saya, tidak semua urusan di dunia ini harus selalu dilihat dari sisi komersial. Fenomena #CitayamFashionWeek itu adalah gerakan organik akar rumput yang tumbuh kembangnya harus natural dan organik pula," tulisnya.

Baca Juga: Bukan Raffi Ahmad dan Baim Wong, Siapa Sangka Sosok ini Geser Para Selebriti dan Jadi YouTuber Nomor 1 Terkaya di Indonesia per Desember ini

Menurut Ridwan Kamil, tujuan Citayam Fashion Week akan hilang jika diformalkan.

Oleh karena itu, Kang Emil begitu sapaan akrabnya, menyarankan agar kegiatan ini tetap menjadi fesyen jalanan.

"Sekalinya diformalkan dan dimewahkan, apalagi oleh orang luar, malah akan hilang tujuan dan maksudnya. Dan biasanya gerakannya malah akan mati muda."

"Biarkan ini jadi cerita, bahwa fashion jalanan tetap adanya di jalanan. Bukan di Sarinah, bukan di podcast, bukan pula harus menginternasional. Biarkan tetap Slebew bukan Haute Couture," tulis Ridwan Kamil.

Baca Juga: Sering Berdalih Wanita Tulen Sejak Lahir, Lucinta Luna Akhirnya Bikin Pengakuan Mengejutkan Bongkar Identitas Sebagai Pria

(*)

Editor : Nabila Nurul Chasanati

Sumber : Kompas.com, GridHits.ID

Baca Lainnya