Lengkap dengan Latin Beserta Artinya, Jangan Lupa Panjatkan Doa Sebelum dan Sepulang Bekerja agar Diberi Kemudahan di Setiap Menjalani Aktivitas

Minggu, 27 Februari 2022 | 10:00
https://www.vemmedaily.com/

Ilustrasi Bekerja

GridHype.ID - Setiap akan melakukan suatu hal, umat Muslim dianjurkan untuk membaca doa terlebih dahulu.

Membaca doa bukan hanya karena memohon perlindungan, tapi juga meminta rezeki yang berkah.

Terlebih lagi bagi yang bekerja setiap harinya, tentu juga mengharapkan limpahan rezeki dari Allah SWT.

Allah SWT telah menjanjikan atas rezeki setiap umat manusia.

Kendati begitu, rezeki tersebut tidak mudah langsung didapatkan, seseorang harus menjemputnya dengan cara bekerja.

Nah, keutamaan membaca doa sebelum berangka kerja dan sesudah bekerja ini supaya diberi kelancaran rezeki dan kemudahan dalam bekerja.

Dalam syariat Islam diajarkan untuk memulai kegiatan apapun termasuk bekerja maka mengucapkan Bismillah.

Selain ucapan bismillah, sahabat muslim juga dapat membaca doa sebelum berangkat kerja.

Begitu juga jika selesai bekerja, maka membaca doa sebelum pulang kerja.

Baca Juga: Jadi Tradisi Masyarakat Indonesia, Berikut Bacaan Doa Berziarah ke Makam Orang Tua

Doa sebelum berangkat kerja

اَللّهُمَّ ارْزُقْنِيْ رِزْقًا حَلاَلاً طَيِّباً, وَاسْتَعْمِلْنِيْ طَيِّباً. اَللّهُمَّ اجْعَلْ اَوْسَعَ رِزْقِكَ عَلَيَّ عِنْدَ كِبَرِ سِنِّيْ وَانْقِطَاعِ عُمْرِيْ.اَللّهُمَّ اكْفِنِيْ بِحَلاَلِ عَنْ حَرَامِكَ, وَاَغْننِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ. اَللّهُمَّ اِنِّيْ اَسْأَلُكَ رِزْقًا وَاسِعًا نَافِعًا. اَللّهُمَّ اِنِّيْ اَسْأَلُكَ نَعِيْمًا مُقِيْمًا, اَلَّذِيْ لاَ يَحُوْلُ وَلاَ يَزُو

Alloohummarzuqnii rizqon halaalan thoyyibaa, wasta’milnii thayyibaa. Alloohummaj’al ausa’a rizqika ‘alayya ‘inda kibari sinnii wanqithoo’i ‘umrii.

Alloohummakfinii bihalaalika ‘an haraamika. wa aghninii bifadhlika ‘amman siwaaka.

Alloohumma in nii as-aluka rizqon waasi’an naafi’an. Alloohumma innii as-alukan na’iimaan muqiiman, alladzii laa yahuulu wa laa yazuulu.

Artinya :

"Ya Allah, berilah padaku rezki yang halal dan baik, serta pakaikanlah padaku segala perbuatan yang baik. Ya Tuhanku, jadikanlah oleh-Mu rezekiku itu paling luas ketika tuaku dan ketika lemahku."

"Ya Allah, cukupkanlah bagiku segala rezki-Mu yang halal daripada yang haram dan kayakanlah aku dengan karunia-Mu dari yang lainnya."

"Ya Allah, aku mohonkan pada-Mu rezki yang luas dan berguna. Ya Allah, aku mohonkan pada-Mu nikmat yang kekal yang tidak putus-putus dan tidak akan hilang."

Baca Juga: Biasa Dilakukan Rasulullah, Inilah Bacaan Doa Ketika Sakit Kepala dan Demam, Lengkap dengan Tulisan Arab, Latin dan Artinya

Doa sebelum pulang kerja

اَللّهُمَّ اِنِّيْ اَعُوْذُ بِكَ اَنْ اَضِلّ اَوْ أُضَلَّ اَوْ اَزِلَّ اَوْ أَظْلَمَ اَوْ أَجْهَلَ اَوْ يُجْهَلَ عَلَيَّ.

Alloohuma innii a’uudzubika an adhilla, au udholla, au azilla, au adzlama, au ajhala, au yujhala ‘alayya.’

Artinya:

"Ya Allah, sungguh aku berlindung kepada-Mu agar tidak tersesat atau disesatkan atau aku tergelincir atau digelincirkan atau aku berbuat dzalim atau didzalimi atau aku berbuat bodoh atau dibodohi." (HR. Nasa’i, Tirmidzi, Abu Dawud, Ibnu Majah).

Demikian, itulah bacaan doa sebelum berangkat kerja dan doa sebelum pulang kerja.

Karena bekerja merupakan kegiatan sehari-hari, maka bacaan doa ini diamalkan sebagai sebagai doa harian.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Bacaan Doa Sebelum Berangkat Kerja dan Doa Pulang Kerja, Lengkap Beserta Artinya dan Keutamaannya

Baca Juga: Dilengkapi dengan Tulisan Arab, Latin dan Artinya, Inilah Bacaan Doa Memohon Perlindungan agar Terhindar dari Segala Penyakit dan Virus

(*)

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : TribunJabar.ID

Baca Lainnya