Tata Cara dan Niat Sholat Tahajud 2 Rakaat, Lengkap dengan Bacaan Doa Setelah Selesai Sholat Sunnah Sepertiga Malam

Jumat, 15 April 2022 | 20:15
dok.Tribunnews

Ilustrasi Salat

GridHype.ID - Salah satu sholat malam yang bisa dilaksanakan umat Muslim adalah sholat Tahajud.

Sholat Tahajud sendiri adalah sholat sunah yang dikerjakan pada sepertiga malam, sekira pukul 00.00 - 04.00 WIB.

Hukum Sholat Tahajud adalah sunah mu'akad, atau sunah yang ditekankan.

Shalat Tahajud dikerjakan sedikitnya dua rakaat.

Dikutip Tribunnewsbogor.com dari Tribunnews.com, pembagian waktunya sebagai berikut:

1. Sepertiga malam, kira-kira pukul 19.00 sampai 22.00;

2. Sepertiga kedua, kira-kira pukul 22.00 sampai dengan 01.00;

3. Sepertiga ketiga, kira-kira pukul 01.00 sampai dengan masuknya waktu Subuh.

Berikut panduan tata cara Sholat Tahajud, dihimpun dari Buku Pintar Panduan Lengkap Ibadah Muslimah karya Muhammad Syukron Maksum.

Baca Juga: Malam Nuzulul Quran Jatuh pada Tanggal 17 Ramadan, Amalkan Doa Ini Agar DIpenuhi Keberkahan

1. Niat sholat Tahajud

صَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

Ushallii sunnatat tahajjudi rak’ataini lillaahi ta’aalaa.

Artinya: "Aku niat Sholat sunat Tahajud dua rakaat karena Allah"

2. Setelah itu, lakukan sholat 2 rakaat dengan 2 kali sujud dan 1 kali salam.

Kemudian lakukan pengulangan sholat 2 rakaat jika ingin mengikuti kebiasaan Rasulullah Saw.

3. Dzikir dan doa.

Tidak ada kewajiban untuk membaca doa tertentu setelah mengerjakan sholat Tahajud.

Yang perlu dilakukan adalah berdzikir dan memohon ampunan kepada Allah SWT serta berserah diri kepada Allah SWT.

Baca Juga: Badan Sehat Puasa Jadi Lancar, Panjatkan Doa Ini agar Sembuh dari Rasa Sakit, Lengkap dengan Latin dan Artinya

Doa setelah Sholat Tahajud

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbanaa aatina fid-dun-yaa hasanataw wa fil aakhirati hasanataw wa qinaa adzaaban-naar.

Artinya: “Ya Allah Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan hindarkanlah kami dari siksa api neraka.”

Dalam hadis Bukhari dinyatakan, bahwa Rasulullah SAW jika bangun dari tidurnya di tengah malam lalu bertahajud membaca doa:

اَللّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُوْرُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ لَكَ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ مَلِكُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ، وَلَكَ الْحَمْدُ، أَنْتَ الْحَقُّ، وَوَعْدُكَ الْحَقُّ، وَقَوْلُكَ الْحَقُّ، وَلِقَاؤُكَ الْحَقُّ، وَالْجَنَّةُ حَقٌّ، وَالنَّارُ حَقٌّ، وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ، وَمُحَمَّدٌ حَقٌّ، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ، اَللّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ، وَبِكَ خَاصَمْتُ، وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ. فَاغْفِرْ لِيْ مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ، لاَ إِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَنْتَ إِلٰهِيْ لاَ إِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ

Artinya: “Ya, Allah! Bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau yang mengurusi langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau Tuhan yang menguasai langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji dan bagi-Mu kerajaan langit dan bumi serta seisi-nya.

Bagi-Mu segala puji, Engkau benar, janji-Mu benar, firman-Mu benar, bertemu dengan-Mu benar, Surga adalah benar (ada), Neraka adalah benar (ada), (terutusnya) para nabi adalah benar, (terutusnya) Muhammad adalah benar (dari- Mu), peristiwa hari kiamat adalah benar.

Ya Allah, kepada-Mu aku pasrah, kepada-Mu aku bertawakal, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku kembali (bertaubat), dengan pertolongan-Mu aku berdebat (kepada orang-orang kafir), kepada-Mu (dan dengan ajaran-Mu) aku menjatuhkan hukum.

Baca Juga: Jadi Syarat Sah Salat, Jangan Lupa Baca Doa Ini Usai Wudhu

Oleh karena itu, ampunilah dosaku yang telah lalu dan yang akan datang. Engkaulah yang mendahulukan dan mengakhirkan, tiada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau”.

Quraish Shihab dalam bukunya yang berjudul Panduan Sholat menjelaskan, umumnya ulama mengartikan Sholat Tahajud sebagai Sholat yang dilaksanakan sesudah bangun tidur di waktu malam.

Sholat ini dinamai juga Sholat al-lail (Sholat malam), sehingga ada pula ulama yang mensyaratkan pelaksanaannya di waktu malam baik setelah tidur maupun sebelum tidur.

Keutamaan Sholat Tahajud

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Seutama-utama Sholat sesudah Sholat fardhu ialah Sholat sunnat di waktu malam.” (HR Muslim)

Selain itu, Allah sendiri juga berfirman: "Pada malam hari, hendaklah engkau Sholat Tahajud sebagai tambahan bagi engkau. Mudah-mudahan Tuhan mengangkat engkau ketempat yang terpuji." (QS Al-Isra: 79).

Dari Jabir r.a., ia barkata, “Aku mendengar Rasulullah saw. Bersabda: Sesungguhnya pada malam hari itu benar-benar ada saat yang seorang muslim dapat menepatinya untuk memohon kepada Allah suatu kebaikan dunia dan akhirat, pasti Allah akan memberikannya (mengabulkannya); dan itu setiap malam.” (HR Muslim dan Ahmad).

“Lazimkan dirimu untuk Sholat malam karena hal itu tradisi orang-orang saleh sebelummu, mendekatkan diri kepada Allah, menghapus dosa, menolak penyakit, dan pencegah dari dosa.” (HR Ahmad).(*)

Artikel ini telah tayang di TribunnewsBogor.com dengan judul Doa Setelah Tahajud dan Niat Sholat Tahajud 2 Rakaat, Ini Keutamaan Salat Sunnah Sepertiga Malam

Baca Juga: Bisa Dilakukan di Sepertiga Malam Terakhir, Inilah Bacaan Niat Salat Hajat dan Bacaan Zikir dan Doa Setelah Salat Hajat

Editor : Nailul Iffah

Sumber : TribunnewsBogor.com

Baca Lainnya