Nyesel Baru Tahu, Enggak Perlu Modal Besar, 3 Investasi Menjanjikan Ini Bisa Kamu Mulai dengan Uang Rp10000

Kamis, 23 September 2021 | 12:45
SHUTTERSTOCK

Ilustrasi investasi

GridHype.ID - Dalam kamus investasi tak ada kata terlambat untuk memulai.

Kamu yang mulai tertarik dengan investasi bisa memulainya kapanpun.

Beberapa orang mungkin merasa takut untuk memulai suatu investasi lantaran modalnya yang tak sedikit.

Namun, siapa sangka jika investasi kini mudah dilakukan dan dalam modal kecil.

Salah satunya ketika kita hanya memiliki uang Rp10.000 saja. Ya, dengan uang nominal "kecil" tersebut, kita juga bisa berinvestasi.

Saat ini banyak investasi online dengan modal receh cukup banyak.

Walaupun murah meriah, ketika dilakukan secara konsisten dan dalam jangka panjang, kita akan memperoleh hasil yang maksimal.

Dikutip dari Cermati.com dari NOVA, setidaknya ada 3 pilihan investasi dengan modal mulai dari Rp10.000, yakni Reksadana dan Emas.

Baca Juga: Miliarder Lo Kheng Hong Bocorin Cara Jitu Investasi Saham untuk Para Pemula

1. Reksadana

Dulu, mau investasi reksadana harus merogoh kocek minimal Rp 100 ribu. Tetapi sekarang, bisa dimulai dengan uang Rp 10.000.

Reksadana adalah suatu instrumen investasi, di mana pengelolaan dananya dipercayakan pada Manajer Investasi (MI) yang sudah mendapat izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Reksadana bukan termasuk produk perbankan, sehingga tidak dijamin LPS (Lembaga Penjamin Simpanan), seperti deposito.

Reksadana juga tidak dijamin negara karena bukan produk investasi yang dirilis pemerintah.

Reksadana adalah produk investasi pasar modal. Yang dapat dipilih jenisnya sesuai profil risiko kita.

Ada empat jenis reksadana, yakni reksadana pasar uang (risiko rendah), reksadana pendapatan tetap (risiko rendah), reksadana campuran (risiko sedang), dan reksadana pasar saham (risiko tinggi).

Reksadana online membuat investasi ini semakin membumi. Sebab, selain mudah, juga murah. Contohnya investasi reksadana online di platform transaksi investasi online milik perusahaan sekuritas.

Kita dapat membeli produk reksadana yang dijual perusahaan sekuritas tersebut dengan modal mulai dari Rp 10.000 di platform tersebut.

Baca Juga: Enggak Perlu Nunggu Lama Buat Untung, Berikut Cara Investasi Jangka Pendek

Juga bisa menambah atau top up, pengalihan, sampai mencairkannya. Tempat investasi reksadana online modal Rp 10.000 lainnya adalah melalui marketplace atau situs belanja online.

Biasanya marketplace bekerja sama dengan beberapa sekuritas untuk menjual produk reksadananya.

Enaknya investasi reksadana online, transaksi dapat dilakukan kapanpun dan di manapun hanya lewat gadget atau smartphone.

Di samping itu, proses pendaftarannya cepat, hanya dalam hitungan menit, serta ada yang menawarkan bebas biaya transaksi.

Paling penting, pilih tempat investasi reksadana online, dan perusahaan sekuritas sebagai Agen Penjual Efek Reksadana (APERD) yang sudah terdaftar dan diawasi OJK agar lebih tenang dan nyaman investasi.

2. Emas

Harga emas saat ini berada dikisaran Rp900.000-an per gram. Kalau beli offline untuk investasi, setidaknya kamu butuh modal Rp 1 juta.

Namun investasi emas kekinian bukan lagi model seperti itu.

Sistemnya menabung, bisa dilakukan secara online melalui aplikasi khusus investasi emas maupun marketplace atau e-commerce.

Membeli emas juga tidak harus langsung satu gram.

Baca Juga: Tertarik Investasi Properti? Berikut Tips Jitu bagi Para Pemula

Makanya, modal untuk investasi emas online sangat receh. Mulai dari Rp10.000, bahkan ada yang menawarkan kurang dari Rp10.000.

Sebagai contoh investasi emas online di marketplace. Kamu dapat membeli dan menjual emas atau bertransaksi secara daring.

Walaupun transaksinya online, tetapi ada fisik emasnya. Setiap gram emas yang kamu beli akan dikonversi menjadi bentuk fisik dan bisa ditarik kapan saja.

3. Saham

Banyak orang takut investasi saham bukan karena risikonya, tetapi lebih kepada keterbatasan modal.

Investasi saham dianggap mewah karena butuh dana lumayan besar untuk memulainya.

Jutaan, ratusan juta, bahkan miliaran rupiah. Padahal kenyataannya tidak sama sekali. Cukup dengan uang Rp10.000, sudah bisa membeli saham sebuah perusahaan.

Misalnya kita beli saham IPO atau yang harganya di bawah Rp1.000. Namun, jangan beli sembarangan. Cari saham yang kinerjanya baik agar uangmu berkembang meskipun modalnya tipis.

Caranya dengan terlebih dahulu melakukan analisa fundamental untuk pemula.

(*)

Baca Juga: Diam-diam Punya Investasi Bisnis Hijab yang Hasilkan Rp 10 Miliar, Nagita Slavina Juga Tampil Elegan dalam Balutan Busana Muslim

Editor : Ruhil Yumna

Sumber : Cermati.com, NOVA

Baca Lainnya