Lebaran 2022 Tanggal Berapa? Pemerintah Bakal Gelar Sidang Isbat 1 Syawal 1443 H pada Tanggal Ini

Rabu, 27 April 2022 | 13:15
Freepik.com

Ilustrasi lebaran 2022

GridHype.ID -Tak terasa bulan suci Ramadhan 1443 H sebentar lagi akan berakhir.

Itu artinya umat Islam di seluruh dunia akan merayakan hari raya idul fitri.

Namun, masyarakat masih bertanya-tanya, Lebaran 2022 tanggal berapa?

Tentu pertanyaan tersebut banyak ditanyakan ketika memasuki akhir ramadhan.

Hingga saat ini, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah menetapkan 1 Syawal 1443 H sebagai Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran jatuh pada Senin, 2 Mei 2022.

Sementara pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat (penetapan) 1 Syawal 1443 H pada Minggu, 1 Mei 2022.

Dikutip dari kemenag.go.id, Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin menjelaskan, sidang isbat mempertimbangkan informasi awal berdasarkan hasil perhitungan secara astronomis (hisab) dan hasil konfirmasi lapangan melalui mekanisme pemantauan (rukyatul) hilal.

Secara hisab, semua sistem sepakat bahwa ijtimak menjelang Syawal jatuh pada Minggu, 1 Mei 2022 atau bertepatan dengan 29 Ramadan 1443 H.

"Pada hari rukyat, 29 Ramadan 1443 H, ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia sudah di atas ufuk dan di atas kriteria baru MABIMS (Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, Singapura) yaitu di atas 3 derajat," jelas Kamaruddin, Senin (18/4/2022).

Baca Juga: Innalillahi, Bak Firasat akan Meninggal Dunia, Pelawak Bertubuh Mungil Ini Ternyata Sempat Belikan Baju Lebaran untuk Sang Istri dan Anaknya: Nih Buat Lebaran...

Kamaruddin menagtakan awal Syawal 1443 H menunggu hasil rukyatul hilal.

"Kemenag akan menggelar rukyatul hilal pada 99 titik di seluruh Indonesia. Rukyatul hilal tersebut akan dilaksanakan oleh Kanwil Kementerian Agama dan Kemenag Kabupaten/Kota, bekerja sama dengan Peradilan Agama dan Ormas Islam serta instansi lain," katanya.

Memenuhi Kriteria Baru yang ditetapkan MABIMS

Kembali dikutip dari kemenag.go.id, secara hisab posisi hilal di Indonesia saat sidang isbat awal Syawal 1443 H mendatang sudah memenuhi kriteria baru yang ditetapkan Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS).

"Di Indonesia, pada 29 Ramadan 1443 H yang bertepatan dengan 1 Mei 2022 tinggi hilal antara 4 derajat 0,59 menit sampai 5 derajat 33,57 menit dengan sudut elongasi antara 4,89 derajat sampai 6,4 derajat," jelas Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin, Senin (25/4/2022).

Menurut kriteria baru MABIMS, imkanur rukyat dianggap memenuhi syarat apabila posisi hilal mencapai ketinggian 3 derajat dengan sudut elongasi 6,4 derajat.

Kamaruddin menjelaskan Pemerintah Indonesia akan menyelenggarakan Sidang Isbat dengan menggunakan metode hisab dan rukyat.

Posisi hilal Syawal akan dipresentasikan oleh Tim Unifikasi Kalender Hijriyah yang selanjutnya menunggu laporan rukyat dari seluruh Indonesia.

"Rukyat digunakan sebagai konfirmasi terhadap hisab dan kriteria yang digunakan. Kedua hal yaitu hisab dan konfirmasi pelaksanaan rukyatul hilal akan dimusyawarahkan dalam sidang isbat untuk selanjutnya diambil keputusan awal Syawal 1443 H," jelasnya.

Baca Juga: Hari Raya Tak Lengkap Tanpa Beli Baju Baru, Berikut Tips Hemat Belanja Online Pakaian Lebaran, Jangan Kalap!

Link sidang Isbat 1 Syawal 1443 H

Sidang isbat akan digelar secara hybrid, yakni daring dan luring.

Hasil sidang Isbat 1 Syawal 1443 H akan disiarkan langsung oleh TVRI sebagai TV Pool dan juga RRI.

Selain itu, Penyampaian hasil sidang isbat juga disiarkan secara langsung melalui media sosial Kementerian Agama.

- Live streaming TVRI di https://tvri.go.id/live

- Kanal Youtube Kementerian Agama

- Media sosial Kementerian Agamam, Instagram @kemenag_ri atau @bimasislam

MUI sebut NU dan Muhammadiyah Berpotensi Rayakan Idul Fitri 1443 H Dalam Waktu Bersamaan

Diwartakan Tribunnews.com, Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan perkiraan perayaan 1 Idul Fitri 1443 H atau 2022 M bertepatan pada 2 Mei 2022.

Baca Juga: Update Peraturan Ganjil Genap Jelang Arus Mudik Lebaran 2022, Jangan Sampai Salah Tanggal

Sekretaris Jenderal MUI Amirsyah Tambunan menyebut, dengan perkiraan yang demikian maka, baik Nadhlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah berpotensi akan merayakan Hari Raya Idul Fitri dalam waktu bersamaan.

"Saya pribadi menyampaikan dalam banyak kesempatan Lebaran tahun ini memang diperkirakan berpotensi sama," kata Amirsyah saat ditemui awak media di Kantor MUI Pusat, Jakarta, Selasa (26/4/2022).

"Diperkirakan bulan sudah kelihatan jadi potensi sama (perayaan) Idul Fitri yaitu pada tanggal 2 Mei 2022," sambungnya.

Amirsyah menyatakan, penunjukkan bulan tersebut sebagaimana kriteria dari MABIMS yang memperkirakan pada tanggal 2 Mei 2022 posisi bulan sudah di atas 3 derajat.

"Karena di akhir Ramadhan tanggal 1 Mei 2022, itu diperkirakan posisi bulan sudah di atas 3 derajat dan itu juga sudah sesuai dengan kriteria MABIMS 2021," kata Amirsyah.

MUI kata Amirsyah lantas merasa bersyukur jika memang nantinya penetapan 1 Idul Fitri dirayakan secara bersamaan antara NU dan Muhammadiyah.

Hal itu didasari agar terciptanya kebersamaan antara pemegang keyakinan bagi umat Islam dan untuk kemaslahatan bersama.

"Andaikan terjadi perbedaan mudah-mudahan tidak terjadi kita berharap untuk merajut kebersamaan tentu pemerintah. Mempertimbangkan untuk maslahat kebersamaaan," tukasnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "Lebaran 2022 Tanggal Berapa? Berikut Jadwal Sidang Isbat 1 Syawal 1443 H"

Baca Juga: Tradisi Puasa dan Lebaran: Mengenl Tradisi Arwah Jamak di Demak di Momen Jelang Lebaran

(*)

Editor : Helna Estalansa

Sumber : Tribunnews.com

Baca Lainnya