Sering Dikira Jadi Obat Alami, Minuman Favorit Sejuta Umat Ini Malah Bisa Memperburuk Gejala Asam Lambung, Ini Penjelasannya

Jumat, 08 April 2022 | 21:00
Freepik

Cara sembuhkan asam lambung.

GridHype.ID - Sejumlah orang mungkin sering mengalami kondisi saat asam lambung naik.

Dalam istilah kesehatan, penyakit asam lambung biasanya disebut dengan gastroesophageal reflux disease (GERD).

Melansir Alodokter.com, penyakit asam lambung adalah munculnya rasa terbakar di dada akibat asam lambung naik ke kerongkongan.

Asam lambung naik atau penyakit asam lambung bisa dialami oleh orang dewasa maupun anak-anak.

Gejala penyakit asam lambung muncul minimal 2 kali dalam seminggu.

Gejala utama dari asam lambung naik adalah rasa seperti terbakar di dada (heartburn), yang bertambah parah setelah makan atau saat berbaring.

Gejala ini dapat disertai dengan keluhan gangguan pencernaan lainnya, seperti sering bersendawa, mual dan muntah, serta maag dan sesak napas.

Penyakit asam lambung juga dapat menimbulkan keluhan mulut terasa asam.

Sementara mengutip Kompas.com, kondisi ini biasanya akan terjadi karena dipicu oleh hal-hal seperti makanan pedas, asupan kafein yang tinggi, obesitas, dan merokok.

Baca Juga: Ngapain Tersiksa Terus-terusan Minum Obat, Asam Lambung Bisa Minggat Asal Konsumsi Makanan Favorit Ini, Dijamin Gak Nyesel

Hubungan susu dengan gejala asam lambung

Sudah sejak lama beredar mitos bahwa susu dapat meredakan gejala asam lambung.

Hal ini disebabkan karena sebagian sifat susu adalah menenangkan tubuh kita.

Namun pada kenyataannya, susu sebenarnya bukanlah obat yang cocok untuk mengatasi gejala asam lambung.

Meskipun susu merupakan sumber kalsium dan vitamin D yang sangat baik, tapi susu jarang sekali dapat meredakan gejala asam lambung.

Faktanya, susu yang tinggi lemak, seperti susu murni, justru menjadi salah satu pemicu paling umum dari asam lambung dan dapat memperburuk gejala tersebut.

Manfaat susu

Susu memang tidak dapat mengatasi gejala asam lambung, tetapi asupan susu memberikan kita manfaat karena nutrisi yang terkandung.

Seperti protein, kalsium, kalium, magnesium, vitamin D, dan vitamin A.

Baca Juga: Gak Perlu Lagi Beli Obat Mahal-mahal, Asam Lambung Naik Ternyata Bisa Langsung Turun Cuma dengan Buah Segar Ini

Berbagai macam nutrisi ini penting untuk kesehatan kita dan kita bisa mendapatkannya melalui susu, atau kelompok makanan lain yang mengandung susu.

Solusi alami untuk asam lambung

Nah, karena susu tidak cocok untuk meredakan gejala asam lambung, berikut ini ada solusi alami lain yang tampaknya lebih efektif yang mencakup:

• Herbal seperti jahe, chamomile, jus lidah buaya, dan licorice dapat berfungsi sebagai alat bantu pencernaan.

• Baking soda yang bila dikombinasikan dengan air dapat membantu menetralkan asam di lambung.

• Cuka sari apel. Seperti baking soda, mengambil sesendok cuka sari apel yang dicampur dengan air dianggap berfungsi sebagai bantuan pencernaan.

• Permen karet bebas gula (produksi air liur dapat memberikan efek menenangkan dan membantu menurunkan produksi asam di lambung).

• Makan pisang (atau makanan tinggi alkali lainnya). Pisang kaya akan potasium, menjadikannya makanan yang cukup basa. Ini adalah makanan yang cocok untuk melawan asam lambung yang mengiritasi kerongkongan.

Baca Juga: Ucap Syukur Bisa Lepas dari Obat, Ternyata Racikan Biji Pala IniAmpuhRedakan Asam Lambung yang Kumat, Nyesel Baru Tahu Sekarang

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Kompas.com, Alodokter.com

Baca Lainnya