Mendadak Lupa Jumlah Rakaat Salat, Lakukan Hal Ini Saat Ragu-ragu, Termasuk Amalan yang Bisa Menyempurnakan Ibadah

Senin, 25 April 2022 | 16:30
pixabay

Salat malam Lailatul Qadar dilaksanakan ketika sepuluh hari terakhir di bulan Ramadan.

GridHype.ID - Lupa menjadi salah satu sifat manusiawi yang dimiliki setiap orang.

Hal ini juga mungkin terjadi ketika umat Muslim menjalankan ibadah salat.

Ya, sejumlah orang mungkin pernah lupa denganjumlah rakaat salat.

Rupanya, lupa jumlah rakaat salat bisa jadi karena Anda tidak begitu khusyuk saat melakukan ibadah.

Melansir dari buku yang bertajuk Khusyu Dalam Shalat karya Syafri M. Noor Lc, ketidakkhusyukan ini karena adanya godaan setan.

Lalu apa yang harus Anda lakukan jika terjadi hal tersebut?

Pertama, Anda dapat melakukan sujud sahwi.

Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi Wasallam pernah shalat 5 rakaat tanpa sadar.

Kemudian selesai shalat ketika diingatkan, beliau pun mengaku bahwa telah lupa jumlah rakaat, sehingga beliau melakukan sujud sahwi.

Baca Juga: Memasuki Minggu Terakhir Bulan Ramadan, Simak Apa Saja yang Dilakukan Rasulullah SAW Ketika Melakukan Itikaf Bersama Sahabat

عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ قَال : صَلَّى بِنَا رَسُول اللَّهِ خَمْسًا فَقُلْنَا : يَا رَسُول اللَّهِ أَزِيدَ فِي الصَّلاَةِ ؟ قَال : وَمَا ذَاكَ ؟ قَالُوا : صَلَّيْتَ خَمْسًا

كَمَا تَذْكُرُونَ وَأَنْسَى كَمَا تَنْسَوْنَ ثُمَّ سَجَدَ سَجْدَتَيِ السَّهْوِ

Abdullah bin Mas'ud radhiyallahuanhu berkata:

"Rasullullah Sallallahu ‘Alaihi Wasallam mengimami kami 5 rakaat. Kami pun bertanya,"Apakah memang shalat ini ditambahi rakaatnya?".

Belia Sallallahu ‘Alaihi Wasallam balik bertanya,"Memang ada apa?". Para sahabat menjawab, "Anda telah shalat 5 rakaat!".

Beliau Sallallahu ‘Alaihi Wasallam pun menjawab, "Sesungguhnya Aku ini manusia seperti kalian juga, kadang ingat kadang lupa sebagaimana kalian". Lalu beliau Sallallahu ‘Alaihi Wasallam sujud dua kali karena lupa. (HR. Muslim)

Sebagai informasi, sujud sahwi adalah bagian ibadah Islam yang dilakukan di dalam salat.

Sujud sahwi merupakan dua sujud yang dilakukan oleh orang yang salat untuk menggantikan kesalahan yang terjadi di dalam salatnya karena lupa.

Sujud Sahwi dilakukan dengan cara melakukan dua sujud sebelum atau sesudah salam dan bacaannya adalah sama dengan bacaan sujud lainnya di dalam salat.

Baca Juga: Menanti Malam Lailatul Qadar, Ini Amalan yang Bisa Dilakukan Saat Beritikaf di Masjid, Lengkap dengan Bacaan Doa dan Niatnya

Sujud sahwi dilaksanakan sebelum salam pada dua keadaan:

Apabila terjadi pengurangan, misalnya melupakan tasyahud pertama.

Jika hal tersebut karena ragu yang dia tidak dapat memutuskan mana dari dua kemungkinan yang lebih condong dalam pikirannya.

Sujud sahwi dilaksanakan setelah salam ketika:

Apabila terjadi penambahan di dalam salat, juga termasuk seseorang yang lupa suatu kewajiban salat dan telah melakukan salam sebelum menyempurnakan shalatnya.

Lalu ia mengingat apa yang dilupakannya (setelah salam) dan (kembali untuk) menyempurnakan salatnya.

Jika hal itu karena lupa, ketika salah satu dari dua kemungkinan lebih condong dalam pikiran seseorang.

Kedua, Anda dapat membuang keraguan dalam hal tersebut.

Dalam sebuah hadis dijelaskan apabila mengalami kelupaan rakaat dalam salat, maka dianjurkan untuk membuang keraguan dan mengambil keyakinan.

Baca Juga: Wajib Bagi Umat Muslim, Inilah Doa, Niat, dan Cara Menghitung Zakat Fitrah

يَسْجُدُ سَجْدَتَيْنِ قَبْلَ أَنْ يُسَلِّمَ فَإِنْ كَانَ صَلَّى خَمْسًا شَفَعْنَ لَهُ صَلاَتَهُ وَإِنْ كَانَ صَلَّى إِتْمَامًا لأَرْبَعٍ كَانَتَا تَرْغِيمًا لِلشَّيْطَانِ

“Apabila kalian ragu dalam shalatnya, dan tidak mengetahui berapa rakaat dia shalat, tiga ataukah empat rakaat maka buanglah keraguan itu, dan ambilah yang yakin.

Kemudian sujudlah dua kali sebelum salam. Jika ternyata dia shalat lima rakaat, maka sujudnya telah menggenapkan shalatnya.

Lalu jika ternyata shalatnya memang empat rakaat, maka sujudnya itu adalah sebagai penghinaan bagi setan.”

Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi Wasallam saat menjadi imam pernah lupa gerakan shalat tertentu, bahkan salah menetapkan jumlah bilangan rakaat, sehingga beliau melakukan sujud sahwi.

Artikel ini telah tayang di TribunPalu.com dengan judul Lakukan Hal Ini Jika Lupa Jumlah Rakaat Salat: Tunaikan Sujud Sahwi hingga Buang Keragu-raguan

Baca Juga: Menghidupkan Malam Lailatul Qadar, Berikut Bacaan Doa dan Sunna yang Dianjurkan Rasulullah SAW di Malam Seribu Bulan

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : TribunPalu.com

Baca Lainnya