Termasuk Bencana Alam sampai Korban Perang, Inilah Bacaan Doa untuk Orang yang Terkena Musibah, Lengkap dengan Tulisan Arab, Latin dan Artinya

Senin, 28 Februari 2022 | 13:30
pinterest

Ilustrasi doa

GridHype.ID -Musibah bisa datang kapan saja dan dimana saja.

Baik itu berupa sakit, bencana alam hingga korban perang.

Karena bisa menimpa kita kapan saja, ada baiknya simak bacaan doa saat tertimpa musibah, korban perang dan doa saat terjadi bencana alam berikut ini.

Doa ini diucapkan oleh umat Islam guna memohon perlindungan dari Allah SWT.

Berikut ini doa terkena musibah dan doa terkena musibah seperti dikutip dari Tribunjogja.com via TribunSumsel.com:

Doa untuk Orang Lain Terkena Musibah

Jika melihat musibah apa pun baik bencana alam termasuk korban perang atau orang lain sakit, kita dianjurkan berdoa.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Barangsiapa yang menyaksikan orang yang tertimpa bencana/penyakit lalu ia berdoa,"

Baca Juga: Rasa Malas Mengancam Masa Depan, Panjatkan Doa Ini Agar Diberi Kemampuan Menghindarinya

اَلْحَمْدُ لِلهِ الِّذِي عَافَانِي مِمّاابْتَلاَكَ بِهِ وِ فَضّلَنِي عَلَى كَثِيرٍ مِمَّنْ خَلَقَ تَفضِيلاً

"Alhamdulillahilladzii ‘aafaanii mimmab talaaka bihi wa fadhdholanii ‘ala katsiirimmimman kholaqo tafdhiilaa"

Artinya:

“Segala puji hanya milik Allah yang telah membebaskanku dari apa yang Ia uji engkau dengannya dan yang benar-benar telah mengaruniaiku keutamaan dibanding banyak dari makhluk-Nya.”

Melainkan ia akan terbebas dari bencana/pennyakit tersebut, apapun wujudnya sepanjang hayat.” (HR. Tirmidzi dan lainnya dan hadits ini dihasankan oleh Al-Bani)

Doa Ketika Tertimpa Musibah

إنّاَ لِلهِ وإنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ اللَّهُمَّ أجُرْنِي فِي مُصِيبَتي وأَخْلِفْ لِي خَيْراً مِنْها

"Innâ lillâhi wa innâ ilaihi râji‘un. Allâhumma ajirnî fî mushîbatî wa akhlif lî khairan minhâ"

Artinya:

Baca Juga: Seantero Jagat Wajib Tahu, Inilah Waktu Mustajab untuk Berdoa

"Sesungguhnya kami adalah milik Allah, dan sungguh hanya kepada-Nya kami akan kembali. Ya Allah, karuniakanlah padaku pahala dalam musibah yang menimpaku dan berilah aku ganti yang lebih baik daripadanya"

Dalam hadits Shahih Muslim disebutkan bahwa barangsiapa membaca doa tersebut, niscaya Allah akan memberinya pahala dalam musibahnya dan memberinya ganti yang lebih baik daripadanya.

Adapun doa lain yang bisa dibacakan agar negeri ini menjadi aman dan tentram.

QS. Al-Baqarah Ayat 126

وَاِذۡ قَالَ اِبۡرٰهٖمُ رَبِّ اجۡعَلۡ هٰذَا بَلَدًا اٰمِنًا وَّارۡزُقۡ اَهۡلَهٗ مِنَ الثَّمَرٰتِ مَنۡ اٰمَنَ مِنۡهُمۡ بِاللّٰهِ وَالۡيَوۡمِ الۡاٰخِرِ‌ؕ قَالَ وَمَنۡ كَفَرَ فَاُمَتِّعُهٗ قَلِيۡلًا ثُمَّ اَضۡطَرُّهٗۤ اِلٰى عَذَابِ النَّارِ‌ؕ وَبِئۡسَ الۡمَصِيۡرُ‏

Latin : Wa iz qoola Ibraahiimu Rabbij 'al haazaa baladan aaminanw warzuq ahlahuu minas samaraati man aamana minhum billaahi wal yawmil aakhiri qoola wa man kafara faumatti'uhuu qaliilan summa adtarruhuuu ilaa 'azaabin Naari wa bi'salmasiir

Artinya : Dan (ingatlah) ketika Ibrahim berdoa, "Ya Tuhanku, jadikanlah (negeri Mekah) ini negeri yang aman dan berilah rezeki berupa buah-buahan kepada penduduknya, yaitu di antara mereka yang beriman kepada Allah dan hari kemudian," Dia (Allah) berfirman, "Dan kepada orang yang kafir akan Aku beri kesenangan sementara, kemudian akan Aku paksa dia ke dalam azab neraka dan itulah seburuk-buruk tempat kembali."

Dalam hadits Shahih Muslim disebutkan bahwa barangsiapa membaca doa tersebut, niscaya Allah akan memberinya pahala dalam musibahnya dan memberinya ganti yang lebih baik daripadanya.

Itulah doa untuk orang yang terkena musibah. Mudah-mudahan kita semua diberi keselamatan dan dilindungi dari marabahaya oleh Allah SWT. Aamiin.

Artikel ini telah tayang di TribunSumsel.com dengan judul "Doa untuk Orang yang Terkena Musibah Korban Perang dan Bencana Alam"

Baca Juga: Lengkap dengan Latin Beserta Artinya, Jangan Lupa Panjatkan Doa Sebelum dan Sepulang Bekerja agar Diberi Kemudahan di Setiap Menjalani Aktivitas

(*)

Editor : Helna Estalansa

Sumber : TribunSumsel.com

Baca Lainnya