Pantas Kakek Nenek Gak Gampang Sakit-sakitan, Ternyata Masa Mudanya Rajin Konsumsi Makanan Ini, Yuk Tiru Mumpung Belum Terlambat!

Jumat, 01 April 2022 | 10:30
Pexels

Illustrasi Buah dan Sayur

GridHype.ID - Menjaga kesehatan tubuh tentu menjadi hal penting bagi setiap orang.

Terlebih lagi seiring bertambahnya usia, fungsi organ tubuh juga ikut berubah.

Termasuk proses penuaan yang pasti dialami semua orang.

Memang proses penuaan pada setiap orang berbeda-beda.

Hal ini karena nutrisi spesifik yang dibutuhkan setiap orang juga berbeda.

Maka dari itu penting untukmemastikan nutrisi penting selalu masuk ke dalam tubuh.

Sehingga Anda akan mengalami penuaan yang sehat, mencegah malnutrisi, hingga menghindari penyakit kronis yang bisa menyerang.

Melansir Nakita.ID dari Kompas, ada banyak faktor yang memengaruhi kebutuhan nutrisi sepanjang hidup.

Hal tersebut disampaikan oleh ahli diet dan gizi sekaligus juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, Caroline West Passerrello.

Baca Juga: Pantas Saja Tak Pernah Bolak-balik ke Rumah Sakit, Ternyata Ini Rahasianya, Cuma Rebus Air Buah Ini Saja

Secara umum, nutrisi penting untuk penuaan yang sehat, termasuk protein, lemak omega-3, antioksidan terutama vitamin A, C, dan E untuk dukungan kekebalan yaitu kalium, kalsium, dan serat.

Selain itu, diet kaya makanan padat nutrisi juga dapat membantu orang dewasa mempertahankan massa otot hingga bermanfaat untuk kesehatan otak jangka panjang.

Berikut ini adalah beberapa makanan penting untuk proses penuaan yang lebih baik menurut Passerrello.

Paprika merah untuk vitamin C

Makanan pertama yang sebaiknya dikonsumsi untuk membantu proses penuaan menjadi lebih sehat adalah paprika merah.

Dalam paprika merah mengandung lebih banyak vitamin C daripada jeruk, dan mengandung vitamin A dan E, yang bersama dengan vitamin C disebut sebagai antioksidan.

Pisang untuk kandungan potasium

Passerrello mengungkapkan, pisang adalah sumber potasium yang baik.

Semestinya orang dewasa perlu makan sekitar 8-10 pisang sehari untuk mendapatkan jumlah potasium yang direkomendasikan atau 2.600 hingga 3.400 miligram per hari untuk orang yang umumnya sehat.

Baca Juga: Panjang Umur Sampai Kakek Nenek, Cukup Rutin Konsumsi 2 Sendok Minyak Zaitun Tiap Hari, Ternyata Bikin Penyakit Mematikan Ini Tak Berani Mendekat

Untuk tambahan potasium, kita juga bisa memiliki satu setengah cangkir aprikot kering (1101 miligram), satu cangkir lentil (731 miligram), satu kentang panggang sedang (610 miligram), satu cangkir jus jeruk (496 miligram), dan satu pisang (326 miligram).

Almond untuk protein

Protein nabati, yogurt, dan kacang-kacangan merupakan alternatif yang lebih sehat (dan lebih berkelanjutan) daripada daging merah.

Passerrello secara khusus merekomendasikan almond yang mengandung serat dan vitamin E, selain enam gram protein yang akan kita dapatkan dari seperempat cangkir kacang.

Anggur untuk hidrasi

Selain air putih sebagai pilihan terbaik untuk menghidrasi tubuh, kita perlu menambahkan gula atau kalori kosong dan buah yang tepat adalah buah anggur.

Tidak hanya dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi, anggurjuga bisa meningkatkan kesehatan pencernaan, tingkat energi, dan konsentrasi, serta mengontrol tekanan darah.

Anggur juga sangat penting untuk fungsi kekebalan tubuh karena kandungan antioksidan dan polifenolnya.

Baca Juga: Sehat Gak Perlu Mahal, Mulai Sekarang CobaRutin Minum Air Rebusan Kayu Manis dengan Madu, Jangan Kaget Jika Tubuh Alami Perubahan Tak Terduga Ini

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Nakita.ID

Baca Lainnya