Bisa Renggut Nyawa Si Pasien, Inilah 5 Titik Penyebaran Kanker Payudara yang Wajib Kamu Ketahui

Selasa, 08 Februari 2022 | 15:15
Freepik

Ilustrasi kanker payudara

GridHype.ID -Kanker payudara adalah satu jenis kanker yang paling mematikan.

Apalagi jika kanker payudara sudah memasuki stadium lanjut.

Maka akan semakin sulit diatasi.

Pasalnya, jika sudah memasuki stadium lanjut, kanker ini bisa menyebar ke sejumlah organ tubuh vital.

Oleh sebab itu, mari kita kenali lebih dalam tentang gejala dan penyebarannya.

Dijelaskan, kanker payudara terjadi ketika sel-sel di dalam payudara mengalami perubahan, sehingga memicu pertumbuhan sel abnormal dan tidak terkendali.

Kanker payudara dapat terbentuk di kelenjar yang menghasilkan susu (lobulus), saluran yang membawa air susu dari kelenjar ke puting payudara (duktus), jaringan lemak, atau jaringan ikat dalam payudara.

Pengobatan dan perawatan perlu dilakukan untuk mencegah perburukan penyakit ini.

Kanker payudara yang memasuki stadium lanjut atau stadium IV dapat memicu penyebaran sel kanker pada bagian tubuh lain.

Baca Juga: Sedikit Angin Segar, Siapa yang Menyangka Kalau Buah Ini Ternyata Berpotensi Obati Kanker Payudara, Begini Kata Sang Ahli

Penyebaran Kanker Payudara

Penyebaran (metastasis) kanker payudara bisa terjadi melalui beberapa cara, yaitu melalui aliran darah, getah bening, atau pun secara langsung.

Untuk mendiagnosis penyebaran ini, dokter akan memperhatikan ukuran benjolan, adanya keterlibatan kelenjar getah bening, dan adanya penyebaran pada organ lain.

Patokan tersebut akan digunakan untuk menentukan stadium kanker yang dibagi menjadi stadium awal (I) – stadium akhir (IV).

Berikut adalah potensi penyebaran kanker payudara pada organ tubuh lain yang perlu diwaspadai:

1. Kelenjar Getah Bening

Kelenjar getah bening yang berada di bawah lengan, di dalam payudara, dan di dekat tulang selangka adalah area yang biasanya pertama kali terkena penyebaran kanker payudara.

Penyebaran ini bisa terjadi sejak kanker payudara berada di stadium IB.

Pada stadium ini, beberapa sel kanker, mungkin dalam jumlah kecil sudah masuk ke dalam kelenjar getah bening.

Baca Juga: Banyak Wanita yang Mengidap Kanker Payudara, Mulai Sekarang Yuk Cari Tahu Bagaimana Cara Mencegah Kanker

Gejala yang ditimbulkan antara lain adanya benjolan pada ketiak atau area tulang selangka.

2. Tulang

Tulang adalah salah satu bagian tubuh yang sangat rentan terhadap penyebaran sel kanker dari bagian tertentu, termasuk kanker payudara.

Wanita dengan kanker payudara stadium lanjut atau stadium IV berpotensi mengalami penyebaran pada beberapa bagian tulang, seperti tulang rusuk, tulang belakang, tulang panggul, tulang kaki, hingga tulang tangan.

Sel-sel kanker yang menyebar ke tulang bisa menyebabkan beberapa bagian struktur tulang pecah tanpa membentuk tulang baru.

Dampaknya, tulang cenderung lemah dan rentan terhadap patah tulang.

Ada beberapa gejala kanker payudara sudah menyebar ke tulang, mulai dari pengidapnya merasakan nyeri tulang, tulang menjadi lemah dan mudah patah, hingga kelumpuhan.

Gejala lain yang mungkin timbul adalah hiperkalsemia, yaitu tingginya kadar kalsium di dalam plasma darah yang ditandai dengan munculnya rasa mual, mudah mengantuk, hilangnya nafsu makan, rasa haus, dan sembelit.

3. Hati

Baca Juga: Satu Indonesia Melongo Baru Tahu, Selada Air Ternyata Punya Segudang Manfaat yang Luar Biasa untuk Kesehatan, Salah Satunya Ampuh Menekan Sel Kanker Payudara

Kalau kanker payudara sudah menyebar ke hati, gejala yang muncul biasanya rasa sakit di bagian perut yang tak kunjung hilang.

Kamu juga akan merasa kembung dan kenyang, sehingga bisa menurunkan nafsu makan dan berat badan.

Gejala lainnya adalah urine berwarna gelap, kulit kuning (penyakit kuning), demam, serta mual dan muntah.

4. Paru-paru

Umumnya, sel kanker yang menyebar ke bagian paru-paru jarang menimbulkan gejala.

Penyebaran sel kanker pada paru-paru bisa ditemukan akibat pemeriksaan kesehatan lainnya untuk mengatasi kanker payudara.

Namun, ada beberapa keluhan kesehatan yang rentan dialami ketika sel kanker menyebar ke paru-paru, seperti rasa tidak nyaman pada area paru-paru, sesak napas, batuk yang tidak membaik, mengi, hingga batuk berdarah.

Terkadang gejala sulit dibedakan dengan penyakit flu, tetapi sebaiknya segera melakukan pemeriksaan jika gejala yang kamu alami tidak membaik dalam waktu 1-2 minggu ke depan.

5. Otak

Sekitar 10-15 persen wanita yang mengalami kanker payudara stadium lanjut atau stadium IV berisiko mengalami penyebaran sel kanker ke otak.

Risiko penyebaran sel kanker ke otak lebih tinggi pada wanita yang mengalami subtipe kanker payudara yang lebih agresif, seperti kanker payudara HER2-positif atau triple-negatif.

Gejala yang ditimbulkan antara lain sakit kepala, gangguan penglihatan, kejang-kejang, kelelahan yang ekstrem, hingga adanya gumpalan darah pada otak.

Itulah lima organ yang perlu diwaspadai terkait penyebaran kanker payudara.

Jangan ragu untuk bertanya langsung pada dokter ketika kamu mengalami keluhan kesehatan pada bagian payudara. Pemeriksaan lebih dini tentunya membuat penyakit lebih mudah diatasi.

Artikel ini telah tayang di Tribun-Bali.com dengan judul "Wajib Tahu! Kenali Gejala Kanker Payudara dan 5 Titik Penyebarannya"

Baca Juga: Innalillahi, Pendangdut Ini Meninggal Usai Terkena Penyakit Mematikan, Sosok Ini Beberkan Sang Artis Tetap Bekerja Meski Menahan Sakit yang Luar Biasa

(*)

Editor : Helna Estalansa

Sumber : Tribun-Bali.com

Baca Lainnya