Belajar dari Meninggalnya Aktris Senior Rima Melati, Simak Makanan Apa Saja Penyebab Munculnya Penyakit Kanker Payudara

Minggu, 26 Juni 2022 | 18:00
Tribunnews

Nyeri dada bagian ini bisa jadi gejala awal kanker payudara, periksa ke dokter!

GridHype.ID - Kanker payudara jadi salah satu momok yang menakutkan terutama bagi perempuan.

Terlebih belum lama ini, Indonesia dikagetkan dengan meninggalnya aktris senior.

Aktris Rima Melati meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto pada Kamis (23/6/2022).

Putra Rima Melati, Aditya Tumbuan, mengungkapkan ibunya meninggal karena komplikasi.

"Iya betul, terakhir memang akhirnya ke ginjal. Jadi, harus diterapi," kata Aditya saat ditemui di Rumah Duka Sentosa, Jakarta Pusat, dilansir Kompas.com.

Awalnya, Rima Melati terkena infeksi dari luka di bagian punggung sehingga menyebabkan mendiang demam tinggi.

Oleh karena itu, Rima Melati dilarikan ke ruang Intensive Care Unit (ICU) Rumah Sakit Pondok Indah Bintaro pada 7 Mei 2022.

Saat dilarikan ke rumah sakit, barulah diketahui ada infeksi lain, seperti paru-paru yang mulai terendam air hingga menjalar ke ginjal.

"Ternyata, ada infeksi lain, yang istilahnya merambat dari infeksi pertama, yaitu paru. Parunya mulai terendam air, harus disedot. Dari situ, berturut-turut menjalar ke ginjal," jelas Aditya.

Menurut Aditya, infeksi padaginjal yang diderita ibunya itu karena konsumsi obat-obatan selama di rumah sakit. Sehingga, Rima Melati harus melakukan cuci darah hingga 7 kali dan kondisinya mulai stabil.

Baca Juga: Nggak Banyak Orang Tahu, Pemilik Golongan Darah ini Ternyata Punya Kekebalan Terhadap Penyakit Mengerikan, Apa Kamu Salah Satunya?

"Dan dari situ ibu harus dilakukan cuci darah atau Hemodialisis. Dan selama di RSPAD ini sudah dilakukan 7 kali. Hasilnya memang membuat ibu stabil, tapi kadang memang usia yang membuat ibu itu seperti berjuang," ujar Aditya.

Namun siapa sangka, Rima Melati juga sempat mengidap penyakit kanker payudara.

Lantas apa saja penyebab munculnya penyakit mengerikan ini?

Melansir dari Sajian Sedap, simak penyebab penyakit kanker payudara berikut ini.

Makanan penyebab kanker payudara

Pada 2018 diperkirakan 627.000 wanita meninggal dunia karena kanker payudara, menyumbang sekitar 15 persen kasus kematian karena kanker pada wanita.

Sementara risiko kanker payudara dapat diturunkan jika kita menjaga diet dan menghindari makanan yang dapat memicu kanker payudara.

Berikut beberapa makanan yang dapat memicu kanker payudara , dikutip dari Eat This, Not That! dan Prevent Breast Cancer.

Makanan kaleng

Lapisan kaleng, bisphenol-A, (BPA), telah dikaitkan dengan kanker payudara.

Karena BPA adalah estrogen sintetik, yang berarti meniru hormon Anda, itu dapat mengganggu sistem hormon Anda.

Bahkan, sebuah laporan tahun 2012 yang diterbitkan dalam Environmental Health Perspectives menyarankan bahwa BPA mampu mempromosikan pertumbuhan sel kanker payudara manusia di laboratorium.

Baca Juga: Mantan Istri Umumkan Penyakit Kanker Payudara yang Diidapnya, Ben Kasyafani Tidak Kuasa Menangis : Sedih yang Nggak Bisa Kita Omongkan

Lemak jenuh

Lemak jenuh kerap dikaitkan dengan berbagai penyakit, salah satunya kanker.

Sebuah meta-analisis 2015 dari 52 studi yang diterbitkan dalam jurnal Medicine melaporkan bahwa wanita pascamenopause dengan asupan lemak jenuh tinggi meningkatkan risiko kanker payudara lebih dari 30 persen dibandingkan dengan mereka yang makan paling sedikit.

Makanan hangus

Saat Anda memasak atau memanggang makanan -terutama daging dan ikan- pada suhu tinggi untuk jangka waktu yang lama, proses memasak dapat mengubah protein makanan menjadi senyawa karsinogenik.

Senyawa ini yang dikenal sebagai heterosiklik amina (HCA).

Satu studi yang diterbitkan dalam Journal of National Cancer Institute menemukan bahwa wanita yang makan daging yang baik memiliki risiko 4,62 kali lebih tinggi daripada wanita yang makan dalam jumlah yang sama dengan daging yang dimasak langka atau sedang.

Baca Juga: Belajar dari Kiki Fatmala yang Idap Kanker Paru-paru Stadium 4, Ternyata 3 Makanan ini Bisa Jadi Pemicu Penyakit Mengerikan ini loh

(*)

Editor : Nabila Nurul Chasanati

Sumber : Sajian Sedap, KompasTV

Baca Lainnya