Beda dengan Muhammadiyah, Pemerintah Resmi Tetapkan 1 Ramadhan 1443 Hijriah Jatuh pada 3 April 2022

Sabtu, 02 April 2022 | 08:00
Pxhere

Penentuan awal puasa Ramadan 1443 Hijriah, cek jadwal Sidang Isbat 2022.

GridHype.ID -Ramadhan 2022 telah tiba.

Itu artinya umat Islam akan menunaikan ibadah puasa selama satu bulan penuh.

Lalu kapanumat Islam akan memulai berpuasa?

Melansir dari Tribunnews.com, sidang isbat penentuan awal bulan puasa memutuskan 1 ramadhan 1443 Hijriah jatuh pada besok, Minggu (3/4/2022).

Keputusan sidang isbat penentuan 1 Ramadhan 1443 Hijriah ini disampaikan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas pada Jumat (1/4/2022) dalam konferensi pers yang disiarkan secara langsung oleh TVRI.

Sidang isbat penentuan 1 Ramadhan 1443 hijriah dihadiri oleh sejumlah ormas Islam, Komisi 8 DPR RI, serta perwakilan dari negara sahabat.

"Secara mufakat 1 Ramadhan jatuh pada Ahad, 3 April 2022. In hasiil sidang isbat yang disepakati bersama," ujar Yaqut dalam konferensi pers yang disiarkan televisi dan medsos Kemenag RI.

Dalam penjelasannya, Menag Yaqut mengatakan keputusan penetapan 1 Ramadhan 1443 H mempertimbangkan informasi awal berdasarkan hasil perhitungan secara astronomis (hisab) dan hasil konfirmasi lapangan melalui mekanisme pemantauan (rukyatul) hilal.

Total ada 101 lokasi pemantauan hilal di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Jadi Bulan Penuh Keberkahan, Jangan Lupa Lakukan Amalan-amalan Sunnah Ini Selama Ramadhan, Bisa Jadi Penggugur Dosa

Dari pemantauan hilal yang dilaksanakan oleh petugas, tidak ada satu pun yang melihat hilal.

Dengan demikian, 1 Ramadhan ditetapkan jatuh pada Minggu, 3 April 2022.

Sementara dikutip Tribunjogja.com dari Kompas.com, sidang isbat ini melibatkan peserta dari berbagai lembaga, seperti Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kementerian Agama, duta besar negara sahabat, dan perwakilan ormas Islam.

Selain itu, sidang ini juga melibatkan perwakilan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dan sebagainya.

Namun penetapan jatuhnya 1 Ramadhan 1443 Hijriah antara pemerintah dan Muhammadiyah untuk tahun ini terjadi perbedaan.

Melansir dari Kompas.com, pemerintah menetapkan 1 Ramadhan jatuh pada Minggu, (3/4/2022), sedangkan Muhammadiyah hari ini, Sabtu (2/4/2022).

Ketua MUI bidang Pendidikan dan Kaderisasi Abdullah Jaidi mengatakan, hal tersebut tidak akan mengurangi arti kebersamaan.

Menurut dia, di tengah perbedaan penetapan 1 Ramadhan tersebut, masyarakat tetap harus menjaga persatuan dan kesatuan.

"Sebagian saudara-saudara kita dari Muhammadiyah akan mulai puasa esok hari, Sabtu, ini tidak mengurangi arti kebersamaan kita. Kita boleh berbeda, tetapi kita harus tetap menjaga persatuan dan kesatuan kita," ujar dia dalam konferensi pers hasil sidang isbat yang ditayangkan secara virtual, Jumat (1/4/2022).

Baca Juga: Sebelas Dua Belas dengan Kisah Hidupnya, Tyo Pakusadewo Curhat Dampak Usai Terlibat Syuting Sinetron Ramadhan dan Masih Sempat Sakau

Ia berpesan agar bulan Ramadhan menjadi momentum untuk menjaga kebersamaan dan menghindari perselisihan.

"Karena perbedaan yang ada membawa akan membawa rahmah selama kita senantiasa mengacu pada bagaimana menyatukan hati, bersama-sama untuk membangun bangsa dan negara ini," ujar Abdullah.

Untuk diketahui, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menetapkan 1 Ramadhan 1443 H jatuh pada Sabtu, 2 April 2022.

Hal itu sebagaimana tertuang dalam Maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2022 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah 1443 H.

“1 Ramadhan 1443 H jatuh pada hari Sabtu Pon, 2 April 2022 M,” tulis maklumat.

Adapun penetapan yang dilakukan Muhammadiyah menggunakan metode hisab.

Tepatnya, metode hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Baca Juga: Inspirasi Menu Ramadan, Resep Omelet Sayur Saus Pecel Enak, Sajian Pelengkap Menu Sahur Simple yang Mudah Dibuat

(*)

Editor : Helna Estalansa

Sumber : Kompas.com, Tribunnews.com

Baca Lainnya