Wajib Mampir, Tiga Rest Area Unik di Ruas Jalan Tol Jawa ini Bikin Perjalanan Mudik Makin Seru, Ada yang Masuk Rekor Muri

Senin, 25 April 2022 | 12:15
Kompas.com

Rest Area KM 456 Salatiga

GridHype.id-Jelang mudik lebaran 2022, pemudik yang berencana untuk kembali ke kampung halaman mulai mempersiapkan kebutuhan selama diperjalanan.

Bagi pelaku perjalanan mudik yang membawa kendaraan pribadi tentu harus sudah mempersiapkan rute perjalanan mudik sedini mungkin.

Ditambah lagi kebijakan sistem one way dan ganjil genap yang nantinya akan diterapkan selama arus mudik dan arus balik.

Tak hanya mempersiapkan rute perjalanan, pemudik juga harus menjaga stamina dan kesehatan selama mudik.

Hal ini sangat penting agar dapat selamat dalam perjalanan.

Untuk itu, penting bagi para pemudik mengetahui titik-titik lokasi peristirahatan atau rest area di sepanjang jalur mudik.

Rest Area menjadi tempat peristirahatan yang bisa anda kunjungi saat sudah mulai lelah berkendara.

Tetapi perlu diektahui ada beberapa rest area yang tidak hanya berfungsi sebagai tempat peristirahatan saja loh.

Sebab beberapa rest area berikut ini juga bisa menyegarkan pikiran anda karena dibuat selayaknya tempat wisata.

Baca Juga: Prediksi Jumlah Pemudik Terus Meningkat, Jangan Sepelekan 5 Hal ini Untuk Tetap Jaga Stamina Selama Lakukan Perjalanan Jauh

Berikut ini tiga rest area paling unik dan kece untuk disinggahi selama perjalanan mudik.

1. Rest Area 260B Banjaratma, Tol Pejagan-Pemalang

Kompas.com

Rest Area 260B Banjaratma, Tol Pejagan-Pemalang

Rest Area yang berada di KM 260B Tol Pejagan-Pemalang ini dikenal juga sebagai Rest Area Heritage.

Hal ini lantaran rest area dibangun dengan memanfaatkan cagar budaya pabrik gula Banjaratma peninggalan Belanda.

Lokasi rest area bekas pabrik gula Banjaratma berada di Km 260 B yang masuk dalam wilayah Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Menilik sejarahnya, pabrik gula Banjaratma dibangun pada tahun 1908 oleh N.V. Cultuur Maatschappij yaitu sebuah perusahaan perkebunan yang berpusat di Amsterdam, Belanda.

Setelah gulung tikar pada tahun 1997, kompleks pabrik gula yang berdiri di lahan seluas 10,5 hektar ini ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya.

Rest area heritage ini menyediakan fasilitas standar seperti SPBU, area parkir yang luas, masjid, mushola, toilet, hingga kios makanan dan minuman.

Beberapa UKM yang menjual souvenir dan kuliner lokal seperti teh dan telur asin khas Brebes juga dapat dengan mudah ditemukan di sini.

Baca Juga: Update Peraturan Ganjil Genap Jelang Arus Mudik Lebaran 2022, Jangan Sampai Salah Tanggal

Selain itu, sudut-sudut rest area dimanfaatkan sebagai tempat memajang berbagai mesin peninggalan masa lalu, salah satunya mesin penggiling tebu dan bekas tungku yang mempercantik suasana.

Kompas.com

Rest Area 260B Banjaratma, Tol Pejagan-Pemalang

Di luar bangunan juga terdapat lokomotif tua dan air mancur yang menarik untuk dijadikan spot foto Instagramable.

Lokasi ini juga kerap digunakan sebagai latar video atau foto prewedding karena kecantikan sudut bangunannya yang menciptakan lorong-lorong dari susunan batu bata.

Baru-baru ini,Rest Area Heritage Km 260B Banjaratma juga menambah fasilitas wahana yang seru untuk anak-anak.

Di salah satu sisi rest area tela dibangun wahana seluncuran atau perosotan panjang bernama Srodotan Donat sengan desain yang unik.

Tak hanya dibuka untuk anak-anak, orang dewasa juga bisa menjajal keseruan menaiki wahana ini.

Untuk mencobanya, pengunjung akan dikenakan tarif Rp 15.000 saat weekdays dan Rp 25.000 saat weekend dengan dua kali kesempatan meluncur.

Tak heran, rest area pabrik gula arah Jakarta ini disebut sebagai salah satu destinasi wisata bagi kendaraan yang melintas di ruas Tol Pemalang-Pejagan.

2. Rest Area KM 19, Tol Jakarta-Cikampek

Baca Juga: Peraturan Terbaru Syarat Mudik Bagi yang Membawa Anak Berusia 6-17 Tahun, Tak Perlu Lagi Lampirkan Tes Antigen

Kompas.com

Rest Area KM 19 Tol Jakarta-Cikampek

Rest area ini mudah dikenali karena memiliki desain modern yang menarik, bahkan kanopi di area SPBU pernah meraih penghargaanMuseum Rekor Dunia-Indonesia(Muri) sebagai kanopi terunik se-Indonesia.

Tak heran jika pengendara yang mampir di rest area Km 19 kerap menjadikannya obyek kamera dan swafoto.

Rest Area Km 19 Tol Jakarta-Cikampek masuk ke tipe A dengan layanan terlengkap mulai dari SPBU, restoran, cafe, minimarket, dan fasilitas umum berupa gerai ATM, toilet eksekutif, masjid, dan bengkel.

Rest area ini juga memiliki lahan parkir yang luas dengan fasilitas lain yang semuanya terkelola dengan baik.

Pengunjung rest area Km 19 juga dimanjakan dengan hadirnya kios dengan merk terkemuka yang menyediakan berbagai jenis makanan dan minuman.

Tak heran jika banyak pengemudi sengaja mampir ke untuk beristirahat sejenak atau mencari bekal yang akan dinikmati selama perjalanan.

Inovasi baru juga diperkenalkan rest area Km 19 dengan membangun hotel pertama di ruas Tol Trans-Jawa.

Resmi dibuka pada Kamis (31/3/2022), PT Puri Sentul Permai menjadi pengelola hotel perdana di rest area di Tol Jakarta-Cikampek.

Hotel Kedaton 8 Xpress di rest area Km 19 ini merupakan penginapan dengan kelas bintang tiga.

Baca Juga: Peraturan Terbaru Syarat Mudik Bagi yang Membawa Anak Berusia 6-17 Tahun, Tak Perlu Lagi Lampirkan Tes Antigen

Di dalamnya terdapat 12 kamar tidur dan dua meeting room yang bisa disewa untuk beristirahat baik perorangan maupun rombongan.

Namun, berbeda dengan hotel kebanyakan, tamu yang ingin menginap Hotel Kedaton 8 Xpress di rest area Km 19 akan dibatasi maksimal selama 12 jam.

Selain itu, pengunjung akan dikenakan tarif dengan skema yang berbeda dari hotel biasa, yaitu Rp 300.000 per tiga jam.

Pembangunan hotel di rest area Km19 ini dilaksanakan menyusul keluarnya Peraturan Menteri (Permen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 28 Tahun 2021.

Dalam peraturan tersebut terdapat Pasal 39 yang mengatur adanya Tempat Istirahat Pelayanan (TIP) di jalan tol.

3. Rest Area KM 456 Salatiga

Kompas.com

Rest Area KM 456 Salatiga

Rest area yang berada di ruas tol Semarang-Solo menjadi salah satu rest area terbaik dan paling megah.

Bagaimana tidak, rest area ini memiliki sky bridge yang melintang di atas jalur tol.

Dimana Sky Bridge ini akan menghubungkan dua rest area yang bersebrangan di jalur Solo menuju Semarang ataupun sebaliknya.

Baca Juga: Antisipasi Lonjakan, Jalan Lingkar Brebes-Tegal Diresmikan Jokowi, Bakal Kurangi Beban Lalin hingga 48 Persen

Desain sky bridge dan bangunan-bangunan di rest area tersebut sangat unik karena menggunakan konsep seperti bangunan rumah joglo sehingga menambah kesan budaya Jawa yang sangat kental.

Jika beruntung, kamu juga akan mendapatkan pemandangan pegunungan yang sangat indah, benar-benar dapat menyegarkan mata dan pikiran siapa saja yang sudah penat karena perjalanan jarak jauh.

Tidak perlu khawatir, dengan luas bangunan mencapai 3,3 hektar ini ada banyak tempat makan, jajanan, hingga oleh-oleh dan pameran yang bisa kalian saksikan di tempat ini.

Toilet di sini pun juga banyak sehingga kalian tidak perlu khawatir untuk antri.

Dengan segala keindahannya, pantas saja rest area ini dijuluki sebagai salah satu rest area terbaik dan termegah.

Baca Juga: Antisipasi Lonjakan, Jalan Lingkar Brebes-Tegal Diresmikan Jokowi, Bakal Kurangi Beban Lalin hingga 48 Persen

(*)

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : Kompas.com, Instagram

Baca Lainnya