Pahalanya Bisa Gugurkan Dosa Setahun ke Belakang, Ini Bacaan Niat Puasa Arafah Jelang Idul Adha, Lengkap Latin dan Terjemahan

Jumat, 24 Juni 2022 | 06:00
iStockphoto

Ilustrasi puasa

GridHype.ID - Sambut Hari Raya Idul Adha, ada baiknya jika umat Islam melakukan amalan sunnah yaitu puasa Arafah.

Pasalnya, banyak keistimewaan yang akan didapat jika Anda menjalankan puasa Arafah jelang Idul Adha.

Ustadz Adi Hidayat menjelaskan cara dan makna puasa Arafah sesuai ajaran Nabi Muhammad SAW.

Selain itu, pendakwah yang karib disapa UAH turut menjabarkan pahala yang didapat bagi umat muslim yang menjalankan ibadah puasa Arafah.

Seperti diberitakan Tribun Medan, puasa Arafah jatuh pada 9 Zulhijah di tahun Hijriyah, yakni hari ketika jamaah haji sedang melaksanakan wuquf di Arafah.

Puasa ini sangat dianjurkan bagi mereka yang tidak sedang menunaikan ibadah haji.

Sebab, seperti dijelaskanUstadz Adi Hidayat, keutamaan yang didapatkan umat muslim kala menunaikan puasa Arafah adalah sangat besar pahalanya.

"Menggugurkan dosa setahun ke belakang, tidak disebutkan kecil atau besar. Artinya jangankan yang kecil dosa besar pun berpeluang untuk diampuni," jelas Ustadz Adi Hidayat dilansir Banjarmasinpost.co.id dari kanal youtube Ceramah Pendek.

Lebih lanjut, Ustadz Adi Hidayat mengungkapkan nama Arafah cenderung menjelaskan cara yang dilakukan dalam berpuasanya.

Baca Juga: Jaga Kesehatan Saja Belum Cukup, Para Ibu Hamil Juga Bisa Panjatkan Doa-doa Ini agar Kandungan Terjaga dan Persalinan Lancar

"Berpuasalah Anda di hari sebelum Idul Adha itu seperti orang wukuf di Arafah, Orang wukuf pertama kali aktivitasnya taubat, maka saat Anda puasa Arafah isi dengan taubat, kenali kekurangan diri Anda," papar UAH.

Karena itu Ustadz Adi Hidayat mengimbau agar memperbanyak mengingat kesalahan yang telah diperbuat lalu beristighfar memohon ampun di kala puasa Arafah.

"Hal itu yang dimaksudkan, Anda beristighfar mengingat dosa-dosa, dosanya akan gugur minimal setahun ke belakang," tuturnya.

Adapun cara mengerjakan puasa Arafah, serupa dengan puasa sunnah lainnya, diawali niat, disunnahkan sahur di sepertiga malam, dan diakhiri berbuka pada waktu maghrib tiba.

Untuk durasinya, sama seperti puasa pada umumnya, yaitu dari mulai terbit fajar sampai terbenamnya matahari.

Puasa sunnah lainnya di bulan Zulhijah selain puasa Arafah adalah pada tanggal satu sampai sembilan Zulhijah. Khusus tanggal delapan dinamakan puasa Tarwiyah.

Niat Puasa Sunnah Dzulhijjah

1. Niat puasa dari tanggal 1 sampai 7 Zulhijah

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ ذِيْ الْحِجَّةِ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى

Baca Juga: Lengkap dalam Tulisan Arab, Latin dan Terjemahannya, Inilah Bacaan Doa Safar Sesuai Ajaran Rasulullah SAW, Semoga Diberi Keselamatan Selama di Perjalanan

Nawaitu shauma syahri dzil hijjah sunnatan lillâhi ta‘âlâ.Artinya: “Saya niat puasa sunnah bulan Dzulhijjah karena Allah ta’âlâ.”

2. Niat pada pada tanggal 8 Zulhijah (hari Tarwiyyah)

نَوَيْتُ صَوْمَ تَرْوِيَةَ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma tarwiyata sunnatan lillâhi ta‘âlâ.Artinya: “Saya niat puasa sunnah Tarwiyah karena Allah ta’âlâ.”

3. Niat puasa Arafah

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ يَوْمِ عَرَفَةَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnati Arafah lillâhi ta'âlâ.Artinya, "Aku berniat puasa sunah Arafah esok hari karena Allah SWT."

Artikel ini telah tayang di Tribun-Medan.com dengan judul Bacaan Niat Puasa Arafah Jelang Idul Adha, Satu Hari yang Terbilang Sangat Istimewa Pahalanya

Baca Juga: Simak Doa dan Amalan yang Dianjurkan Rasulullah Setelah Bangun Tidur dan Sebelum Beraktivitas, Apa Saja?

(*)

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : Tribun-Medan.com

Baca Lainnya