Mampu Hilangkan Kesengsaraan Hidup, Berikut Bacaan Sholawat Kamilah Beserta Artinya

Rabu, 22 Desember 2021 | 12:45
Pixabay

Sholawat Nabi Muhammad SAW

GridHype.ID - Sebagai suri tuladan umat muslim, ada banyak tindakan Rasulluah SAW yang bisa kita ikuti dan teladani.

Salah satu cara yang kerap dianjurkan untuk umat muslim adalah melantunkan sholawat.

Ya, dengan bersholawat kita akan mengingat dan mampu meneladani Rasullullah SAW.

Tujuan melantunkan sholawat adalah mendoakan kesejahteraan dan keselamatan serta berkah bagi Nabi Muhammad SAW, keluarga, anak, cucu, hingga seluruh keturunannya agar dilimpahi rezeki yang tak terhingga.

Sholawat Kamilah sendiri memiliki keutamaan luar biasa bagi orang yang mengamalkannya.

Keutamaan Sholawat Kamilah antara lain menghilangkan kesempitan dan kesengsaraan dalam hidup apabila kita benar-benar mengamalkannya secara istiqomah.

Sehingga, selain memenuhi kewajiban sholat kita bisa menjadikan Sholawat Kamilah sebagai salah satu bacaan rutin pada saat waktu luang agar mendapat kemudahan dalam menjalani hidup.

Arti Kamilat dari kata Kamilah berasal dari bahasa arab yaitu كَمِيْلَة yang artinya Sempurna.

Dengan demikian makna harfiah dari Sholawat Kamilah adalah permohonan keberkahan yang sempurna untuk Rasulullah ﷺ

Baca Juga: Doa Minta Perlindungan Allah SWT, Wajib Baca 3 Surat Penting Ini Ketika Selesai Salat dan Berdzikir

Berikut bacaan sholawat kamilah arab latin beserta artinya:

اَللهُمَّ صَلِّ صَلاَةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلاَمًا تَامَّاعَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ الَّذِىْ تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ فِى كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

ALLAAHUMMA SHALLI SHALAATAN KAAMILATAN WASALLIM SALAAMAAN TAAMMAN 'ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADIN AL-LADZII TANHALLU BIHI AL-‘UQADU WATANFARIJU BIHI AL-KURABU WATUQDLAA BIHI AL-HAWAAIJU WATUNAALU BIHI AR-RAGHAAIBU WAHUSNU AL-KHAWAATIMI WAYUSTASQA AL-GHAMAAMU BIWAJHIHI AL-KARIIMI WA'ALAA AALIHII WASHAHBIHII FII KULLI LAMHATIN WANAFASIN BI'ADADI KULLI MA'LUUMIN LAKA.

Terjemahannya: "Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau."

Bersholawat kepada nabi memiliki keutamaan, berikut lima keutamaan bersholawat:

1. Diangkat derajatnya.

Barang siapa di antara umatmu yang bershalawat kepadamu sekali, maka Allah menuliskan baginya sepuluh kebaikan, menghapuskan dari dirinya sepuluh keburukan, meninggikannya sebanyak sepuluh derajat, dan mengembalikan kepadanya sepuluh derajat pula’.” (HR Ahmad).

2. Dikabulkan doanya.

Rasulullah SAW bersabda, “Apabila salah seorang di antara kamu membaca shalawat, hendaklah dimulai dengan mengagungkan Allah Azza wa Jalla dan memuji-Nya.

Baca Juga: Agar Diberi Keselamatan Saat Ditimpa Gunung Meletus hingga Musibah Lainnya, Berikut Bacaan Doa yang Bisa Dilafalkan

Setelah itu, bacalah shalawat kepada Nabi. Dan setelah itu, barulah berdoa dengan doa yang dikehendaki.” (HR Ahmad, Abu Dawud, dan Tirmidzi).

3. Dijanjikan pahala berlipat.

Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali.” (HR Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, dan Nasa’i).

4. Mendapatkan syafaat Nabi.

Dari Abdullah bin Umar, dia mendegar Rasulllah SAW bersabda, “Jika kalian mendengar azan, maka ucapkanlah seperti yang diucapkan muadzin, kemudian bershalawatlah kepadaku. Sesungguhnya orang yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali.

Lalu, mintalah kepada Allah wasilah untukku karena wasilah adalah sebuah tempat di surga yang tidak akan dikaruniakan, melainkan kepada salah satu hamba Allah. Dan, aku berharap bahwa akulah hamba tersebut. Barang siapa memohon untukku wasilah, maka ia akan meraih syafaat.” (HR Muslim),

5. Dikumpulkan di Surga Bersama Nabi

Kelima, dikumpulkan di surga bersama Nabi Rasulullah SAW bersabda, “Manusia yang paling berhak bersamaku pada hari kiamat ialah yang paling banyak membaca shalawat kepadaku.” (HR Tirmidzi).

(*)

Artikel ini telah tayang di TribunJateng.com dengan judul Bacaan Sholawat Kamilah Arab Latin dan Artinya, Beserta Keutamaannya

Baca Juga: Tak Sadar Perilaku Sepele Ini Bisa Jadi Penghambat Rezeki, PanjatkanDoa Berikut Agar Pemasukan Berkah Melimpah

Editor : Ruhil Yumna

Sumber : Tribun Jateng

Baca Lainnya