Bulan Ramadhan di Depan Mata, Ini Kumpulan Bacaan Doa Taubat, Bisa Dibaca Setelah Salat

Selasa, 22 Maret 2022 | 06:00
Istimewa

Ilustrasi salat

GridHype.ID - Bulan Ramadhan menjadi salah satu bulan mulia yang paling dinanti umat Muslim.

Pasalnya, Ramadhan lekat dengan bulan yang penuh rahmat Allah SWT dan menjadi kesempatan untuk bertaubat.

Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam hadis Rasulullah SAW.

فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ رَمَضَانَ شَهْرٌ افْتَرَضَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ صِيَامَهُ وَإِنِّي سَنَنْتُ لِلْمُسْلِمِينَ قِيَامَهُ فَمَنْ صَامَهُ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا خَرَجَ مِنْ الذُّنُوبِ كَيَوْمِ وَلَدَتْهُ أُمُّهُ

Bersabda Rasulullah SAW, "Sesungguhnya Ramadhan adalah bulan di mana Allah ta’aala wajibkan berpuasa dan aku sunnahkan kaum muslimin menegakkan (salat malam).

Barangsiapa berpuasa dengan iman dan dan mengharap ke-Ridhaan Allah ta’aala, maka dosanya keluar seperti hari ibunya melahirkannya." (HR Ahmad 1596)

Dari hadis di atas maka barangsiapa yang bersungguh-sungguh berpuasa di bulan Ramadan, Allah SWT akan mengampuni segenap dosa-dosanya.

Hal ini diumpamakan seperti bayi yang dilahirkan dari ibunya, artinya kembali suci tanpa dosa.

Ibadah puasa Ramadan ditujukkan untuk membentuk diri dan kembali pada yang fitri artinya suci.

Baca Juga: Bacalah Doa dan Dzikir Agar Hati Menjadi Tenang dan Kurangi Pikiran Buruk

Oleh karena itu Ramadan disebut sebagai kesempatan bagi umat muslim mendekatkan diri kepada Allah SWT, bertawakkal termasuk melakukan pertaubatan.

Nah, untuk bertaubat sahabat muslim bisa membaca doa pertaubatan.Berikut ini Tribunjabar.id rangkum doa-doa taubat sederhana lengkap beserta artinya.

# 1

Berikut ini doa memohon ampunan atas banyak dosa dan kezaliman yang pernah diperbuat.

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ ظَلَمْتُ نَفْسِيْ ظُلْمًا كَثِيْرًا، وَلَا يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلَّا أَنْتَ، فَاغْفِرْ لِيْ مَغْفِرَةً مِنْ عِنْدِكَ، وَارْحَمْنِيْ إِنَّكَ أَنْتَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

“Ya Allah, sesungguhnya aku telah menzalimi diriku sendiri dengan banyak kezaliman. Tidak ada seorang pun yang mampu mengampuni dosa selain Engkau, maka ampunilah aku dengan ampunan dari sisi-Mu. Sungguh! Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Doa ini diambil dari HR. Al-Bukhari dalam Shahihnya no. 834 dan Muslim dalam Shahihnya no. 2705.)

#2

Berikut bacaan doa memohon ampunan atas semua dosa besar dan dosa kecil.

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ ذَنْبِيْ كُلَّهُ دِقَّهُ، وَجِلَّهُ، وَأَوَّلَهُ وَآخِرَهُ وَعَلَانِيَتَهُ وَسِرَّهُ

Baca Juga: Jangan Sampai Putus Asa, Baca Doa Ini Agar Masalah Dalam Hidupmu Lenyap

“Ya Allah ampunilah semua dosaku, yang kecil maupun yang besar, yang awal maupun yang akhir, yang terang-terangan maupun yang sembunyi-sembunyi. (HR. Muslim no. 483 dari sahabat Abu Hurairah radhiyallaahu 'anhu.)

#3

Berikut doa sayyidul istighfar merupakan doa yang diajarkan Rasulullah SAW.

اللَّهُمَّ أنْتَ رَبّي لا إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ خَلَقْتَنِي وأنا عَبْدُكَ وأنا على عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ ما اسْتَطَعْتُ أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرّ مَا صَنَعْتُ أبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عليَّ وأبُوءُ بِذَنْبي فاغْفِرْ لي فإنَّهُ لا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أنْتَ

"Ya Allah, Engkaulah Tuhanku, tiada Tuhan selain Engkau yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu, aku akan setia pada janjiku pada-Mu semampuku."

"Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan yang aku perbuat. Kuakui segala nikmat-Mu atasku dan aku akui segala dosaku (yang aku perbuat). Maka ampunilah aku, sesungguhnya tidak ada yang bisa mengampuni dosa kecuali Engkau."

Demikian, itulah beberapa doa pertaubatan yang dibaca jelang bulan Ramadan. Tentu saja, doa-doa taubat di atas juga dapat menjadi doa harian, dibaca setelah salat atau saat wirid.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Jelang Bulan Ramadan Baca Doa-doa Taubat Sederhana Beserta Artinya, Dibaca Setelah Salat atau Wirid

Baca Juga: Bulan Suci di Depan Mata, Berikut Kumpulan Bacaan Doa Menyambut Datangnya Bulan Ramadan 2022

(*)

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : TribunJabar.ID

Baca Lainnya