Lengkap dalam Tulisan Arab, Latin dan Terjemahannya, Inilah Bacaan Doa Safar Sesuai Ajaran Rasulullah SAW, Semoga Diberi Keselamatan Selama di Perjalanan

Rabu, 22 Juni 2022 | 14:30
freepik.com

Ilustrasi berdoa

GridHype.ID -Bagi umat Islam doa sangatlah penting.

Maka dari itu sebelum memulai aktivitas sehari-hari umat Islam dianjurkan untuk berdoa.

Termasuk saat hendak berpergian, kita juga dianjurkan untuk membaca doa safar.

Artikel berikut ini akan membagikanbacaan doa safar sesuai ajaran Rasulullah SAW ditulis menggunakan tulisan arab, latin, dan terjemahan Bahasa Indonesia.

Doa safar dibaca untuk meminta keselamatan selama melakukan perjalanan.

Dikutip dari Kompas TV, Safar berasal dari Bahasa Arab yang artinya perjalanan.

Sebelum membaca doa safar, biasanya diawali salat sunah Safar yang hendaknya dikerjakan sebelum melakukan perjalanan.

Sebagaimana dijelaskan dalam hadist ath-Thabrani, Rasulullah SAW bersabda: Tidak ada sesuatu yang lebih utama untuk ditinggalkan seorang hamba bagi keluarganya, daripada dua rakaat yang dia kerjakan di tengah (tempat) mereka ketika hendak melakukan perjalanan.”

Dalam hadis yang lain juga disebutkan, Rasulullah bersabda: “Sungguh, Nabi Muhammad tidak tinggal di suatu tempat kecuali meninggalkan tempat tersebut dengan halat dua rakaat” (HR Anas bin Malik).

Baca Juga: Simak Doa dan Amalan yang Dianjurkan Rasulullah Setelah Bangun Tidur dan Sebelum Beraktivitas, Apa Saja?

Berdasarkan hadis di atas, maka hukumnya adalah sunah.

Hal yang baik dikerjakan agar mendapatkan pahala, seraya berdoa agar dalam perjalanan mudik kita dilindungi oleh-Nya.

Setelah mengerjakan salat sunah safar sebagaimana tautan di atas, maka ada baiknya langsung dilanjut untuk membaca doa safar berikut ini sebagaimana anjuran Imam Nawawi dalam kitab Majmu’ Syarhil Muhadzdzab.

Kitab ini merupakan kitab jurukan fiqih khusunya bagi mazhab Syafi'i. Mazhab yang paling banyak dianut oleh masyarakat Indonesia.

Bacaan Doa Safar

Surya.co.id

Doa safar

Allahumma bika astain, waalaika atawakkal, allahumma dzalil lil suubata amrii, wasahiil alayya masyaqotan safarii, warzuqnii minalkhori aksaro mimma atlubu, wasrif anni masyqotan safarii, warzuqnii minalkhoiri aktsaro mimm atlubu, wasrif anni kulla sarrin, robbisrohlii sodrii wayassirli amri. allahumma inni astahikhfiduka wa astawdiuka nafsyy wadiini wa ahliii wa aqooribii wakulla suu'in yaa karim.

Artinya:

“Ya Allah, hanya kepada-Mu aku meminta tolong, hanya kepada-Mu aku berpasrah.

Tuhanku, tundukkanlah bagiku segala kesulitan urusanku, mudahkan untukku hambatan perjalananku, anugerahkanlah aku sebagian dari dari kebaikan melebihi apa yang kuminta, palingkan diriku dari segala kejahatan.

Tuhanku, lapangkanlah dadaku, dan mudahkan urusanku.

Ya Allah, aku meminta penjagaan dan menitipkan diriku, agamaku, keluargaku, kerabatku, dan semua yang telah Kauberikan kepadaku, baik kebaikan ukhrawi maupun duniawi.

Lindungilah kami dari segala kejahatan, wahai Dzat Yang Mahapemurah."

Artikel ini telah tayang di Surya.co.id dengan judul "Bacaan Doa Safar Sesuai Ajaran Rasulullah SAW, Keutamaan Minta Perlindungan saat Bepergian"

Baca Juga: Sempurnakan Bacaan Salat Wajib Lima Waktumu, Berikut Rincian Dua Versi Doa Iftitah

(*)

Editor : Helna Estalansa

Sumber : Surya.co.id

Baca Lainnya