Selain Putra Ridwan Kamil, Ternyata Banyak Orang Asing yang Tenggelam di Sungai Aare Swiss, Inilah yang Jadi Penyebabnya

Minggu, 29 Mei 2022 | 14:30
instagram

Ridwan Kamil dan Emmeril Khan

GridHype.ID -Putra Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau biasa dipanggil Eril dikabarkan hilang terseret arus di Sungai Aare, Bern, Swiss (25/5/2022).

Sampai detik ini pihak kepolisan dan tim SAR masihmelakukan pencarian.

Kabar tak menyenangkan ini sontak membuat warga Indonesia syok.

Namun, mengutip dari Tribun Style via Suar.id, tenggelamnya Eril di Sungai Aare, Swiss rupanya bukan fenomena baru.

Pasalnya, orang asing yang cenderung tidak tahu betul bahaya berenang di sungai Swiss itu tercatat kerap menjadi korban tenggelam.

Dilansir dari Kompas.com via Suar.id, dari Kantor Polisi Bern (Poltabes Bern), Jumat (27/5/2022), menyebutkan korban tenggelam sebagian besar adalah pengungsi atau turis mancanegara.

Di Swiss sendiri, menurut Biro Statistik Komunitas Penyelamatan (SLRG) Swiss, setahun rata-rata ada 40 orang yang tenggelam.

Dari jumlah ini, 90 persen insiden terjadi di danau atau sungai, dan korban didominasi laki laki.

Di Sungai Aare yang membelah Kota Bern, meskipun tidak banyak yang tenggelam, namun sebagian besar korban memang merupakan kalangan pengungsi atau turis asing.

Baca Juga: Padahal Selalu Patuhi Protokol Kesehatan, Istri Ridwal Kamil Dikabarkan Terpapar Covid-19, Atalia Praratya: Bingung Ketularan di Mana...

"Rata-rata yang tenggelam orang asing atau turis karena tidak tah.,"

"Sebagian besar korban masih muda."

"Kurang tahu soal kondisi sungai setempat, sekaligus meremehkannya," tulis Der Bund, koran dari Bern."

Poltabes Bern bersama Pemerintah Kota Bern telah mengkampanyekan slogan "Are You Save? It Is Not a Game" dengan menyebarkan selebaran dan menempelkan plakat dalam sepuluh bahasa di pinggiran Sungai Aare.

Kendati demikian, tetap saja ada korban tenggelam.

Beberapa tahun lalu, tercatat ada juga seorang warga Korea Selatan berusia 19 tahun yang tenggelam setelah mencoba berenang di Sungai Aare di wilayah Bärenplatz, Bern.

Di dekat jembatan Nydeggbruecke, yang masih berada di Bern, pernah juga ada turis asing yang ditemukan tenggelam.

Turis Australia pernah pula ditemukan tenggelam setelah meloncat dari Hoehe Marzli, Bern.

Sebagai informasi yang dikutipd dari Tribunnews.com, anak sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz, hilang terseret arus Sungai Aare di Bern, Swiss pada Kamis (26/5/2022) waktu setempat.

Baca Juga: Sudah Divaksin, Ridwal Kamil: Raffi Ahmad Jangan Euforia Dulu

Emmeril atau yang akrab disapa Eril, terseret arus ketika hendak naik ke tepian sungai.

Diketahui, Eril berenang di Sungai Aare bersama sang adik, Camillia Laetitia Azzahra, dan seorang temannya.

"Pada saat akan naik ke atas ada kesulitan yang kami juga tidak paham kondisinya, itu informasi yang kami terima, barangkali ada arus begitu."

"Singkatnya yang lain bisa naik ke darat, Eril terbawa arus, itu informasi yang kami terima per jam sebelas malam tadi," terang adik Ridwan Kamil sekaligus juru bicara keluarga, Elpi Nazmuzaman, saat konferensi pers di Gedung Sate pada Jumat (27/5/2022), dikutip dari TribunJabar.id.

Interpol Swiss Diminta Keluarkan Yellow Notice

Menyusul hilangnya anak Ridwan Kamil, Emmeril Khan, Divisi Hubungan Internasional (Hubinter) Polri meminta Interpol Swiss menerbitkan Yellow Notice.

"Langkah pertama meminta identitasnya via Polda Jawa Barat untuk dimintakan Yellow Notice (pencarian orang) ke Interpol Swiss dan seluruh anggota Interpol lainnya," ungkap Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo, Jumat (27/5/2022), dilansir Kompas.com.

Polri juga terus memantau perkembangan pencarian hilangnya anak Ridwan Kamil secara informal lewat kerja sama Police to Police (P to P) dengan kepolisian di Swiss.

Mengutip laman Interpol, Yellow Notice adalah peringatan polisi internasional untuk orang hilang.

Baca Juga: Profil Eril, Putra Sulung Ridwan Kamil yang Dikabarkan Hilang di Sungai Aaree, Swiss

Peringatan ini diterbitkan untuk korban penculikan orang tua, penculikan kriminal, atau hilang yang tak bisa dijelaskan.

Yellow Notice merupakan alat penegakan hukum yang penting yang dapat meningkatkan kemungkinan orang hilang ditemukan, terutama jika ada kemungkinan orang tersebut bepergian, atau dibawa ke luar negeri.

Sempat Beredar Kabar Eril Ditemukan

Di tengah pencarian Emmeril Khan yang hilang terseret arus Sungai Aare di Swiss, beredar kabar anak Ridwan Kamil ini telah ditemukan.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui akun Twitter-nya, membantah kabar itu.

Dalam pernyataan resminya di akun @westjavagov_, Eril hingga Jumat (27/5/2022_ petang waktu Indonesia, belum ditemukan.

"Beredarnya sejumlah informasi terkait telah ditemukannya Emmeril Khan Mumtadz (A Eril) putra sulung Gubernur Jawa Barat @ridwankamil di WAG/Line/Media Online adalah tidak benar atau Misinformasi," tulis akun Pemprov Jabar, dikutip Kompas.tv.

Lebih lanjut, Pemprov Jabar pun meminta pada warga Jawa Barat untuk tidak mempercayai kabar yang tak resmi dan diragukan kebenarannya.

"Sehingga dimohon kepada wargi Jabar untuk tidak mempercayai dengan cepat kabar yang beredar yang tidak resmi dan diragukan validitasnya. Terima kasih," tutup pernyataan tersebut.

Terpisah, Wakil Gubernur Jawa Baratm Uu Ruzhanul Ulumm mengatakan dirinya belum mendapat kabar perkembangan terbaru soal pencarian anak Ridwan Kamil.

Kendati demikian, ia berharap Eril ditemukan dalam keadaan sehat dan selamat sehingga bisa kembali berkumpul dengan keluarga.

Uu Ruzhanul Ulum juga mengajak seluruh masyarakat Jawa Barat untuk berdoa agar proses pencarian Eril di Swiss berjalan dengan lancar.

"Imbauan saya (kepada) masyarakat Jawa Barat, mari kita berdoa mudah-mudahan anak pemimpin kita dalam keadaan selamat dan sehat tidak apa-apa."

"Sekalipun ada hal yang tidak diinginkan, mudah-mudahan ada lah kebaikan untuk kita semua," ujarnya.

Baca Juga: Hilang Terseret Aurus Sungai di Swiss, Anak Sulung Ridwan Kamil Belum Ditemukan Usai Dicari Sampai 6 Jam Akun Sosial Media Banjir Doa

(*)

Editor : Helna Estalansa

Sumber : Tribunnews.com, Suar.id

Baca Lainnya