Datangkan Banyak Kemuliaan, Simak Risalah dan Tata Cara Melaksanakan Salat Tahajud Lengkap dengan Keutamaannya

Rabu, 01 Juni 2022 | 05:00
pexels.com/Ali Arapoğlu

ilustrasi salat dhuha

GridHype.ID - Salat tahajud bisa jadi salah satu amalan ibadah sunnah yang mendatangkan banyak keutamaan.

Selain menghapus dosa, keutamaan salat tahajud adalah sebagai pembuka pintu surga.

Tak salah jika melakukan salat tahajud mendatangkan banyak kemuliaan.

Waktu pelaksanaan salat tahajud adalah malam hari dan dibagi menjadi tiga bagian.

Mengutip buku risalah tuntunan sholat lengkap, waktu melaksanakan sholat Tahajud dibagi menjadi tiga bagian, yaitu:

1. Sepertiga Pertama, yaitu dari pukul 19.00 sampai pukul 22.00, ini saat utama.

2. Sepertiga Kedua, yaitu dari pukul 22.00 sampai pukul 01.00, ini saat yang paling utama

3. Sepertiga Ketiga, yaitu pukul 01.00 sampai dengan masuknya waktu subuh, ini adalah saat yang paling utama.

Sebelum melakukan sholat tahajud, sebaiknya membaca niat salat tahajud terlebih dulu.

Baca Juga: Lengkap dengan Tulisan Arab, Latin beserta Artinya, Inilah Bacaan Doa Agar Rezeki Terus Bertambah dan Tak Putus

Bacaan Niat Salat Tahajud

صَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

Ushallii sunnatat-Tahajjudi rak’ataini lillaahi ta’aalaa.

Artinya: "Saya (berniat) mengerjakan sholat sunnah Tahajjud dua raka’at semata-mata karena Allah Ta’ala."

Tata Cara Salat Tahajud

1. Membaca niat salat tahajud seperti yang terlah tertulis di atas. Lanjutkan dengan melakukan Takbiratul Ihram (membaca Allahuakbar sambil mengangkat kedua tangan sejajar dengan telinga),

2. Membaca doa iftitah dan surah Al Fatihah dan membaca surat-surat pendek Al-Quran seperti An-Nas, Al-Ikhlas, Al-Falaq, atau surat pendek apa saja dalam Al Quran,

3. Lakukan langkah-langkah sholat pada umumnya seperti rukuk dan sujud yang lalu rakaat kemudian disamakan dengan rakaat pertama (kecuali doa iftitah),

4. Lakukan tahiyat akhir dan salam. Selanjutnya, Anda disunahkan membaca bacaan wirid, tasbih, tahmid, sholawat, istigfar, lalu membaca doa sholat tahajud.

Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbanaa aatina fid-dun-yaa hasanataw wa fil aakhirati hasanataw wa qinaa adzaaban-naar.

Artinya:

"Ya Allah Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan hindarkanlah kami dari siksa api neraka."

Baca Juga: Rezeki di Bulan Berkah! Pekerja dengan Gaji di Bawah Rp3,5 Juta Bakal Dapat Subsidi Upah Rp 1 Juta, Ini Syaratnya

Dalam hadis Bukhari dinyatakan, bahwa Rasulullah SAW jika bangun dari tidurnya di tengah malam lalu bertahajud membaca doa:

اَللّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُوْرُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ لَكَ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ مَلِكُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ، وَلَكَ الْحَمْدُ، أَنْتَ الْحَقُّ، وَوَعْدُكَ الْحَقُّ، وَقَوْلُكَ الْحَقُّ، وَلِقَاؤُكَ الْحَقُّ، وَالْجَنَّةُ حَقٌّ، وَالنَّارُ حَقٌّ، وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ، وَمُحَمَّدٌ حَقٌّ، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ، اَللّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ، وَبِكَ خَاصَمْتُ، وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ. فَاغْفِرْ لِيْ مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ، لاَ إِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَنْتَ إِلٰهِيْ لاَ إِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ

Artinya:

“Ya, Allah! Bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau yang mengurusi langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau Tuhan yang menguasai langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji dan bagi-Mu kerajaan langit dan bumi serta seisi-nya.

Bagi-Mu segala puji, Engkau benar, janji-Mu benar, firman-Mu benar, bertemu dengan-Mu benar, Surga adalah benar (ada), Neraka adalah benar (ada), (terutusnya) para nabi adalah benar, (terutusnya) Muhammad adalah benar (dari- Mu), peristiwa hari kiamat adalah benar.

Ya Allah, kepada-Mu aku pasrah, kepada-Mu aku bertawakal, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku kembali (bertaubat), dengan pertolongan-Mu aku berdebat (kepada orang-orang kafir), kepada-Mu (dan dengan ajaran-Mu) aku menjatuhkan hukum.

Oleh karena itu, ampunilah dosaku yang telah lalu dan yang akan datang. Engkaulah yang mendahulukan dan mengakhirkan, tiada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau”.

Keistimewaan Salat Tahajud di Bulan Ramadan

Berikut ini keistimewaan shalat tahajud di bulan Ramadhan, yang dikutip dari Tribun-video.com:

Pembuka Pintu Surga

Keistimewaan sholat tahajud di bulan Ramadan yang pertama adalah pembuka pintu surga.

Adapun hadis yang mengamini keistimewaan sholat tahajud di bulan Ramadan, seperti dikatakan oleh Rasulullah SAW saat itu kepada Abdullah Ibnu Muslim berkaitan dengan keistimewaan salat tahajud.

Baca Juga: Jadi Bulan Penuh Berkah dan Ampunan, Jangan Lupa Panjatkan Doa 10 Hari Pertama Puasa Ramadhan Ini, Lengkap dengan Latin dan Terjemahannya

Sedekah Rahasia

Keistimewaan salat tahajud di bulan Ramadan yang kedua adalah seperti sedekah yang dirahasiakan.

Sholat tahajud diumpamakan seperti keutamaan sedekah yang dilakukan secara sirr (rahasia), bila dibandingkan sedekah yang dilaksanakan secara terang-terangan di depan publik.

Maka dari itu, tidak heran ganjaran dari keistimewaan sholat tahajud di bulan Ramadan adalah dibukakan pintu surga untuknya.

Dalam Al-Wur’an surat Az-Zariyat ayat 15-18 disebutkan keistimewaan sholat tahajud di bulan Ramadan.

Bahwa orang yang senantiasa melakukan sholat tahajud, akan mendapatkan ganjaran oleh Allah SWT ketika kelak sudah berada di akhirat.

Menghapus Dosa

Keistimewaan sholat tahajud di bulan Ramadan yang ketiga adalah dapat menghapus dosa.

Maka dengan keistimewaan sholat tahajud di bulan Ramadan, ada kesempatan untuk menghapus dosa-dosa yang pernah dilakukan.

Sebagaimana yang disampaikan oleh hadis mengenai keistimewaan sholat tahajud di bulan Ramadan yang dapat menghapus dosa:

“Lakukanlah sholat malam oleh kalian, karena hal itu merupakan kebiasaan orang-orang salih sebelum kalian. Ia pun dapat mendekatkan kalian kepada Rabb kalian, menghapus segala kesalahan dan mencegah dari perbuatan dosa.” (HR. Tirmidzi)

Baca Juga: Atasi Bau Mulut Tak Segar Saat Puasa dengan Rutin Sikat Gigi di 2 Waktu ini, Jangan Sampai Terlewat ya

Kedudukan Terpuji

Keistimewaan sholat tahajud di bulan Ramadan yang keempat adalah mendapat kedudukan yang terpuji.

Orang-orang yang melaksanakan ibadah sholat tahajud di bulan Ramadan, akan mendapat keistimewaan yang tercantum dalam Al-Qur’an surat Al Isra ayat 79, yang artinya:

“Dan pada sebagian malam hari bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al Israa’: 79)

Doa Dikabulkan

Keistimewaan sholat tahajud di bulan Ramadan yang kelima adalah doa akan selalu diijabah atau dikabulkan.

Apalagi bila seseorang melaksanakannya di waktu utamanya yaitu di sepertiga malam terakhir.

Keistimewaan sholat tahajud di bulan Ramadan ini bisa didapat setelah sahur di bulan Ramadan.

Sunah Utama

Keistimewaan sholat tahajud di bulan Ramadan yang keenam adalah termasuk sunah utama.

Diantara sholat sunah lain, sholat tahajud merupakan yang paling utama.

Keistimewaan sholat tahajud di bulan Ramadan pun bisa menolak penyakit.

Orang-orang yang mengamalkan sholat sunah yang diutamakan ini akan dijaga kesehatannya dan dijauhkan penyakit daripadanya, dengan izin Allah SWT.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Keistimewaan Sholat Tahajud di Bulan Ramadan, Lengkap dengan Bacaan Niat dan Tata Caranya

(*)

Editor : Nabila Nurul Chasanati

Sumber : Tribunnews.com

Baca Lainnya