Bisa Jadi Sumber Pahala dan Kebaikan, Ternyata Terdapat 4 Keistimewaan Membaca Ayat Kursi Bagi Seorang Muslim Lengkap dengan Tulisan Arab dan Latin

Sabtu, 05 Februari 2022 | 05:15
Instagram/@princessyahrini

(Ilustrasi membaca Al Quran) Reino Barack Baca Al Quran, Syahrini Memuji: Suami yang Sholeh

GridHype.ID - Membaca Al Quran merupakan amalan yang bisa kita lakukan di sela-sela aktivitas.

Bahkan ada pepatah yang mengatakan Sebaik baiknya buku adalah Alquran.

Seorang muslim yang tidak pernah membaca Alquran sama saja seperti tubuh tidak sedang berbusana, sungguh sangat memalukan dan tidak perlu ditiru karena Allah SWT tidak akan menyukainya.

Salah satu surat Al Quran yakni surat kursi.

Ada beberapa keistimewaan dengan membaca ayat kursi bagi seorang muslim.

Dilansir dari TribunStyle.com, ayat kursi adalah ayat yang terletak dalam surat Al Baqarah ayat 255.

Di dalamnya terdapat pemaparan 3 macam tauhid: tauhid rububiyah, tauhid uluhiyah, dan tauhid nama dan sifat Allah.

BacaanAyat Kursi(Al Baqarah ayat 255)

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

"Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar“

Baca Juga: Sudah Memasuki Bulan Rajab Banyak Amalan yang Bisa Diamalkan Seorang Muslim, Simak Jadwal Puasa Sunnah di Bulan Februari 2022 ini

Ayat Kursi dianjurkan dibaca dalam beberapa momen sehari, seperti saat pagi dan petang, sebelum tidur dan setelah sholat lima waktu.

Ibnu Katsir dalam tafsirnya menjelaskan,“ayat kursi ini memiliki kedudukan yang sangat agung. Dalam hadits shahih dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam disebutkan bahwa ia merupakan ayat teragung yang terdapat dalam Al-Quran”(Tafsir Al-Quran Al-‘Azhim).

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 4 keutamaan dari membaca ayat kursi:

1. Ayat yang Paling Agung dalam Al-Quran

Sebagaimana yang ada pada pertanyaan yang diajukan oleh Rasulullah kepada Ubay bin Ka’ab,“Ayat mana yang paling agung dalam kitabullah?” Ubay menjawab, “Ayat kursi.” Maka beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam menepuk dada Ubay kemudian berkata, “Wahai Abu Mundzir, semoga engkau berbahagia dengan ilmu yang engkau miliki.”(HR. Muslim).

Ayat Kursi dikategorikan sebagai ayat yang paling agung karena di dalamnya terdapat nama Allah yang paling agung, yaitu Al Hayyu dan Al Qayyum.

Namun ulama berselisih pendapat manakah nama Allah yang paling agung.

2. Keagungannya Melebihi Langit dan Bumi

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,“Tidaklah Allah menciptakan langit dan bumi melebihi agungnyaAyat Kursi (karena di dalam ayat tersebut telah mencakup Nama dan Sifat Allah)”

Sufyan ats-Tsauri berkata,“Sebab ayat kursi merupakan (salah satu) kalamullah (perkataan Allah), sedangkan kalamullah itu lebih agung dari ciptaan Allah yang berupa langit dan bumi”(HR. At-Tirmidzi)

Baca Juga: Sebelum Mulai Aktivitas, Amalkan 3 Surat Penting ini Untuk Dibaca di Pagi Hari, Sisipkan Ketika Berzikir

3. Salah Satu Bacaan Dzikir Sebelum Tidur

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,“Apabila engkau mendatangi tempat tidur (di malam hari), bacalahAyat Kursiniscaya Allah akan senantiasa menjagamu dan setan tidak akan mendekatimu hingga waktu pagi”(HR. Al-Bukhari).

Jadikanlah ayat kursi sebagai dzikir rutin yang dibaca ketika hendak tidur. Selain itu, ayat kursi juga termasuk bacaan dzikir pagi dan petang.

4. Salah Satu Sebab Masuk Surga

Ayat kursi menjadi salah satu sarana agar semakin dekat dengan Allah juga mempermudah masuk surga.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,“Barangsiapa yang membaca Ayat Kursi setelah selesai shalat, maka tidak ada yang menghalanginya masuk surga kecuali kematian”(HR. An Nasa-i, dinilai shahih oleh Syaikh Al-Albani).

Baca Juga: Jadi Amalan Ringan Pelebur Dosa, Simak Zikir Petang Jelang Maghrib ini Bacaan Lengkapnya

Artikel ini telah tayang diTribunStyle.comdengan judul 4 Keistimewaan Membaca Dzikir Ayat Kursi, Sebab Masuk Surga, Berikut Tulisan Arab, Latin dan Arti

(*)

Editor : Nabila Nurul Chasanati

Sumber : kemenag.go.id, Tribunstyle.com

Baca Lainnya