Belajar dari Kiki Fatmala yang Idap Kanker Paru-paru Stadium 4, Ternyata 3 Makanan ini Bisa Jadi Pemicu Penyakit Mengerikan ini loh

Minggu, 29 Mei 2022 | 16:00
instagram.com/qq_fatmala

Kiki Fatmala

GridHype.ID - Nama artis cantik Kiki Fatmala bukan nama baru di industri hiburan Tanah Air.

Artis pemerian 'Si Manis Jembatan Ancol; ini sempat mendapatkan perawatan intensif terkait penyakit yang diidapnya.

Diketahui, Kiki Fatmala sempat berjuang menyembuhkan penyakit kanker yang diidapnya.

Sampai-sampai Kiki Fatmala harus dihadapkan dengan kemungkinan terburuknya.

Bagaimana tidak, ia sudah dinyatakan mengidap kanker paru-paru stadium 4.

Kiki Fatmala mengatakan jika sang suami, Christopher yang mengambil hasil PET scan di rumah sakit.

"Pas aku pulang dari olahraga, suami aku datang. Dia mau ngomong stadium empat air matanya udah keluar," kata Kiki, dikutip Grid.ID dari YouTube MAIA ALELDUL TV, Jumat (13/5/2022).

Nah, ternyata kita bisa belajar dari penyakit yang diidap Kiki Fatmala ini.

Melansir dari Sajian Sedap, ada beberapa makanan yang bisa kita hindari yang diduga menjadi penyebab penyakit kanker paru-paru ini.

Apalagi kanker paru-paru tidak bisa disepelekan.

Penyakit ini bisa menjadi penyakit yang mematikan.

Baca Juga: 'Udah Ikhlas Kalau Mama Pergi' Pesinetron Kiki Farrel Bak Sudah Pasrah dengan Kondisi Memprihatinkan Sang Ibunda

Menurut data Globocan 2018, sekitar 26.069 orang di Indonesia meninggal karena kanker paru setiap tahunnya, dengan 30.023 kasus baru setiap tahunnya.

Angka tersebut tertinggi di Asia Tenggara. Presentase angka kematian kanker paru di Indonesia mencapai 19,3 persen dibandingkan total kematian dari seluruh kanker lainnya.

Kanker paru merupakan penyebab kematian terbanyak dan pertama bagi pria sebanyak 22,8 persen, serta menjadi penyebab kelima kematian pada wanita sebanyak 14,2 persen.

Kanker paru adalah suatu penyakit keganasan yang diakibatkan oleh pertumbuhan sel secara tidak terkontrol.

Meski pertumbuhannya berawal dari organ paru, penyakit ini dapat menyebar (metastasis) ke organ tubuh lainnya, seperti getah bening dan otak, ketika sudah masuk ke stadium lanjut yaitu 3 atau 4.

Makanan Sehari-hari Penyebab Kanker Paru-paru

Banyak yang mengira kalau kanker paru disebabkan oleh asap rokok.

Padahal, bukan hanya rokok saja yang bisa meningkatkan risiko seseorang mengidap kanker paru-paru seperti yang diderita istri Indro Warkop ini.

Rupanya, makanan juga bisa meningkatkan risiko kanker paru!

1. Makanan yang Mengandung Lemak Jenuh

Dilansir halaman health.com, dalam Journal of Clinical Oncology menemukan hubungan asupan lemak jenuh dengan peningkatan risiko kanker paru.

Bahkan, mereka yang mengkonsumsi makanan lemak jenuh memiliki risiko mengidap kanker paru-paru daripada mereka yang tidak.

Penelitian ini sendiri semakin diperkuat karena sudah dilakukan lebih dari 10 kali dengan subjek penelitian mencapai 1,4 juta orang dengan jumlah pasien kanker paru mencapai 18.000 jiwa.

Baca Juga: 'Kamu Harus Bikin Warisan' Kiki Fatmala Diberi Wejangan Untuk Persiapkan Kemungkinan Terburuk Ketika Berjuang Lawan Kanker Paru-paru Stadium 4

2. Karbohidrat Olahan

Sebuah studi yang diterbitkan pada Maret 2016 oleh Cancer Epidemioly, Biomarkers and Prevention menyatakan bahwa orang yang mengonsumsi makanan tinggi gula memiliki risiko mengidap kanker paru lebih tinggi dibandingkan yang tidak.

Apalagi, kandungan gula yang terkandung dalam makanan karbohidrat olahan sangatlah tinggi.

Maka dari itu, kita disarankan untuk memilih karbohidrat kompleks seperti roti gandum, beras merah, dan buah-buahan dan sayuran.

Semuanya tak mengandung gula tambahan, tinggi serat dan dapat membantu menurunkan kolestrol juga.

3. Daging Panggang

Daging pangang sering dikaitkan dengan risiko mengidap kanker pankreas dan kanker paru-paru.

“Memanggang dapat melepaskan hidrokarbon poliksklik yang dapat masuk ke dalam daging sehingga menyebabkan siapa saja yang mengonsumsinya berisiko terjangkit kanker,” jelas dr. Rohs, seorang ahli onkologi toraks di Rumah Sakit Mount Sinai di New York.

Jika ingin memakan dagingnya, pastikan daging dipanggang sampai matang, jangan sampai gosong.

Memakannya juga harus dalam jumlah sewajarnya.

Sebuah studi tahun 2008 oleh Lembaga Keamanan Pangan Universitas Kansas juga menemukan bahwa menambah rempah daun seperti rosemary pada daging burger ternyata dapat mengurangi zat penyebab kanker sebanyak 30%.

Baca Juga: 'Mama Nggak Bisa Kemo Lagi' Kiki Farrel Telan Pil Pahit Ungkap Kondisi Sang Ibunda yang Memburuk, Singgung Bakal Bawa Berobat ke Luar Negeri

(*)

Editor : Nabila Nurul Chasanati

Sumber : Grid.ID, Sajian Sedap

Baca Lainnya