Berikut Daftar Amalan yang Bisa Jadi Penghapus Dosa Saat Ramadan, Sudah Dilakukan?

Minggu, 17 April 2022 | 05:30
pinterest

Ilustrasi doa

Gridhype.id- Bulan Ramadan dikenal sebagai bulan yang suci dan penuh dengan keberkahan.

Tak hanya perkara menahan haus dan lapar, ada banyak amalan yang bisa dilakukan selama bulan suci Ramadan.

Bahkan, amalan tersebut diketahui mampu membawa keberkahan dengan dihapusnya dosa di bulan Ramadan.

Dilansir dari Tribun Jakarta, berikutbeberapaamalan yang bisa dilakukan saat Ramadan:

Salat Wajib

Salat wajib merupakan sebuah kewajiban yang tak boleh dilewatkan.

Kita akan mendapatkan pahala apabila melaksanakannya, namun kita akan mendapat dosa jika meninggalkannya.

Antara salat yang lima waktu, antara jum’at yang satu dan jum’at berikutnya, antara Ramadhan yang satu dan Ramadhan berikutnya, di antara amalan-amalan tersebut akan diampuni dosa-dosa selama seseorang menjauhi dosa-dosa besar.” (HR. Muslim no. 233).

Salat yang baik dilakukan sesuai dengan adab yang ada, yaitu tepat waktu, melakukan dengan rukun dan syarat lengkap, berdzikir, dan berdoa.

Kita juga dianjurkan untuk tidak langsung beranjak seusai salat, serta menutup aurat dengan benar.

Puasa Lahir Batin

Baca Juga: Satu Indonesia Wajib Tahu, Inilah 8 Waktu Mustajab untuk Berdoa yang Sayang untuk Dilewatkan

“Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya di masa lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari no. 38 dan Muslim no. 760).

Banyak orang berpuasa hanya mendapat lapar dan haus saja, untuk bisa diampuni dosa dosa harus melakuakn puasa lahir batin.

Dari lahir yakni tidak makan minum dan semuanya yang berhubungan dengan fisik, dari batin harus menjauhi perbuatan maksiat, prasangka buruk, perbuatan yang merugikan orang lain seperti ghibah atau bergosip, menutup aurat dengan benar, dan menjaga pandangan dari hal hal yang tidak pantas.

Amar Ma’ruf

Yaitu mengajak kepada kebaikan, ajak orang orang terdekat kita untuk melakuakn amalan amalan yang baik agar secara bersama menjauhi dosa dan api neraka.

“Keluarga, harta, dan anak dapat menjerumuskan seseorang dalam maksiat (fitnah). Namun fitnah itu akan terhapus dengan shalat, shaum, shadaqah, amar ma’ruf (mengajak pada kebaikan) dan nahi mungkar (melarang dari kemungkaran).” (HR. Bukhari no. 3586 dan Muslim no. 144).

Istiqomah Salat Tarawih

“Barangsiapa melakukan qiyam Ramadan (salat tarawih) karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari no. 37 dan Muslim no. 759).

Agar dosa diampuni, hendaknya melakukan salat tarawih semampunya dengan keutamaan istiqomah dalam islam walaupun sedikit namun sering dan ikhlas.

Salat Malam

Baca Juga: Tata Cara dan Niat Sholat Tahajud 2 Rakaat, Lengkap dengan Bacaan Doa Setelah Selesai Sholat Sunnah Sepertiga Malam

Barangsiapa melaksanakan salat pada lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari no. 1901).

Lakukan salat malam seagai upaya untuk lebih khusyu’ dalam beribadah dan memohon kepada Allah, mulai biasakan agar mendapat kasih sayang Allah kepada hambaNya dan ampunan dari Allah.

Zakat

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mewajibkan zakat fitrah untuk menyucikan orang yang berpuasa dari kata-kata yang sia-sia dan kata-kata keji, dan juga untuk memberi makan pada orang miskin. Barangsiapa yang menunaikannya sebelum shalat maka zakatnya diterima dan barangsiapa yang menunaikannya setelah shalat maka itu hanya dianggap sebagaisedekahdi antara berbagaisedekah.” (HR. Abu Daud no. 1609 dan Ibnu Majah no. 1827).

Zakat fitrah ialah bagian dari ibadah bulan Ramadan, agar dosa-dosa diampuni oleh Allah.

Sebagai umat muslim hendaknya melakukan amalan yang sempurna yakni melengkapinya dengan melakukan zakat fitrah sesuai ketentuan yang berlaku.

Serta memberikan zakat tersebut kepada yang berhak sehingga dapat benar benar digunakan oleh yang membutuhkan.

Lailatul Qadar

Ibnu Rajab Al-Hambali rahimahullah menerangkan bahwa pengampunan dosa pada lailatul qadar adalah apabila seseorang mendapatkan malam tersebut.

Sedangkan pengampunan dosa pada puasa Ramadhan dan qiyam Ramadan (salat tarawih) adalah apabila bulan Ramadan telah usai. (Lathaif Al-Ma’arif, hlm. 365-366).

Baca Juga: Malam Nuzulul Quran Jatuh pada Tanggal 17 Ramadan, Amalkan Doa Ini Agar DIpenuhi Keberkahan

Malam Ramadan terdapat salah satu malam yang indah yaitu malam lailatul qadar yang di dalamnya terdapat begitu banyak kebaikan.

Sebab itu diupayakan untuk mampu memperbanyak amal kebaikan terutama di hari hari akhir bulan Ramadanuntuk bisa menggapai malam tersebut dan memperboleh ampunan darinya.

Artikel ini telah tayang di Tribun Jakartadengan judul Ini 15 Amalan yang Bisa Jadi Penghapus Dosa di Bulan Ramadan, Mana yang Sudah Dikerjakan? (15/4/2022).

Baca Juga: Jadi Syarat Sah Salat, Jangan Lupa Baca Doa Ini Usai Wudhu

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Tribun Jakarta

Baca Lainnya