Capai 191 Juta Dosis, Pemerintah Pastikan Vaksin Covid-19 Bakal Dibagikan secara Merata ke Seluruh Indonesia

Selasa, 05 Oktober 2021 | 08:00
Pixabay

Ilustrasi vaksin Covid-19.

GridHype.ID -Sampai detik ini, pemerintah masih gencarmelaksanakan program vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat.

Pemberian vaksin Covid-19 ini diharapkan bisa menciptakan kekebalan kelompok atau herd immunity.

Sementara itu, pemerintah kembali menekankan terkait distribusi vaksin Covid-19 di Indonesia.

Melansir dari Tribunnews.com, pemerintah menekankan pemerataan distribusi ke seluruh daerah di Indonesia menjadi prioritas utama dalam program vaksinasi nasional.

“Pemerintah berkomitmen untuk terus mempercepat dan memperluas distribusi vaksinasi ke seluruh daerah di Indonesia.

Semakin cepat proses distribusi, maka semakin cepat kita bisa bersama-sama melindungi segenap bangsa Indonesia,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, Senin (4/10/2021).

Adapun, sepanjang Januari 2021-September 2021, distribusi vaksin oleh pemerintah (30/9/2021) melalui Kementerian Kesehatan dan PT Bio Farma (Persero) telah mencapai 191 juta dosis vaksin.

Jumlah ini terdiri dari vaksin Coronavac sebanyak 49,9 juta dosis, vaksin Covid-19 Bio Farma sebanyak 107,3 juta dosis, vaksin AstraZeneca sebanyak 20,7 juta dosis, vaksin Moderna sebanyak 7,8 juta dosis, vaksin Sinopharm sebanyak 724 ribu dosis, dan vaksin Pfizer sebanyak 4,4 juta dosis.

Baca Juga: BERITA TERPOPULER: Begini Nasib Mantan Menantu Nia Daniaty, Aneh tapi Nyata sampai Selamat Bagi Kamu yang Sudah Vaksin Jenis Ini

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 dari PT Bio Farma (Persero) Bambang Heriyanto memastikan pihaknya berkomitmen penuh untuk mendukung upaya pemerintah dalam mempercepat dan meningkatkan pemerataan distribusi vaksin dari Sabang sampai Merauke.

Pada September 2021 saja, Bambang menerangkan distribusi vaksin oleh Bio Farma mencapai 56,1 juta dosis.

Distribusi vaksin ini termasuk, di antaranya Coronavac sebanyak 37,7 juta dosis, AstraZeneca 8,2 juta dosis, Sinopharm 200 ribu dosis, dan Pfizer sebanyak 10,1 juta dosis.

Jumlah distribusi vaksin pada September 2021 meningkat dari periode Agustus 2021 yang mencapai 42,8 juta dosis.

Menurut Bambang, pemerataan vaksin dari di seluruh Indonesia sangat penting dalam upaya penanganan pandemi COVID-19.

Oleh karena itu, Bio Farma terus berupaya untuk mempercepat dan meningkatkan pemerataan distribusi vaksin sesuai dengan arahan Kementerian Kesehatan.

Bio Farma terus berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan untuk mendistribusikan vaksin sesuai prioritas dan sasaran daerah yang telah ditetapkan.

"Kami memastikan ketersediaan vaksin aman untuk memenuhi kebutuhan dan permintaan dari Kemenkes," ujar Bambang.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "191 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Telah Didistribusikan, Pemerintah Pastikan Prinsip Pemerataan"

Baca Juga: Selamat bagi Kamu yang Sudah Divaksin Jenis Ini, Studi Sebut Vaksin Covid-19 Berikut Bisa Berikan Kekebalan Super, Begini Penjelasannya

(*)

Editor : Helna Estalansa

Sumber : Tribunnews.com

Baca Lainnya