Inilah Doa dan Amalan Jelang Tidur, Jadi Kunci Ketenangan dan Keamanan Jiwa

Senin, 25 April 2022 | 21:00
freepik.com

doa sebelum tidur

Gridhype.id- Setiap umat beriman dianjurkan untuk berdoa.

Bahkan, kita dianjurkan untuk berdoa di berbagai kesempatan, baik saat akan megawali kegiatan maupun mengakhirinya.

Dengan berdoa, berarti kita berserah kepada Allah SWT atas segala yang akan kita lakukan.

Tak hanya perkara besar, beragam kegiatan kecil yang dianggap sepele juga harus diawali dengan berdoa.

Mulai dari makan, minum, bahkan saat akan tidur.

Sebelum tidur, penting bagi kita untuk melakukan amalan dan membaca doa untuk kemanan.

Dengan membaca doa, tidur akan menjadi lebih lelap dan penuh perlindungan.

Siapa sangka, ada banyak hal yang bisa terjadi selama kita tidur, baik dari lingkungan sekitar maupun dari dalam diri sendiri.

Rasulullah SAW telah memberikan teladan kepada kita untuk membaca doa sebelum tidur.

Bahkan, anjuran tersebut tertuang dalam sejumlah hadist yang ada.

Baca Juga: Memasuki Minggu Terakhir Bulan Ramadan, Simak Apa Saja yang Dilakukan Rasulullah SAW Ketika Melakukan Itikaf Bersama Sahabat

Dilansir dari Tribun Batam, berikut doa yang bisa dipanjatkan sebelum kita tidur:

بِاسْمِكَ اللَّهُمَّ أَحْيَا وَأَمُوتُ Bismika Allaahumma ahyaa wa amuutu.

Artinya: "Dengan menyebut nama-Mu ya Allah, aku hidup dan mati." (HR. Bukhari)

Kemudian bisa mengamalkan amalan yang mudah dan sederhana, yakni membaca bismillah sebanyak 21 kali.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Bismillahirrahmanirrahiim (21 kali)

Sebab membaca bismillah memiliki banyak keistimewaan. Di antara keistimewaannya adalah apabila dibaca sebelum tidur sebayak 21 kali, maka orang yang membacanya akan aman di malam tersebut dari gangguan setan, rumahnya akan aman dari maling, ia akan aman dari meninggal secara tiba-tiba, dan aman dari petaka lainnya.

Faidah tersebut disampaikan oleh Syaikh Ahmad As-Showi sebagaimana dikutip dalam kitab Kasyifatussaja Syarh Safinatunnaja karangan Syaikh Nawawi al-Bantani.

Cara Sehat Tidur

Baca Juga: Menanti Malam Lailatul Qadar, Ini Amalan yang Bisa Dilakukan Saat Beritikaf di Masjid, Lengkap dengan Bacaan Doa dan Niatnya

Sementara itu, pemimpin pondok pesantren Daarut Tauhiid KH Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym mengingatkan bahwa dalam Islam pun diajarkan tidur dengan cara sehat sesuai ajaranRasulullah SAW.

Tidur adalah keperluan kita setiap hari. Tidur memakan waktu yang panjang dari hidup kita. Namun tidur juga harus jadi amal soleh.

"Tidur pun harus dipersiapkan karena kita bisa bangun lagi atau kita tidak bisa bangun untuk selama-lamanya," tutur Aa Gym dalam akun Youtubenya yang dikutip Wartakotalive.com, Kamis (13/8/2020).

Berikut 7amalan yang dilakukan Rasulullah Salallahu alahi wassalam sebelum tidur:

Tidur tidak terlalu malam

Rasulullah SAW tidak menyukai seseorang yang tidur larut malam. Cepatlah tidur dan cepatlah bangun untuk beribadah.

Hal ini diriwayatkan oleh Abu Barzah Radyallahu Anhu

Bahwasanya Rasulullah Shallahu alaihi wa sallam membenci tidur malam sebelum (shalat isya) dan berbincang-bincang (yang tidak bermanfaat) setelahnya. (HR Bukhori dan muslim)

Jadi tidak ada istilah begadang dalam Islam, lanjut Aa Gym. Walaupun sepertinya kita akan melakukan hal-hal yang baik tetapi kalau itu menguras waktu dan tenaga kita sehingga merusak istirahat dan ibadah malam kita maka tidurlah lebih awal lebih utama.

Berwudhu

Baca Juga: Wajib Bagi Umat Muslim, Inilah Doa, Niat, dan Cara Menghitung Zakat Fitrah

Rasulullah SAW bersabda apabila engkau hendak mendatangi pembaringan atau tidur maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhu mu untuk melakukan salat (HR Bukhari dan Muslim)

"Dengan berwudhu jelas tubuh akan lebih bersih dan lebih nikmat karena lebih mudah untuk bisa ibadah dengan keadaan suci. Dan kalau pun kita bermimpi maka orang yang bermimpi dalam keadaan bersuci, itu beda mimpinya," jelas Aa Gym.

"Insya Allah mendapat Al Mubasyiro, mimpi yang benar. Dan andaipun kita ditakdirkan meninggal, mudah-mudahan dalam keadaan bersuci meninggal kita lebih baik," tutur Pimpinan Pondok Pesantren Daarut Tauhid ini.

Bersihkan tempat tidur

Rasulullah SAW suka membersihkan tempat tidurnya.

Menganjurkan untuk mengambil kain dan menepuk sebagaimana sabda Beliau:

"jika salah seorang diantara kalian akan tidur hendaklah mengambil potongan kain dan mengibaskan tempat tidurnya dengan kain tersebut sambil mengucapkan bismillah karena ia tidak tahu apa yang terjadi sepeninggalnya tadi." (HR Bukhari dan Muslim)

"Memang kita tidak tahu apa yang terjadi sebelum kita datang ke tempat tidur. luar biasa bukan," tutur Aa Gym.

Matikan lampu

Baca Juga: Saat Hidup Sedang Tidak Mudah, Panjatkan Doa Nabi Yunus agar Terhindar dari Kesulitan, Lengkap dengan Latin dan Terjemahannya

Rasulullah SAW mengatakan agar mematikan lampu dan mengunci pintu, menutup bejana, mengamankan makanan-makanan seperti yang disabdakan berikut ini:

"Matikanlah lampu lampu kalian jika kalian hendak tidur dan tutuplah pintu pintu serta tutuplah bejana serta wadah-wadah makan dan minum kalian." - HR Bukhari

Dan ini sangat sesuai dengan ilmu kedokteran. Andaikata dibuka bagaimana kajian ilmiah tidur dalam gelap Masyaallah itu sangat baik untuk keadaan tubuh kita.

"Sangat baik untuk keadaan lahir batin kita. Lebih menenangkan dan lebih menyehatkan," jelas Aa Gym.

Dan menutup makanan agar aman. Masyaallah. Sempurna aturan Islam bahkan sebelum tidur.

Doa

Berdoalah sebelum tidur. Biasanya kita akan berdoa

"Bismika Allahuma ahyaa wa bismika wa amuut" yang artinya: Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan dengan nama-Mu aku mati.

Dianjutkan juga membaca ayat kursi seperti sabda Nabi Muhammad SAW: barang siapa membaca ayat kursi ketika akan tidur maka Allah senantiasa menjaganya dan tidak akan didekati setan sampai subuh (HR Bukhari)

Dengan fadhilahnya kita akan terlindungi dan ayat-ayat terakhir surat Al Baqarah (284-286).

Juga dianjurkan membaca Al Ikhlas, Al Falaq, An Nas, tentu bukan dibaca judulnya saja ya, tetap keseluruhan surat.

"Setelah itu ditiupkan ke tangan, diusapkan ke seluruh tubuh dan sampai kaki. Sebanyak tiga kali, Masyaallah ini akan mendatangkan perlindungan," tutur Aa Gym.

Karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi ketika sedang tidur. Dan Allah Maha Tahu kita tidak berdaya dalam menghadapi apapun kalau sedang pulas. Tapi Allah Maha Kuasa atas segalanya.

Kalau Allah janji akan melindungi kita karena mengamalkan sunnah Nabi, insyaallah tidur kita sangat aman. maka itu jangan tinggal doa yang sudah diajarkan Rasulullah.

Berbaring menghadap ke kanan

Seperti sabdaRasulullah SAW: berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu (HR Bukhari dan Muslim)

Jangan tengkurap karena tidak baik untuk kesehatan dan Rasulullah pun melarangnya.

"Sesungguhnya posisi tidur tengkurap itu adalah posisi tidur yang dimurkai oleh Allah azza wa jalla ( HR Bukhari dan Muslim)

Dengan berbaring sebelah kanan jantung kita lebih aman, tidak tertekan dan banyak lagi keutamaan yang didapatkan dalam kondisi tidur menghadap ke kanan.

Mengakhiri doa

Ini adalah doa yang utama yang harus kita hapalkan dan pahami karena doa ini kalau kita jalankan dengan sungguh-sungguh dan penuh keyakinan akan mengantarkan husnul khotimah.

Allahumma Aslamtu nafsiy ilayka wa fawwadhtu amri Ilayka wa wajjahtu wajhiya ilaulyika wa aljaatu Zhohrii ailayka Astaghfiruka wa Attuubu Ilayka Aamantubikitabika Alladzii Anzalta Wabinabiyyikalladziii Arsalta

Ya Allah aku menyerahkan diriku kepada Mu aku serahkan urusanku kepadaMu, aku menghadapkan wajah ku kepadaMu dan aku sandarkan punggungku kepadaMu karena mengharap dan takut kepadaMu

Tidak ada tempat berlindung dan menyelamatkan diri dari ancaman musuh kecuali kepada-Mu, aku memohon ampunanMu dan dan aku bertaubat kepada- Mu, aku beriman kepada kitab yang Engkau turunkan dan kepada Nabi yang Engkau utus (HR Bukhari dan Muslim).

"Sahabatku sekalian selamat menikmati menjelang tidur dengan penuh rasa syukur atas nikmat-nikmat Allah yang Allah berikan. Selamat menikmati menjelang istirahat dengan taubat dan dosa-dosa yang sengaja tidak sengaja yang kita lakukan sepanjang hari.

"Selamat menikmati istirahat yag kalau kita bangun lagi untuk shalat malam insyaallah lebih berkah. Andaipun ajal kita datang mudah-mudahan husnul khotimah. Bahagia, mulia, selamat dunia akhirat bersama sunnah Rasulullah SAW" pungkas Aa Gym.

Artikel ini telah tayang di Tribun Batam dengan judul Doa Sebelum Tidur Lengkap Amalan Anjuran Rasulullah SAW, Berbaring Menghadap Kanan (19/1/2021).

Baca Juga: Biasanya Disanjung Kini Banjir Cibiran karena Tabiat Chandrika Chika, Raffi Ahmad Sampai Minta Doa Usai Artisnya Terlibat Kasus Pengeroyokan

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Tribun Batam

Baca Lainnya