Enggak Perlu Perawatan Muluk-muluk, Ketombe Auto Lenyap Cuma Modal Bahan Dapur Ini, Dijamin Bikin Kamu Loncat Kegirangan

Rabu, 29 September 2021 | 10:00
Pexels/Element5 Digital

Ilustrasi Rambut Rontok dan Berketombe

GridHype.ID - Salah satu masalah rambut yang kerap dialami oleh kebanyakn orang adalah ketombe.

Munculnya ketombe di kulit kepala tentu membuat seseorang kurang percaya diri dengan penampilannya.

Sebab, ketombe bisa dengan mudah ditemukan di permukaan kulit kepala, di antara rambut, maupun bahu.

Ya, melansir Halodoc.com, gejala dari ketombe memang sangat mudah dikenali.

Seperti munculnyaserpihan kulit kepala berwarna putih keabu-abuan atau kekuningan yang berminyak, tetapi tidak melekat erat di kulit kepala.

Sementara gejala umum lainnya adalah gatal, radang, dan rasa kering di kulit kepala.

Tapi jangan khawatir, ketombe biasanya dapat dikendalikan dengan mudah.

Pada umumnya, membersihkan kulit kepala dengan sampo untuk mengurangi minyak dan membersihkan sel kulit mati dapat membantu mengatasi ketombe yang sifatnya ringan.

Jika sampo biasa tidak membantu maka gunakan produk anti-ketombe dan perawatan di salon atau klinik.

Namun, sebagian orang yang mengalami masalah ketombe mungkin mencari cara menghilangkan ketombe secara alami yang dapat dilakukan di rumah.

Baca Juga: Tak Perlu Buang Uang ke Salon, Kini Menghilangkan Uban di Rambut Secara Permanen Bisa Dilakukan di Rumah, Cukup Siapkan Air Kelapa dan Santan

Cara menghilangkan ketombe secara alami

Meskipun ada banyak produk di pasaran dengan label anti-ketombe, kita juga bisa mencoba beberapa cara menghilangkan ketombe secara alami di rumah.

Mengutip Kompas.com, berikut beberapa cara menghilangkan ketombe secara alami yang dapat dicoba:

1. Menghilangkan ketombe dengan minyak kelapa

Menurut Healthline, minyak kelapa dapat meningkatkan hidrasi kulit dan mencegah kulit kering, itu adalah kondisi yang membuat masalah ketombe lebih parah.

Sebuah studi kecil yang melibatkan 34 orang menunjukkan bahwa minyak kelapa sama efektifnya seperti minyak mineral dalam hal meningkatkan hidrasi kulit.

Studi lainnya menemukan bahwa minyak kelapa bisa membantu mengatasi masalah eksim, kondisi kulit yang berkontribusi terhadap ketombe.

Mengaplikasikan minyak kelapa ke kulit kepala selama delapan minggu ditemukan dapat mengurangi gejala ketombe hingga 68 persen, dibandingkan minyak mineral yang hanya 38 persen.

Dalam beberapa penelitian tabung reaksi, minyak kelapa dan senyawa yang terkandung di dalamnya terbukti memiliki sifat antimikroba. Namun, efek terhadap strain spesifik jamur penyebab ketombe belum diteliti.

2. Menghilangkan ketombe dengan mengaplikasikan lidah buaya

Manfaat lidah buaya banyak digunakan untuk kulit dan wajah, termasuk salah satunya sebagai cara menghilangkan ketombe.

Menurut sebuah ulasan, sifat antibakteri dan antijamur yang dimiliki lidah buaya dapat membantu melindungi kulit kepala dari ketombe.

Baca Juga: Aneh tapi Nyata, Keramas dengan Campuran Sampo dan Bahan Dapur Ini Punya Efek Luar Biasa, Dijamin Bikin Kamu Loncat Kegirangan

Selain itu, sebuah penelitian tabung menemukan bahwa lidah buaya dapat secara efektif melawan beberapa spesies jamur dan membantu mengendalikan jamur penyebab kerontokan rambut dari kulit kepala.

Studi tabung reaksi juga menemukan bahwa lidah buaya dapat mengurangi peradangan, yang dapat meredakan gejala ketombe.

Meski hasil menjanjikan, namun perlu ada penelitian tambahan untuk meyakinkan efektivitas lidah buaya sebagai salah satu cara menghilangkan ketombe.

3. Menghilangkan keteombe dengan soda kue

Soda kue adalah eksfolian yang dapat mengangkat sel kulit berlebih dan minyak di kulit kepala.

Soda kue juga memiliki sifat antijamur yang dapat membantu melawan jamur penyebab ketombe.

Namun, bahan yang banyak digunakan untuk berbagai hidangan ini memiliki tingkat pH yang sangat tinggi, yang dapat merusak kulit kepala jika seseorang menggunakannya terlalu sering.

Menggunakan terlalu banyak soda kue dapat menghilangkan minyak alami pada rambut dan menyebabkan kulit kepala kering atau iritasi.

Jadi, jika ingin menggunakannya sebagai salah satu cara menghilangkan ketombe, gunakan dalam jumlah sedang.

Namun, jika cara di atas masih belum bisa mengatasi ketombe sepenuhnya, penting untuk kita meningkatkan konsumsi buah dan sayuran yang tinggi vitamin dan mineral, serta antioksidan.

Selain itu, mengelola stres mungkin bisa menjadi salah satu cara menghilangkan ketombe secara alami.

Baca Juga: Gampang Banget! Coba Pakai Buah Ini untuk Atasi Masalah Rambut Rontok dan Ketombe, Dijamin Hasilnya Bikin Kamu Kegirangan

(*)

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : Kompas.com, Halodoc.com

Baca Lainnya